Review Nissan GT-R Nismo 2020: 'Godzilla' Tumbangkan Euphoria Toyota Supra

28/04/2019

Share this post:

Nissan GT-R 2020

Editor rate:

Lihat promo

Selepas kehadiran Toyota Supra di beberapa bulan lalu, tampaknya Nissan tak mau kalah dengan memberikan pembaruan pada model legendarisnya yakni GT-R. Performanya kini benar-benar bertambah garang yang digadang-gadang menjadi kandidat terberat dari Toyota Supra. Mari kita simak informasinya dalam review Nissan GT-R Nismo 2020.

Review Nissan GT-R Nismo 2020: 'Godzilla' Tumbangkan Euphoria Toyota Supra
Review Nissan GT-R Nismo 2020: 'Godzilla' Tumbangkan Euphoria Toyota Supra
12 Gambar

Pengantar Nissan GT-R 2020

Mari kita simak spesifikasi Nissan GT-R 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin mengadopsi spesifikasi Turbochargers dari Nissan GT-R GT3 Race Car

Bobot bodi lebih ringan sehingga memiliki performa Handling yang lebih baik

Suspensi dan kemudi setir telah dikonfigurasi ulang dalam upaya menyajikan kenyamanan lebih dalam berkendara

Kekurangan

Tak ada perubahan apapun dari segi desain eksterior

Ruang interior juga tak mengalami perubahan signifikan

Belum ada kabar resmi akan kehadirannya di Indonesia

 

Review Nissan GT-R Nismo 2020 - Jujur saja, jika kami mengamati Nissan GT-R di jalanan kota, tampilan serta suara mesinnya yang khas, membuat kami sangat jatuh hati padanya. Bukannya mengapa, memiliki mobil satu ini sejatinya adalah impian banyak orang sejak dulu, sebuah Masterpiece dari Nissan.

Review Nissan GT-R Nismo 2020

Sosok Nissan GT-R terbaru yang menggunakan bahan serba karbon di berbagai sisinya

Tepat di acara New York Auto Show 2019, kali ini Nissan ‘bermain’ dengan GT-R atau mobil yang dikenal dengan sebutan 'Nissan Godzilla'. Jika dilihat sekilas, tak banyak perubahan signifikan dibanding model Nissan GT-R berkode R35 yang dirilis tahun 2017 silam. Semua tampilan bodinya terlihat serupa. Lantas dimana letak perubahannya? Tepat pada peningkatan performa dengan memangkas bobot bodi, merubah spesifikasi mesin dan banyak hal detail lainnya. Digadang-gadang, hal ini dilakukan semata-mata untuk menghadang Euphoria masyarakat terhadap Toyota Supra yang meluncur lebih dulu di awal tahun 2019. Untuk informasi selengkapnya, mari kita bahas dalam review Nissan GT-R Nismo 2020.

Eksterior Nissan GT-R 2020

Semua hal tentang desain eksterior Nissan GT-R Nismo 2020, dirancang sangat detail, mulai dari penggunaan material khusus hingga ‘diet ketat’. Perubahan detail semacam ini semata-mata hanya untuk meningkatkan performa akselerasi serta gaya tekan ke bawah dari mobil ini supaya memiliki kestabilan lebih mumpuni.

Review Nissan GT-R Nismo 2020: Eksterior Depan

Review Nissan GT-R Nismo 2020: Eksterior Depan

Wajah depannya kini dibekali bemper berbahan karbon, mengedepankan upaya 'diet ketat'

Dalam upaya mengurangi bobot bodi, GT-R Nismo dibekali material karbon di beberapa sisinya. Sebut saja pada sisi bemper depan hingga Vented Fenders. Sebagai informasi tambahan saja, Vented Fenders ialah kisi-kisi ventilasi pada Fender dengan fungsi mengalirkan udara panas dari mesin serta mampu menambah gaya tekan ke bawah pada ban depan. Hal sedetail ini nyatanya juga dikemas dengan material karbon.

