Review BMW i8 Roadster 2018

10/08/2018

Share this post:

BMW i8 2018

Editor rate:

Lihat promo

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengunjungi acara GAIKINDO Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2018 dan sudah melihat model paling sporty di Booth BMW. Ya, benar sekali, di antara model BMW lainnya, BMW i8 Roadster yang cukup berhasil mendapatkan perhatian kami sepenuhnya. Semakin dekat dengannya, kami juga semakin ingin mengetahui apa saja kemampuan yang dimiliki BMW i8 ini. Untuk memuaskan dahaga para pembaca setia, berikut informasi selengkapnya tentang review BMW i8 Roadster 2018.

Review BMW i8 Roadster 2018
Review BMW i8 Roadster 2018
0 Gambar

Pengantar BMW i8 2018

Mari kita simak spesifikasi BMW i8 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesinnya sangat irit bahan bakar dipadu dengan kecepatan yang cukup memuaskan

Fitur interior terbilang cukup lengkap yang siap menghibur perjalanan Anda

Desain eksterior sangat agresif, sporty dan futuristik

Kekurangan

Harganya terpaut tinggi

Jika dibandingkan dengan mobil Sport lainnya, BMW i8 kurang tangguh dalam hal kecepatan

Berbeda dengan varian Coupé-nya, BMW i8 Roadster hanya mampu menampung dua orang saja sesuai konsep yang diusungnya

Review BMW i8 Roadster 2018 – Perlu kita ketahui sebelumnya, BMW i8 adalah produk futuristik BMW yang berangkat dari sebuah mobil konsep dinamai BMW Vision Efficient Dynamics di tahun 2009. Konsep jelasnya mulai diperkenalkan dengan mengusung nama BMW i8 setelah dua tahun berselang. Berdiri dalam kategori Coupé, mobil satu mendapat rancangan desain yang futuristik dari hasil tangan Benoit Jacob sebagai desainer utamanya.

Sejarah BMW I dimulai pertama kali dengan ciri karimastiknya yang berasal dari hasil tangan Benoit Jacob

Sejarah BMW i8 sangat lekat dengan nama Benoit Jacob yang berdiri sebagai Head of Design BMW i

Setelah tiga tahun perilisan BMW i8 Coupé, tercetuslah BMW i8 Concept Spyder yang kini menjadi konsep bodi BMW i8 Roadster. Varian terbarunya ini sudah dipasarkan pertama kali di ajang Los Angeles Motor Show pada bulan November 2017 lalu. Memang, kali ini Cintamobil.com hendak membahas lebih mendalam tentang varian terbaru ini.

BMW i8 Roadster menjadi sajian utama di acara GIIAS 2018 khususnya di Booth BMW

Sosok BMW I8 Roadster yang diperkenalkan di acara GIIAS 2018

Belum lama ini, seiring dengan GIIAS 2018, pihak BMW Indonesia memperkenalkan varian BMW i8 Roadster untuk melengkapi jajaran keluarga BMW I di Tanah Air. Kira-kira apa saja pembeda daripada varian BMW i8 Coupé? Mari kita simak review BMW i8 Roadster 2018.

Eksterior BMW i8 2018

Waktu berpapasan langsung dengannya di atas panggung, kami cukup terpukau dengan segala sensasi futuristik pada bodinya. Memang kami akui, desain eksterior BMW i8 Roadster 2018 dikemas berbeda dengan varian sebelumnya. Mengadopsi nuansa sporty dari Soft-Top Roof dan berpintu dua khas Roadster, menjadi pembeda paling khas dari BMW i8. Di sisi lain, sentuhan nuansa futuristik dirancang cukup mendetail menjadikannya sebagai sosok kendaraan era baru di masa depan.

Review BMW i8 Roadster 2018: Eksterior Depan

Dari sisi depan, lampu Adaptive LED Headlights cukup mendapatkan perhatian kami. Dikemas cukup sporty tanpa menghilangkan fungsi pencahayaannya yang tampil optimal di malam hari.  Sedangkan dari sisi Front Grille, tampilannya dibuat lebih tegas tanpa palang, hanya dibalut pelipis ornamen krom mengilap di setiap sisi sampingnya. Bahkan, kami sepakat, siapa saja yang melihat rancangan bodinya akan mendapatkan kesan futuristik dan sporty.

Eksterior Depan BMW i8 Roadster 2018 mengusung tampilan sporty dan futuristik

Tampilan depan BMW i8 Roadster 2018 dikemas dengan lampu Adaptive LED

Review BMW i8 Roadster 2018: Eksterior Samping

Merambah ke bodi samping, dua pintu Dihedral semakin memperkuat pesona sporty dan eksklusif. Layaknya mobil-mobil kelas atas, pintu Dihedral-nya mampu dibuka cukup lebar ke arah atas, memberi kesan Premium bagi pengendara. Di sisi lain, kami juga mengapresiasi perpaduan antara pintu Dihedral dengan pelek rodanya yang menggunakan 20” BMW i Turbine-Spoke, memperkaya kesan futuristik pada mobil mewah satu ini. Tak lupa, ketika menyisir pintu sampingnya, kami juga menemukan tulisan “Roadster” sebagai penyandang identitasnya.

