Tips dan Trik Menghilangkan Bau Rokok di Dalam Mobil

16/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Bau rokok pada mobil dapat mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara. Berikut tips dan trik jitu untuk menghilangkan bau rokok di mobil yang patut Anda coba.

Merokok merupakan salah satu aktivitas yang tak jarang dilakukan oleh para pengemudi saat berada di dalam mobil. Kebiasaan merokok di dalam mobil ini pastinya akan memicu beberapa masalah termasuk timbulnya bau yang tidak sedap. Bau rokok bisa saja melekat di seluruh kabin, seperti di dashboard, setir, jok, langit-langit, konsol, pintu dan komponen-komponen lainnya. Bahkan dalam beberapa kasus, akan muncul bercak kuning kehitaman pada interior mobil.

Demi kenyamanan bersama, bau rokok di dalam mobil harus sesegera mungkin diatasi dan hilangkan. Tim Cintamobil.com merangkum beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau rokok di dalam mobil.

>>> Membersihkan Kabin Mobil dengan Teknik Fogging

Tips dan Trik Menghilangkan Bau Rokok di dalam Mobil

Menghilangkan bau rokok di dalam mobil tidak sama seperti membersihkan mobil pada umumnya. Untuk itu, diperlukan beberapa strategi khusus yang tepat dan cepat demi menjaga kenyamanan berkendara. Berikut beberapa tips dan trik untuk menghilangkan bau rokok di dalam mobil.

 Kebiasaan merokok dapat menimbulkan bau di mobil

Kebiasaan merokok dapat menimbulkan bau tidak sedap pada mobil

1. Membuka Kaca Mobil Saat  Berkendara

Langkah pertama sekaligus langkah paling umum yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau rokok adalah dengan membuka kaca mobil saat berkendara untuk memulihkan sirkulasi udara. Cara ini cukup efektif untuk melenyapkan bau rokok. Pasalnya, jika Anda membuka kaca mobil, aliran udara yang ada di dalam dan mengandung aroma rokok akan bertukar dengan aliran udara baru dari luar. Pada akhirnya, bau rokok akan lenyap begitu saja terbawa angin.

Anda bisa membuka kaca mobil sekitar 10-15 menit sampai bau rokoknya benar-benar tidak tercium lagi. Namun, Anda perlu memerhatikan situasi lalu lintas sekitar saat hendak membuka kaca mobil. Bukalah kaca mobil jika Anda berada di area yang cukup sepi dan tidak ramai kendaraan yang berlalu-lalang. Kalau tidak, alih-alih menghilangkan bau rokok, mobil Anda akan terpapar asap kendaraan atau debu dari jalanan yang bisa membahayakan pernapasan Anda.

>>> Begini Cara Transaksi di Tol Tanpa Buka Kaca Mobil

2. Rutin Membuang Sampah

Biasanya, di dalam sebuah mobil terdapat tong sampah yang berukuran kecil untuk menampung sampah-sampah ringan. Setelah merokok, usahakan untuk tidak membuang puntung rokok ke dalam tong sampah tersebut. Pasalnya, jika dibuang ke tong sampah, bau rokok dari puntung atau sisa-sisa asapnya kemungkinan besar akan melekat di tong sampah. Kemudian aromanya akan tercium hingga ke seluruh kabin. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuang sampah puntung rokok atau sampah-sampah berat lainnya langsung ke tong sampah terdekat yang ada di luar mobil agar baunya tidak melekat pada kabin.

3. Menggunakan Pengharum Mobil

Setelah mempraktikkan dua cara di atas tetapi bau rokok masih tetap melekat, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya ialah menggunakan pengharum mobil. Sebenarnya, penggunaan pengharum mobil ini sudah umum sekali. Pengharum mobil sendiri berfungsi untuk menghilangkan atau menetralkan aroma tidak sedap di dalam kabin, termasuk bau rokok.  Selain itu, pengharum mobil juga bisa menambah kenyamanan dalam berkendara dan meningkatkan suasana hati. Menariknya, pengharum mobil ini tersedia dalam banyak varian aroma, seperti aroma bunga atau buah, yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Harganya juga sangat terjangkau dan mudah didapatkan di toko-toko terdekat.

Penggunaan pengharum mobil untuk kenyamanan berkendara

Penggunaan pengharum mobil dapat meningkatkan kenyamanan berkendara

4. Menggunakan Bahan Alami

Apabila pengharum mobil instan dirasa belum begitu optimal dalam membantu menetralkan bau rokok, jangan khawatir. Masih ada beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan dan mudah sekali diperoleh. Anda cukup menggunakan salah satu di antaranya dengan menaruh bahan tersebut di sudut kabin mobil.  Apa saja bahan-bahan alami itu?