Fender Nissan GT-R Nismo 2020 memiliki fungsi untuk mengalirkan udara panas dari mesin
Inilah Vented Fenders yang dimaksudkan

Review Nissan GT-R Nismo 2020: Eksterior Samping

Eksterior Samping Nissan GT-R Nismo 2020 menggunakan ukuran 20 inci Forged Aluminum Wheels RAYS

Bodi sampingnya berubah dalam dimensi ban serta pelek berukuran 20 inci Rays Forged

Konsep serupa juga ditemui pada aspek ukuran pelek. Selain diklaim lebih ringan, Nissan GT-R Nismo 2020 juga menerapkan pelek berdesain baru dengan palang 9 serta berukuran 20 inci RAYS Forged Aluminum Wheels. Menariknya, ukuran ban tersebut juga bertambah lebar 11 persen sehingga dapat lebih melekat pada aspal.

Pelek Nissan GT-R Nismo 2020 menggunakan ukuran 20 inci RAYS Forged Aluminum Wheels

Pelek baru 20 inci Rays Forged dengan pelebaran 11 persen

Review Nissan GT-R Nismo 2020: Eksterior Belakang

Bagaimana dengan sektor buritan? Kini panel Rear Spoiler dibuat lebih besar. Namun jangan salah sangka dulu, meski lebih besar dari pendahulunya, Rear Spoiler tersebut dikemas dengan material karbon, serupa dengan panel-panel lainnya seperti bagasi serta atapnya. Perubahan tersebut membuat Nissan mengklaim bahwa bobot bodi GT-R Nismo 2020 tampil lebih ringan 44 Pounds atau sekitar 20 Kg dibanding model sebelumnya.

Belakang Nissan GT-R Nismo 2020 menggunakan Spoiler berukuran besar

Bagian belakang menerapkan Rear Spoiler berukuran besar bermaterial karbon

>>> Informasi menarik lainnya:


Interior Nissan GT-R 2020

Ada hal aneh yang kami temui pada atmosfer interior Nissan GT-R Nismo 2020 yang mana semua halnya masih dikemas serupa dengan model GT-R R35. Tim Cintamobil.com memprediksi bahwa Nissan seakan menangkap bahwa yang harus ditingkatkan adalah dari segi performa dan Handling, bukan dari aspek kenyamanan, untuk bersaing dengan Toyota Supra terbaru yang dirilis lebih dulu.

Review Nissan GT-R Nismo 2020: Dashboard

Untuk sekelas fitur-fitur standar, dashboard Nissan GT-R Nismo sudah memiliki semuanya. Contohnya adalah panel Head Unit Touchscreen berukuran 8 inci yang bukan hanya didukung format Apple Carplay namun juga navigasi. Namun, jangan harap ada teknologi mutakhir seperti Driver’s Assistance pada mobil ini, mengingat mobil ini dirancang untuk mereka yang sudah lihai mengendarai mobil berkecepatan mumpuni.

Dashboard Nissan GT-R Nismo 2020 dikemas dengan warna merah serta aksen hitam, menggambarkan kesan sporty dan agresif

Lini dashboard sudah dilengkapi panel Head Unit berukuran 8 inci

Review Nissan GT-R Nismo 2020: Setir

Nissan juga mengklaim bahwa tingkat responsivitas dari setir GT-R mengalami peningkatan berarti. Lebih stabil serta lebih presisi dari sebelumnya. Perubahan ini nyatanya juga diimbangi dengan Carbon Ceramic Brake Brembo terbaru yang menerapkan ukuran 16,1 inci pada rotor depan dan 15,3 inci pada rotor belakang.

Setir Nissan GT-R Nismo 2020 juga ditingkatkan dalam segi kenyamanan dan sudah dibekali tombol multifungsi

Kemudi setir juga sudah dibalut nyaman dengan bahan kulit berkualitas

Review Nissan GT-R Nismo 2020: Kursi

Jika mengamati bangku deret depan, memang kapasitasnya terasa cukup lega, namun sangat disayangkan, hal tersebut tak ditemui pada bangku belakang. Pendapat kami, bangku belakang hanya mampu ditempati oleh anak-anak saja. Meski begitu, kekurangan tersebut masih dapat sedikit terobati mengingat semua kursinya dibalut bahan kulit berkualitas.