Eksterior Samping BMW i8 Roadster 2018 tampil megah dengan pintu Dihedral dan pelek berdesain sporty

Tampilan samping BMW i8 Roadster 2018 menyuguhkan sensasi Premium dengan dua pintu Dihedral

Review BMW i8 Roadster 2018: Eksterior Belakang

Lampu berdesain huruf "U" juga kami temui pada sektor buritannya, seakan sangat mampu memberi kesan modern dan sporty bagi pengendara lain. Dibanding sisi lainnya, kami juga menemukan lekukan-lekukan maskulin tertata rapi, menengahi kedua buah lampu belakangnya. Rancangan desain yang disuguhkan cukup membuat kami mengacungi dua jempol, mengingat pesan futuristik dan performa bertenaga dapat tersirat secara tidak langsung jika mengamati seluruh detail inci bodi belakangnya.

Eksterior Belakang BMW i8 Roadster 2018 menggunakan lampu berdesain U

Tampilan belakang BMW i8 Roadster 2018 nampak tegas tanpa menghilangkan kesan sporty

>>> Baca juga:


Interior BMW i8 2018

Impresi kami tidak hanya dari sisi luarnya saja, kami juga menelaah lebih jauh hingga ke ruang interior BMW i8 Roadster 2018. Desain sporty, senada dengan tampilan luarnya, merupakan sajian utama yang kami dapatkan ketika memasuki kabinnya.

Review BMW i8 Roadster 2018: Dashboard

Dashboardnya dirancang cerdas yang dimana fitur-fiturnya disematkan untuk mudah diakses oleh pengendara. Memang tak salah menurut kami, mobil Roadster besutan BMW ini lebih diprioritaskan untuk kegiatan Travel jarak jauh. Di sisi desain, dashboardnya didominasi oleh warna hitam serta sentuhan krom di berbagai sisinya. Sehingga, mampu memberi kesan mewah namun kaya akan fitur.

Dashboard BMW i8 Roadster 2018 memadukan kelir berwarna hitam dengan aksen krom di beberapa sisinya

Dashboard BMW i8 Roadster 2018 dikonsep dengan tampilan yang menggoda

Review BMW i8 Roadster 2018: Setir

Untuk desain setir, pihak BMW menamainya Sport Multi-Function Steering Wheel. Dikemas apik dengan perpaduan kelir Black dan Satin Silver Accent, menjadikan Anda tampil lebih percaya diri ketika mengendarainya. Di sisi lain, kemudi setirnya juga sudah dilengkapi dengan fitur Gearshift Paddles serta tombol multifungsi yang siap memberi kemudahan akses bagi Anda dalam mengakses segala fitur-fitur inovatifnya.

Setir BMW i8 Roadster 2018 menggunakan tampilan sporty yang dapat membuat Anda tampil lebih percaya diri

Setir BMW i8 Roadster 2018 dibalut dengan perpaduan warna hitam dan aksen Satin Silver

Review BMW i8 Roadster 2018: Kursi

Berbeda dengan BMW i8 Coupé yang terdiri dari dua buah kursi depan dan kursi anak kecil di bangku belakang, BMW i8 Roadster hanya mampu menampung dua orang saja. Memang, sesuai namanya sebagai mobil Roadster, BMW i8 menyuguhkan sensasi lebih menjanjikan untuk diajak berjalan-jalan bersama pasangan Anda. Dipadu dengan balutan material BMW i Spheric Full Leather, kursinya sangat nyaman untuk diduduki meskipun menempuh perjalanan jauh. Sehingga, tak salah apabila varian satu ini lebih diprioritaskan untuk kegiatan Travel bersama wanita kebanggaan Anda.

Kursi BMW i8 Roadster 2018 menggunakan material i Spheric Full Leather yang menjanjikan untuk tampil lebih nyaman

Kursi BMW i8 Roadster 2018 hanya mampu menampung dua orang saja yang cocok untuk Anda dan kekasih

>>> Artikel terkait:

Fitur BMW i8 2018

Bagaimana dengan kenyamanan ketika mengendarai mobil Roadster satu ini? Tentu untuk menjawab hal ini, kita harus memahami segala hal tentang fitur BMW i8 Roadster 2018. Dengan latar belakang tersebut, Cintamobil.com akan mengupas tuntas lebih mendalam tentang aspek hiburan dan keselamatan.

