Ini Dia Mobil Listrik Pertama yang Bakal Lahir di Indonesia

26/10/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Ini Dia Mobil Listrik Pertama yang Bakal Lahir di Indonesia
Setelah periode perkenalan melalui mobil yang diimpor, kini salah satu pabrikan di Indonesia akan memproduksi mobil listrik pertama yang dirakit secara lokal.

Hyundai akan menjadi pabrikan otomotif pertama di Tanah Air yang memproduksi mobil listrik secara massal. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam pembukaan pameran bertajuk 'The Future EV Ecosystem for Indonesia' yang diselenggarakan di JIExpo, Jakarta (25/10).

Ya, Indonesia akan melahirkan mobil listrik pertamanya yang direncanakan untuk mulai diproduksi pada Maret 2022. Pertanyaannya, mobil apa yang akan tampil secara perdana sebagai rakitan lokal di awal tahun depan?

Gambar Pameran The Future EV Ecosystem for Indonesia

Pameran yang digelar oleh Hyundai ini dihadiri oleh beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju

>>> Mobil Listrik Antipeluru Hyundai Genesis G80 Jadi Mobil Resmi KTT G20

Mobil Listrik Perdana Hyundai

Saat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berkunjung ke pameran tersebut, salah satu perwakilan Hyundai yang menemani Presiden menyebut bahwa mobil listrik yang akan dirakit perdana oleh HMMI adalah Hyundai IONIQ 5.

Adapun proses produksinya berlangsung di pabrik Hyundai yang berlokasi di Kota Deltamas, Cikarang. Pabrik yang dibangun sejak tahun 2019 tersebut akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2021.

Gambar Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 5 akan jadi model pertama yang dirakit di Indonesia

Hyundai IONIQ 5 sendiri sudah diperkenalkan oleh merek Korea Selatan ini pada Februari 2021. Mobil ini merupakan mobil listrik terdedikasi mereka yang pertama karena Ioniq dan Kona yang sudah dipasarkan di Indonesia diproduksi sebagai platform ganda untuk mesin konvensional(atau hybrid) dan motor listrik.

Selayang Pandang IONIQ 5

Bicara lebih lanjut soal IONIQ 5, mobil ini akan menjadi pertama dari Hyundai yang menggunakan platform E-GMP (Electric Global Modular Platform). Sebuah platform yang dibangun khusus untuk mobil listrik.

E-GMP terdiri dari sasis dengan wheelbase yang dapat diubah-ubah, motor listrik, dan baterai sebagai satu kesatuan. Platform ini akan menjadi tulang punggung berbagai model Hyundai di masa depan.

Gambar E-GMP

Platform E-GMP Hyundai Motor Group

Di luar negeri Hyundai IONIQ 5 ditawarkan dalam tiga varian, yaitu SE Connect, Premium, dan Ultimate. Ketiganya dibedakan atas kapasitas baterai, tenaga yang dihasilkan, serta fitur yang dibenamkan.

>>> Keunggulan Hyundai Creta 2022 yang Siap Diproduksi di Indonesia

Di samping itu, tiap varian juga memberikan pilihan sistem penggerrak kecuali untuk SE Connect yang hanya ditawarkan sebagai mobil dengan sistem penggerak roda belakang (RWD).

Varian Premium dan Ultimate sama-sama dibekali dengan dua pilihan penggerak, yakni penggerak roda belakang (RWD) dan penggerak semua roda (AWD). Untuk pilihan baterai, Hyundai menawarkannya dalam kapasitas dari 58 kWh dan 73 kWh.

Gambar Hyundai IONIQ 5

Berapa harga yang sesuai untuk mobil ini jika dirakit di Indonesia?

Pada tiap varian yang menggunakan penggerak RWD dan mengusung baterai 58 kWh, motor listrik yang disematkan mampu menghasilkan tenaga 167 HP dengan jangkauan hingga 386 kilometer dengan perhitungan WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicles Test Procedure).

Sementara untuk kapasitas baterai 73 kWh, motor listrik tersebut menghasilkan tenaga 214 HP dengan jangkauan 482 km WLTP.

Di beberapa negara, Hyundai IONIQ 5 ditawarkan di kisaran harga Rp 600 hingga 700 juta. Tentu jauh lebih mahal dibanding Kona dan Ioniq Electric yang sudah dipasarkan di Indonesia. Tetapi, jika mobil itu dirakit secara lokal, seharusnya harganya akan jauh lebih kompetitif.

Di Australia, kloter pertama dari mobil listrik ini bahkan ludes terjual dalam waktu dua jam sejak Hyundai membuka pemesanan. Hyundai mengklaim bahwa pesanan IONIQ 5 di negeri kangguru mencapai 13.000 unit. Padahal kloter pertama yang dipasarkan saja hanya 240 unit.

>>> Simak Harga dan Promo Mobil Terbaru dari Hyundai di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top