Berkah Krisis Chip, Bisnis Mobil Listrik Bekas Jadi Lahan Baru

10/11/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Harga mobil listrik bekas di Inggris naik akibat kurangnya pasokan mobil baru karena krisis chip, membuatnya sebagai lahan bisnis baru di pasar mobil bekas.

Pemerintah Indonesia terlihat mulai gencar menggalakkan penggunaan mobil listrik. Sementara di Eropa yang sudah lebih dulu memasarkan mobil listrik saat ini mulai merangsek ke pasar mobil listrik second. Salah satunya di Inggris, dimana pasokan mobil baru yang terbatas akibat krisis chip membuat harga mobil listrik bekas mengalami kenaikan yang signifikan.

Kenaikan harga mobil bekas

Dilansir dari berbagai sumber, harga mobil listrik bekas naik dua kali lipat dari rata-rata harga mobil bekas bulan lalu akibat krisis chip ditambah dengan terbatasnya pasokan bahan bakar di Inggris. Masalah ini membuat perhatian konsumen beralih ke bahan bakar alternatif.

beberapa model mobil bekas di Inggris
Mobil bekas mengalami kenaikan harga akibat krisis chip

>>> Mobil Korea-China Tampak Lebih Siap Soal Mobil Listrik, Toyota Gimana?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cap HPI mengungkapkan bahwa mobil listrik berusia tiga tahun mengalami kenaikan nilai jual sebesar 2,4% pada bulan Oktober silam. Kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan rata-rata 1,2% dari kenaikan harga mobil bekas lainnya.

Chris Plumb, ahli penilaian kendaraan listrik dari Cap HPI mengungkapkan, “Dengan latar belakang berkurangnya pasokan kendaraan di pasar bekas, beberapa pengecer telah mengalihkan perhatian mereka ke stok EV untuk mengisi celah sebagai model andalan dan terkejut dengan penjualan mobil listrik tersebut."

>>> Sudah Siapkah Orang Indonesia Beralih ke Mobil Listrik?

Populasinya meningkat

Penjualan mobil listrik bekas sedang meningkat di Inggris, menurut angka terbaru dari Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT). Meski ada penurunan dari tahun ke tahun dalam penjualan mobil bekas, namun popularitas mobil listrik dan mobil hybrid bekas terus tumbuh.

Dilansir dari Mogaznews, sebanyak 14.182 model plug-in hybrid berpindah tahan pada kuartal tiga 2021, naik 43,3% dari tahun ke tahun. Sementara penjualan mobil listrik bertenaga baterai bekas melonjak 56,4% menjadi 14.990 unit, dipimpin oleh Nissan Leaf yang mengalami kenaikan 10,3%.

mobil baru Nissan Leaf 2021 berwarna putih
Nissan Leaf mengalami kenaikan hingga 10,3% dibandingkan Oktober

SMMT mengaitkan kenaikan tersebut dengan banyaknya pilihan model nol emisi baru yang terus berdatangan. Sehingga menawarkan alternatif yang lebih banyak bagi konsumen. Sedang penjualan untuk mobil hybrid dan bertenaga baterai mencapai 1,4% dari total pasar mobil bekas, naik 0,9% dari tahun lalu.

Hal yang sama kemungkinan besar terjadi di Indonesia tiga hingga empat tahun mendatang. Kebijakan PP 74/2021 tentang pajak berbasis emisi serta keinginan Hyundai memproduksi mobil listrik di Indonesia diprediksi mampu membuat harga mobil listrik semakin murah, sehingga membuat populasinya semakin masif.

>>> Ini Dia Mobil Listrik Pertama yang Bakal Lahir di Indonesia

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top