Aduh! Toyota Supra MkIV Operasi Wajah Jadi Bentley

13/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Seseorang sudah membuat citra Toyota Supra MkIV hancur berantakan sebagai mobil sport eksotis yang melegenda. Bagaimana tidak, ia rela merombak wajah mobil tersebut jadi sebuah Bentley Continental GT3 dan tidak diselesaikan secara sempurna.

Toyota Supra MkIV saat ini kembali jadi mobil sport incaran kolektor. Kondisi ini disebabkan pasca munculnya Supra A90 yang dinilai sudah tidak "Supra" lagi namun lebih mirip BMW. Wajar memang karena antara Toyota Supra MkV dan BMW Z4 saling berbagi platform. Sama halnya yang dilakukan Toyota dan Subaru pada 86 serta BRZ.

Karena semakin dicari sementara kondisi unit yang masih utuh dan dalam keadaan istimewa cukup sulit, tak heran harga Toyota Supra MkIV kini jadi terus melambung. Bahkan para pemilik mobil sport 2 pintu Toyota itu yang tadinya berniat menjual, juga malah mempertahankannya karena sadar mobil tersebut sudah menjadi collectible item.

Sayangnya pemikiran ini tidak sejalan dengan pemilik Supra A80 dari Belanda yang satu ini. Disaat pemilik lainnya berusaha mengembalikan kondisi mobil mereka agar semakin terlihat istimewa, ia malah merombak habis-habisan mobil legendaris tersebut untuk berubah jati diri.

>>> Tangki Bensin Berpotensi Bocor, Toyota Recall Supra

Operasi Plastik Jadi Bentley

Bentley Continental GT3 Toyota Supra

Mungkinkah kokpit Bentley Continental GT3 seperti ini?

Dikutip dari Autoevolution, Rabu (13/01/2021), entah apa yang merasuki pemilik Toyota Supra lansiran 1993 tersebut. Mungkin karena sangat ingin memiliki sebuah Bentley, ia rela Toyota Supra miliknya dibedah dan diganti muka menjadi Bentley Continental GT3.

Perubahan wajahnya memang patut diacungi jempol. Karena kesan Supra benar-benar hilang di ganti mobil mewah asal Inggris tersebut. Lampu depan, gril, lekuk kap mesin dan bemper, guratan bodi di bagian sisi, sampai bentuk buritan sangat mirip dengan Continental GT3.

Sayangnya model velg yang dipasang, serta sebuah wing besar di bagian belakang yang sekaan tidak terlalu cocok dengan keseluruhan bodi Continental GT3, rasanya bukanlah ciri khas dari Bentley. Apalagi ketika melongok ke bagian kolong mobil, di sini sudah terdapat beberapa bagian yang terserang karat.

>>> 3 Langkah Mudah Mencegah Timbulnya Karat pada Bodi Mobil

Mesin dan Kabinnya Tetap Toyota Supra

Mesin 2JZ Toyota Supra

Mesinnya tetap 2JZ

>>> Spesifikasi Bentley Continental GT 2018: Gran Tourer Berdarah Kerajaan

Walaupun sudah berbaju Bentley Continental GT3, ternyata bagian dalam mobil ini tetaplah Toyota Supra MkIV. Lihat saja bagaimana bentuk interior "Bentley" tersebut, desain joknya yang sama sekali bukan bercita rasa mobil mewah Inggris, desain layout dashboard dan kokpitnya, serta hanya menggunakan sistem audio single din dengan layar monochrome.

Lanjut ke balik kep mesin, disana rupanya masih tersimpan mesin 2JZ-GE berkapasitas 3.000 cc yang ditambahkan turbocharged. Jelas ini adalah jantung dari Supra MkIV. Tapi uniknya gearbox yang terpasang adalah transmisi otomatis bukan manual 5 percepatan.

Berita baiknya, Bentley Continental GT3 jadi-jadian ini dijual lho dan ditawarkan dengan harga pembuka 19.950 Euro atau kira-kira Rp 340 juta. Tertarik meminangnya?

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top