Review BMW i8 Roadster 2018: Fitur Keselamatan

Dari segi keselamatan, mobil futuristik besutan BMW ini sudah dipersenjatai dengan teknologi canggih seperti Driving Assistant dengan Surround View, Speed Limit Display serta High Beam Assistant. Adapun dari aspek pencahayaan, fitur Adaptive LED Headlights-nya sudah didukung dengan Rain Sensor yang mampu menyala secara otomatis ketika sistem mendeteksi cuaca sedang hujan. Sedangkan untuk menjaga kestabilan, BMW i8 sudah dilengkapi dengan teknologi Variable Damper Control (VDC) sehingga mampu memberikan sensasi berkendara lebih lembut sesuai kebutuhan Anda.

Fitur Keselamatan BMW i8 Roadster 2018 tampil lengkap di beberapa aspeknya

Fitur keselamatan BMW i8 Roadster dilengkapi dengan lampu Adaptive LED yang didukung sensor hujan

Review BMW i8 Roadster 2018: Fitur Hiburan

Memang tak dipungkiri, konsepnya sebagai Roadster, dituntut untuk tampil lebih nyaman dalam kebutuhan Travel. Sejalan dengan hal tersebut, fitur dalam kabinnya tampil cukup lengkap dan siap menghibur perjalanan Anda. Dari sisi tengah dashboard misalnya, terdapat Touch Control Display berukuran 8,8 inci yang mampu mengakses hiburan atraktif seperti BMW ConncetedDrive, radio, konektivitas, navigasi, audio dan video. Bahkan, Anda dapat mengoperasikan fitur tersebut lewat iDrive Touch Controller yang disematkan di dekat panel transmisi. Kami rasa, fitur tersebut terbilang cukup inovatif dan siap mengusir kebosanan selama menempuh perjalanan Anda.

Fitur Hiburan BMW i8 Roadster 2018 menyediakan hal-hal menarik untuk menunjang kenyamanan Anda di dalam kabin

Fitur hiburan BMW i8 Roadster 2018 menggunakan panel Head Unit berukuran 8,8 inci

>>> Simak ulasan tentang mobil Kupe lainnya yang dijamin Anda akan tertarik dengan model lainnya

Operasi BMW i8 2018

Sayangnya, mobil satu ini belum bisa kami coba secara langsung untuk menilai kemampuannya di jalanan kota. Meski begitu, tim Cintamobil.com sudah mendapatkan informasi selengkapnya mengenai operasi mesin BMW i8 Roadster 2018. Konsepnya yang berdiri dalam kategori Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), menjadikan BMW i8 menggunakan dua mesin yakni mesin utama dan motor listrik. Di atas kertas, mesin utamanya menggunakan kapasitas 1.500 cc dipadu dengan konfigurasi TwinPower Turbo yang mampu menghasilkan daya 170 kW setara 231 HP. Performanya juga dipadu dengan motor listriknya yang ketika keduanya digabungkan daya yang dihasilkan mampu meraih 374 HP. Untuk sekelas mobil PHEV, akselerasi 4,6 detik untuk menempuh kecepatan 100 Km/Jam, cukup kami apresiasi. Seakan tak kalah dengan mobil-mobil sport lainnya.

Operasi Mesin BMW i8 Roadster 2018 menggunakan dua tipe yakni mesin utama 1.5 Liter dan motor listrik

Mesin BMW i8 Roadster 2018 menggunakan motor listrik sebagai tenaga pendukung yang bisa terisi penuh dengan pengisian daya selama 2,5 jam

Menariknya, konsumsi bahan bakarnya terbilang sangat irit dengan estimasi 57 Km per liter. Alasan utamanya terletak pada motor listriknya yang tidak menggunakan bahan bakar konvensional. Bayangkan saja, motornya sudah bisa terisi penuh dengan pengisian selama 2,5 jam yang mampu menempuh jarak 24 Km. Untuk memaksimalkan tingkat efisiensinya, BMW i8 juga menyediakan empat mode berkendara yakni Comfort, Default, Eco Pro dan Sport. Pada mode Comfort dan Eco Pro, baterai pada motor listriknya mampu mengisi daya listrik lewat metode Regenerative Braking. Di sinilah, kami menilai sisi anggun dari konsep futuristik yang ditawarkan oleh BMW.

>>> Anda ingin mengetahui segala kelengkapan dari mobil BMW lainnya? Simak di sini ulasan lengkap dari model BMW lainnya

Spesifikasi BMW i8 2018

Kami juga mendapatkan lampiran lengkap mengenai spesifikasi BMW i8 Roadster 2018 ketika mengunjungi acara GIIAS 2018. Berikut informasi selengkapnya, selamat menyimak.

