Bau Kabin Mobil Kini Menjadi Identitas Merek

15/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sebagian orang merasa bau kabin sebagai masalah yang tidak menyenangkan, tapi bagi yang lain malah menjadi identitas tersendiri dan bersifat ciri khas

Bagi sebagian kalangan, bau kabin mobil menjadi identitas tersendiri. Contohnya, bau kabin mobil BMW sejak baru hingga beberapa tahun kemudian, ya seperti itu, alias tidak banyak berubah. Walhasil, banyak yang menjadikan bau kabin sebagai ciri khas khusus dari sebuah mobil. Berangkat dari latar belakang tersebut, kini semakin banyak pabrikan mobil yang berlomba menjadikan bau kabin sebagai identias mereka.

>>> Tidak Suka Dengan Aroma Interior Mobil Baru? Ini Solusinya

Tim Hidung   

  gambar tim nissan

Tim hidung untuk menentukan aroma yang tepat untuk kabin mobil

Baru-baru ini, Nissan membentuk  odor evaluation team alias divisi khusus untuk menciptakan aroma bau kabin mobil yang paling pas dan nantinya menjadi khas. Tim “hidung” Nissan dipimpin oleh  odor evaluation lead engineer bernama Peter Karl Eastland. Nantinya, setiap mobil baru Nissan akan punya bau kabin khas yang diciptakan oleh tim khusus di bawah pimpinan Peter Karl Eastland. Karena  tim hidung punya selera berbeda-beda, keputusan akhir berada di tangan  Peter Karl Eastland.

Sejatinya,  Peter Karl Eastland punya latar belakang pendidikan dengan gelar Master of Science dalam bidang ilmu kimia dan ilmu forensik dari  Universitas Leicester di Inggris sehingga sangat paham soal aroma bau. Namun, menentukan jenis bau yang paling pas untuk  satu mobil tentunya membutuhkan kepekaan tingkat tinggi. Hebatnya lagi, bakat istimewa itu sudah dimiliki oleh Peter Karl Eastland sejak masih kecil.  

>>> Tips dan Trik Menghilangkan Bau Rokok di Dalam Mobil

Naik Kelas  

gambar nissan

Ambisi menjadi produsen mobil premium mencakup semua aspek kendaraan 

Kemampuan Peter Karl Eastland dalam hal aroma kabin mobil jelas menjadi sangat penting bagi Nissan. Maklum, pabrikan mobil asal Yokohama itu berambisi menjadikan semua produk  generasi terbaru untuk naik kasta menjadi kelas premium. Mulanya, aroma kabin mobil berasal dari paduan material interior, plastik dan aneka perekat yang bercampur menyatu selama proses manufakturing yang berlangsung di pabrik. 

Kini kabin mobil menjadi semakin senyap. Fokus penumpang pun beralih kepada hal lain seperti sistem hiburan sepanjang perjalanan dan aroma kabin. Itu sebabnya aroma kabin mobil keluaran terbaru memang sengaja dibuat secara khusus dan melibatkan semua proses desain mobil sejak awal. Terlebih sekarang ada regulasi yang mengatur pemakaian material kabin yang wajib  bebas kompon  volatile organic karena berpotensi menyebabkan alergi bagi penumpang. Tercatat The United Nations Economic Commission membuat panduan terkait kualitas udara kabin untuk  pasar Eropa,  China, Jepang dan  Rusia.  

Material Kabin

gambar panel nissan

Setiap bagian kabin memiliki aroma khas masing-masing 

Untuk menghasilkan aroma kabin yang tepat, semua material interior dipilih secara khusus. Mulai dari kain fabric pelapis kursi, panel plastik, polimer hingga jenis perekat. Bahan-bahan itu lalu dijemur pada berbagai kondisi temperatur untuk memastikan tidak ada bau aneh yang menyebar dalam kabin demi menghindari potensi alergi penumpang.  

Pengujian itu terus berulang setiap kali ada perubahan bahan kabin dan menjadi tanggung jawab pusat R&D yang tersebar di beberapa negara.  Nissan punya sentra R&D di Eropa (Inggris), Jepang (Atsugi) dan Amerika Serikat (Michigan). Setiap pusat R&D punya  seorang odor evaluation specialist untuk meneliti aroma kabin.  

>>> Audi Punya Divisi Unik yang Bertugas Menciumi Aroma Mobil

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top