Kursi Nissan GT-R Nismo 2020 dikemas menggunakan bahan kulit terbaik serta sudah didesain dengan nuansa sporty

Kekurangan pada kursi masih sama yakni dalam hal kelegaan di bangku belakang

>>> Amati juga:

Fitur Nissan GT-R 2020

Tujuan pembaruan pada versi kali ini adalah membuat laju lebih dinamis dan semakin memenuhi kebutuhan berkendara di trek balap. Fitur Nissan GT-R Nismo 2020 sejatinya tidak ada yang baru selain menyesuaikan dengan tujuan saat ini seperti memangkas bobot bodi serta konfigurasi pada beberapa hal.

Ciri khas Nissan dalam setiap keluarga NISMO terletak pada pemangkasan bobot bodi dengan menerapkan bahan utama karbon. Hal tersebut nyatanya benar-benar diaplikasikan pada versi GT-R Nismo 2020. Hampir 70 persen panel eksterior sudah dibalut karbon.

Untuk urusan Handling, Nissan juga mengaplikasikan konfigurasi suspensi baru yang diklaim memiliki kualitas berkendara lebih baik. Hal tersebut nyatanya juga diimbangi dengan rem Brembo Carbon Ceramic berukuran baru yang sudah dijelaskan di segmen sebelumnya.

Nissan GT-R Nismo 2020 sedang diuji coba di area basah dan menampilkan hasil yang sangat memuaskan

Nissan mengklaim bahwa GT-R Nismo mengalami peningkatan dalam hal kenyamanan terkait suspensi serta Handling

>>> Jangan lupa untuk membandingkan dengan model Coupe menarik lainnya

Operasi Nissan GT-R 2020

Dalam mencapai tujuannya, operasi mesin Nissan GT-R Nismo 2020 juga mengalami perubahan lebih detail. Untuk urusan kapasitas silinder sejatinya masih sama dengan versi sebelumnya yakni di angka 3.8 Liter Twin-Turbocharged V6. Yang berubah justru terletak pada bentuk turbin dan menerapkan bilah berjumlah lebih banyak pada Turbochargers-nya. Akibatnya, respon akselerasi meningkat 20 persen. Perlu diketahui juga bahwa rancangan mesin Turbo seperti ini diadopsi dari Nissan GT-R GT3 Race Car yang notabene adalah model khusus trek balap.

Mesin Nissan GT-R Nismo 2020 menggunakan kapasitas 3.8 Liter Twin-Turbocharged V6

Mesin yang digunakan saat ini adalah mesin dari GT-R GT3 Race Car

Di sisi lain, transmisinya juga menghadirkan fitur terbaru yakni “R Mode” untuk transisi gigi yang lebih cepat serta pemilihan gigi lebih cerdas. Untuk jenisnya, Nissan GT-R Nismo 2020 menerapkan transmisi 6 percepatan Dual-Clutch yang menyalurkan tenaga dari mesin menuju keempat rodanya.

Dibandingkan dengan versi 2017, sejatinya GT-R Nismo saat ini hanya berubah dalam hal detail mesin yang diadopsi dari GT3 Race Car serta pengurangan bobot bodi lebih ringan 20 Kg. Di sisi lain, ukuran ban berubah menjadi 20 inci dengan tapak lebih lebar serta penyesuaian suspensi lebih baik, menjadikannya memiliki gaya tekan ke bawah lebih mumpuni dari sebelumnya. Kesimpulannya, Nissan berhasil membawa GT-R ke taraf yang lebih tinggi lagi, sekaligus menjadi pesan tantangan secara tidak langsung pada Toyota Supra. Sebagai sesama model legendaris, keduanya memiliki sejarah dan pencapaian menarik, yang akhirnya dipertemukan kembali pada tahun 2019 ini.

>>> Tertarik dengan mobil-mobil besutan Nissan? Inilah daftar model-model Nissan terbaru

Spesifikasi Nissan GT-R 2020

Untuk lebih detail, pihak Nissan Global juga mengabarkan sedikit informasi tentang spesifikasi Nissan GT-R Nismo 2020 di bawah ini.

SPESIFIKASI NISSAN GT-R NISMO 2020

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.690 mm x 1.895 mm x 1.70 mm

Jarak Poros Roda

2.780 mm

MESIN

Tipe Mesin

VE38DETT 3.8 Liter Twin-Turbo Charged DOHC

Daya Maksimum

600 HP

Torsi Maksimum

481 Lb.ft / 3.600 – 5.600 Rpm

Daftar Harga Nissan GT-R 2020

Berbicara masalah daftar harga Nissan GT-R Nismo 2020, diprediksi tak akan jauh dari $175.000 atau setara Rp. 2 miliar (belum termasuk pajak dan lain-lain).

