Wow! Mobil Klasik Bekas Tabrakan Terjual Hampir Rp 2 Miliar

25/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Sebuah mobil klasik Jaguar XK150 tahun 1960 yang sudah lama tak digunakan akibat tabrakan dengan sebatang pohon laku terjual dengan harga hampir Rp 2 miliar.

Mobil klasik Jaguar keluaran tahun 1960-an yang sudah hancur lebur akibat tabrakan terjual lebih dari sembilan kali lipat harga aslinya. Meskipun kondisinya rusak parah, seorang kolektor membayar Jaguar XK150 S 3.8 Drophead Coupe yang langka tersebut £ 90.000 (sekitar Rp 1,8 miliar). Bahkan jika direstorasi, mobil ini bisa dihargai £ 250.000 (Rp 5 miliar).

Rusak menabrak pohon

Pada bulan September 1996, pengemudi dan Jaguar ini mengalami kecelakaan akibat jalanan yang basah dan menabrak sebatang pohon di East Yorkshire, Inggris. Beruntungnya, sang pengemudi lolos dari kecelakaan tersebut tanpa cedera.

Jaguar XK150 yang rusak parah akibat tabrakan
Bagian dalamnya turut rusak dengan setir yang patah

>>> Morgan Plus Four dan Plus Six Siap Mendarat di Indonesia

Kap mesin yang pecah, grille tertekuk, lampu depan hilang, mesin terdorong ke kabin dan plat depan ‘NRN 6’ hampir tak bisa dikenali. Roda kemudi menjadi komponen paling tersiksa dari kecelakaan tersebut: patah dua. Peristiwa tersebut mengakibatkan mobil tak lagi bisa dikendarai dan tak pernah diperbaiki oleh sang pemilik.

Dan mobil tersebut hanya membusuk di garasi selama lebih dari dua dekade. Hingga akhirnya sang pemilik membawa mobil ini untuk ditawar dan dilelang di Rumah Lelang MPH Bonhams di Bicester, Oxfordshire beberapa waktu lalu.

>>> Ford Mustang 1967 Ini Dijual dalam Kondisi Mirip Baru

Mobil langka nan eksklusif

Mobil ini merupakan salah satu mobil klasik yang dijual bersamaan dengan Range Rover 2013 yang terjual seharga £ 50.625 (Rp 1 miliar). Berbeda dari Range Rover berada dalam kondisi yang bagus, mobil Jaguar klasik ini bahkan tak bisa dihidupkan.

mobil klasik Jaguar XK150 berwarna merah tahun 1960
Hanya ada 282 unit 3.8 S Drophead Coupe yang diproduksi

Mengapa mobil ini bisa laku terjual dengan harga yang fantastis? Semua ini karena eksklusivitasnya. XK150 adalah mobil klasik yang sering terabaikan dari era gemerlap Jaguar. Jaguar versi 3.8 S yang diproduksi rentang 1959 dan 1960 hanya memiliki 282 unit secara total. Dan hanya 69 model yang menggunakan setir kanan.

“Mobil ini memiliki kulit asli dan mesin nomor asli yang perlu dirombak karena tidak pernah dihidupkan selama lebih dari 25 tahun,” jelas Rob Hubbard, kepala MPH Bonhams menjelaskan kepada This is Money. “Setirnya rusak akibat benturan. Namun suku cadangnya banyak dan relatif mudah didapat.”

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top