SPESIFIKASI BMW I8 ROADSTER 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.689 mm x 1.721 mm x 1.289 mm

Jarak Poros Roda

2.800 mm

Jarak Pijak Depan

960 mm

Jarak Pijak Belakang

929 mm

MESIN

Tipe Mesin Utama

1.5 Liter TwinPower Turbo 3-Cylinder

Daya Maksimum Mesin

170 kW / 231 HP

Tipe Motor Listrik

Plug-in Hybrid Drive

Daya Maksimum Motor

105 kW / 143 HP

Daya Maksimum Kombinasi

374 HP

Akselerasi 0-100 Km

4,6 Detik

HANDLING

Sistem Kemudi

Electric Power Steering

Ukuran Ban

20” BMW i Turbine-Spoke Style 625

BAHAN BAKAR

Konsumsi Bahan Bakar

134,5 mpg

Tingkat Emisi CO2

46 g/km

Daftar Harga BMW i8 2018

Coba tebak sobat, berapa harga mobil mewah satu ini? Bersamaan dengan acara GIIAS 2018, pihak BMW sudah menginformasikan tentang harganya. Berikut daftar harga BMW i8 Roadster 2018.

TIPE MOBIL

HARGA BMW I8 ROADSTER BARU (Off The Road)

BMW i8 Roadster 2018

IDR. 3,969.000.000

>>> Bagi Anda yang menginginkan harga lebih terjangkau, Cintamobil.com memiliki beragam penawaran mobil BMW dalam kategori bekas dan berkualitas

Kesimpulan BMW i8 2018

Varian terbaru dari jajaran BMW I, terbilang sangat tepat untuk mengisi kekosongan lini khususnya pada kategori Roadster. Memang rencana peluncuran mobil BMW i8 Roadster di ajang GIIAS 2018, terbilang sangat strategis dan tepat. Sosoknya yang ikonik dipadu mesin efisien, mendapat banyak sorotan mata dari pengunjung Booth BMW. Meski minat masyarakat Indonesia terhadap lini Roadster terbilang cukup minim, namun kami percaya BMW i8 Roadster mampu menjadi jawaban terbaik untuk saat ini dibanding beberapa pesaing lainnya. Bagaimana? Apakah Anda berminat untuk menjadi penunggang pertama dari mobil futuristik satu ini di Tanah Air?

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Spesifikasi BMW Z4 2016 Indonesia

17/03/2018

Editor rate:

BMW Z4 adalah sebuah sedan roadster yang dibuat menggantikan model Z3 di tahun 2002. Konsep Z4 ini sendiri dibuat lebih sporty dibandingkan dengan pendahulunya tersebut. Produk ini mampu bersaing di deretan mobil coupe mewah lainnya yang ada di pasaran. Bagaimana spesifikasi BMW Z4 2016 Indonesia?

Lihat juga

Spesifikasi BMW M6 2013

26/03/2018

Editor rate:

BMW M6 2013 merupakan mobil gran coupe yang awalnya diluncurkan di Eropa pada Mei 2013 silam. Tidak lama berselang, BMW Group Indonesia resmi memasarkan BMW M6 terbaru ini di pasar otomotif tanah air. Didesain memiliki empat pintu, BMW M6 2013 atau yang sering disebut dengan BMW M6 Gran Coupe menawarkan unsur mewah dan estetika tinggi sebagai mobil segmen premium. Apa saja yang ditawarkan oleh mobil ini? Selengkapnya bisa dibaca spesifikasi BMW M6 2013 dibawah ini.

Lihat juga

Review BMW Z4 sDrive30i M Sport 2019

02/05/2019

Editor rate:

BMW Z series sebagai ikon roadster 2-seater dari BMW kini memasuki chapter ke enam. Masih dengan BMW Z4, apakah generasi terbaru dari mobil ini bisa memuaskan hasrat para penikmat BMW yang gemar mobil atap terbuka?

Lihat juga

Review BMW 2 Series Gran Coupe 2019: Sedan Penggerak Roda Depan Global Pertama dari BMW

20/10/2019

Editor rate:

Mobil BMW 2 Series Gran Coupe 2019 adalah sedan pertama BMW yang menggunakan platform berpenggerak roda depan. Beberapa perbedaan langsung terlihat dibandingkan saudara BMW 2 Series yang diperkenalkan 5 tahun lalu, mobil ini mampu menghadirkan desain yang menawan dengan prediksi harganya yang lebih murah.

Lihat juga

Review BMW 320i Sport 2018

06/09/2018

Editor rate:

Desas desus seputar generasi terbaru BMW 3 Series (G20) memang makin hangat di semester kedua 2018. Namun sebelum berbicara jauh mengenai generasi terbaru BMW 3 Series (G20), kami ajak Anda mengenal BMW 320i Sport 2018 yang masih dijual BMW Indonesia sampai saat ini.

Lihat juga
back to top