Bukan Hasil Modifikasi, Ini Toyota Supra Mk4 TRD yang Langka

26/04/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Toyota Supra Mk4 ini sepintas akan dikira hasil sentuhan modifikasi, padahal sejatinya model ini berbasis varian TRD yang diproduksi terbatas di era 1990-an.

Sejak Supra generasi terbaru mendebut, pamor Toyota Supra Mk4 malah ikutan melejit. Banyak yang membandingkan keduanya dan berpendapat jika Supra MkIV lebih baik daripada genersi Supra saat ini.

Tak heran pemburu Supra Mk4 pun terus bermunculan. Baik yang mengincar dalam kondisi sudah dimodifikasi, maupun yang menyukai gaya original. Sebab mereka berpendapat, ingin kembali bernostalgia mengendarai mobil sport era 1990-an yang mungkin dulu belum sempat terbeli.

>>> Aduh! Toyota Supra MkIV Operasi Wajah Jadi Bentley

Toyota Supra Mk4 yang Lebih Bertenaga

Toyota Supra Mk4 TRD Version

Basis mobil ini adalah Supra MkIV TRD version

Anda mungkin sangat memahami jika TRD merupakan divisi tuning dan aftermarket dari Toyota. Rasanya hampir semua model Toyota kini memiliki varian TRD. Dan satu hal yang perlu Anda ketahui pula, ternyata Supra Mk4 pun ternyata pernah hadir dalam versi TRD.

Dikutip dari Carwow, Jumat (23/04/2021), jika pabrikan Jepang itu ternyata pernah memproduksi Toyota Supra Mk4 TRD. Awalnya mobil ini diracik khusus oleh tim Toyota Racing Development untuk seri balap JGTC. Namun dalam rangka merayakan kesuksesannya di ajang balap itu, pada 1994 Toyota memunculkan Supra TRD versi jalan raya.

Punya nama lain Toyota 3000GT, mobil ini menggunakan basis mobil balap GT500 super-touring. Perbedaannya ada pada bentuk bemper depan, ditambahkan bodykit, kap mesin dan fender juga dipasang kisi-kisi ventilasi udara, serta rear wing. Kemudian bagian bawah mobil juga sudah didesain flattened floor alias rata sehingga aliran udara jadi lebih lancar.

>>> Modifikasi Toyota Supra Pakai Widebody Varis Pesanan Khusus

Hanya 19 Unit yang Masih Tersisa

Toyota Supra Mk4 TRD

Hanya diproduksi terbatas oleh Toyota

>>> Review Nissan GT-R Nismo 2020: 'Godzilla' Tumbangkan Euphoria Toyota Supra

Selain secara estetika punya perbedaan, dari sisi jantung mekanis pun Supra Mk4 TRD jauh lebih kuat daripada Supra Mk4 biasa. Mesinnya tetap menggunakan kode 2JZ, namun mengalami peningkatan dari sisi teknologi turbo serta penggunaan piston spek kompetisi. Beberapa part balap racikan TRD juga sudah terpasang di mesin tersebut, sehingga tenaganya menyentuh tidak kurang dari 600 hp.

Interiornya juga dibuat lebih berkelas, karena joknya menggunakan material kulit Alcantara. Kemudian beberapa elemen di kabin dikombinasikan dengan material serat karbon. Lalu sistem tata suaranya dipercaya dari merek Alpine berdaya 1000 watt.

Kabarnya, Toyota hanya membuat 35 unit saja Supra Mk4 TRD dan yang masih bertahan sampai hari ini cuma 19 unit. Itu pun populasinya tidak jelas dan kebanyakan sudah dilakukan modifikasi tambahan pula. Sementara unit yang ada di video pada artikel ini sudah menggunakan livery Advan serta menggunakan turbo dan knalpot Greddy. Disebutkan jika untuk unit berkelir kombinasi putih dan merah ini punya tenaga hingga 700 hp.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top