>>> Cek ketersediaan Nissan GT-R yang dijual di Indonesia dengan klik link ini

Kesimpulan Nissan GT-R 2020

Nissan GT-R adalah sosok yang menarik serta paling banyak diperbincangkan dibanding model Nissan lainnya. Belum lama ini, Toyota Supra hadir dengan bentuk dan performa baru, tepat di ajang Detroit Auto Show 2019. Nissan sebagai sesama pemain lama dalam dunia otomotif, juga ikut memberikan pembaruan pada model legendarisnya yakni Nissan GT-R Nismo. Tampilannya tak berubah, hanya mengalami peningkatan minimalis khususnya dari segi “diet ketat” dan sedikit merubah spesifikasi mesinnya. Diklaim oleh Nissan, GT-R Nismo mengalami peningkatan pada segi Downforce serta respon akselerasi lebih baik. Pembaruan yang cenderung minimalis namun cukup berarti bagi Nissan. Selain sebagai bukti eksistensi, pembaruannya seakan menjadi ‘taring’ bagi Toyota Supra.

>>> Ikuti terus review mobil terbaru dan terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Kembar Jaya Motor

Jawa Barat

Review lain

Review Prototipe Nissan GT-R50 2018: Sisi “Monster”, Glamour Dan “Ultra Limited”

05/07/2018

Editor rate:

Pada tanggal 29 Juni 2018 lalu, pihak Nismo merilis Prototipe teranyarnya yang disebut Nissan GT-R50 2018. Tampilannya cukup gagah yang didesain langsung oleh Italdesign. Memang rekam jejak Italdesign terbilang cemerlang dalam merancang desain dan membangun sebuah mobil terobosan baru. Seperti apa sosok serta performanya? Mari kita simak review Prototipe Nissan GT-R50 2018.

Lihat juga

Review Toyota Supra 2019: Legenda Toyota Tiba ke Indonesia

22/07/2019

Editor rate:

Setelah sekian banyak tahun menunggu, para penggemar Toyota Supra bisa berbangga hati di tahun 2019. Pasalnya, Detroit Auto Show menjadi saksi sejarah akan hadirnya generasi kelima dari Toyota Supra. Semua hal dibuat baru mulai dari eksterior hingga performa mesin yang diklaim menawarkan sensasi berkendara luar biasa nyaman. Dan kali ini, Toyota membawa legendanya ke Tanah Air. Seperti apa penampakannya?

Lihat juga

Review Nissan GT-R 2019

16/11/2018

Editor rate:

Dikenal sebagai “Godzilla”, Nissan GT-R dipasarkan pertama kali pada tahun 2008 dengan misi untuk mengalahkan penguasa kecepatan saat itu, Porsche 911 Turbo. Dan tak tanggung-tanggung, GT-R terkenal karena memposting waktu lebih cepat di sekitar taman bermain Porsche sendiri, Nürburgring. Dan tentu saja, kedatangan Nissan GT-R 2019 merupakan pembaruan yang dibutuhkan Nissan supercar penuh prestasi ini.

Lihat juga

Review Lamborghini Huracan EVO 2019: Supercar Canggih Dari Lamborghini

18/01/2019

Editor rate:

Lamborghini tampaknya belum puas dengan model Huracan Performante yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Diawal tahun 2019, pabrikan asal Italia ini memperkenalkan varian baru yakni Lamborghini Huracan EVO. Tidak hanya desain baru yang meningkatkan aerodinamika mobil, tapi juga sejumlah fitur membuat mobil ini sangat canggih.

Lihat juga

Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019

09/04/2019

Editor rate:

Meramaikan persaingan kelas GT4, Toyota Gazoo Racing (TGR) menghadirkan varian balap dari generasi Supra teranyar, yakni Toyota GR Supra GT4 Concept 2019. Seperti apa tampilan salah satu bakal calon penantang kategori balap grand touring (GT) entry-level ini?

Lihat juga