>>> Cara Membersihkan Interior Mobil Supaya Terlihat Seperti Baru

  • Baking Soda

Selain untuk membuat kue, baking soda ternyata ampuh untuk menetralkan bau tidak sedap pada mobil. Cara menggunakan bahan serbaguna ini sangat sederhana. Anda tinggal menaruhnya di dalam sebuah kota yang diberi lubang kecil atau bisa juga dengan menaburkannya pada kabin mobil, dashboard, atau karpet mobil. Diamkan selama beberapa hari, setelah itu bersihkan.

  • Cuka

Cuka juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau rokok lho. Cara kerjanya pun cukup cepat, dapat menyerap bau rokok dalam waktu hitungan jam saja. Anda bisa menyemprotkan cuka ke beberapa bagian mobil. Tempatkan pula cuka di dalam sebuah wadah yang terbuka. Kemudian tutup mobil dan diamkan selama beberapa jam, lalu bersihkan.

  • Kulit Jeruk

Setelah menyantap buah jeruk, kulitnya jangan langsung dibuang karena dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada mobil. Namun, pastikan kulit jeruknya masih segar ya. Pasalnya, kulit jeruk yang segar mengandung zat asam yang bisa menyerap bau rokok. Anda cukup menaruh potongan kulit jeruk di beberapa titik kabin, misalnya di jok atau dashboard. Biarkan beberapa hari, dan jika kulit jeruk mengering, ganti dengan yang baru sampai bau rokoknya benar-benar lenyap.

kulit jeruk untuk mengusir bau pada mobil

Kulit jeruk ampuh mengusir bau tidak sedap pada kendaraan

  • Bubuk Kayu Manis

Selain kulit jeruk, bubuk kayu manis juga memiliki aroma yang kuat untuk mengusir bau dan membuat kabin menjadi lebih wangi. Anda cukup mencampurkan setengah gelas bubuk kayu manis dengan cuka apel, lalu aduk hingga merata. Tempatkan cairan tersebut di dalam gelas atau kaleng yang memiliki penutup. Lubangi bagian atas tutup dan taruh di salah satu titik kabin. Diamkan beberapa jam. Hasilnya, bau rokok yang memenuhi kabin perlahan akan lenyap.

  • Bubuk Kopi

Bubuk kopi yang memiliki aroma kuat juga dikenal sangat ampuh untuk menyerap bau tidak sedap semacam bau rokok. Cara menggunakannya sangat sederhana. Anda bisa menempatkan bubuk kopi di dalam wadah terbuka, atau menyebarkannya secara merata ke bagian-bagian kabin, baik di jok, dashboard, maupun karpet secara menyeluruh. Diamkan bubuk tersebut semalaman dalam kondisi mobil yang tertutup.

bubuk kopi  untuk menghilangkan bau mobil

Selain untuk diseduh, ternyata bubuk kopi juga mampu menyerap bau rokok

  • Arang

Selain dapat menyerap kelembaban ruangan, ternyata arang bisa membantu menghilangkan bau rokok dari sejak zaman dahulu lho. Mengingat bentuknya yang padat, sangat mudah sekali untuk menggunakannya. Cukup taruh beberapa potongan arang di sejumlah sudut kabin yang tersembunyi dan diamkan hingga bau rokok menghilang. Penggunaan arang terbilang awet, tetapi cara kerjanya tidak begitu cepat jika dibandingkan bahan-bahan alami lainnya.

>>> Tips Membersihkan Jok Mobil Supaya Kabin Tetap Wangi

5. Membersihkan Mobil

Terakhir dan tak kalah penting, cara untuk menghilangkan bau rokok adalah dengan  membersihkan mobil dengan rutin. Jika ada waktu luang, Anda bisa membersihkan bagian kabin mobil Anda sendiri secara manual menggunakan cairan pembersih dan lap atau menggunakan vacuum cleaner khusus untuk sudut-sudut mobil yang sulit dijangkau. Jika waktu Anda tidak banyak serta enggan repot, Anda juga bisa menggunakan jasa salon mobil. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tambahan agar mobil Anda dapat kembali bersih dan wangi dengan cepat.

rutin membersihkan interior mobil itu penting

Agar bau rokok tak melekat, jangan lupa untuk selalu membersihkan interior mobil

Itulah beberapa tips dan trik untuk menghilangkan bau rokok yang tidak sedap di dalam mobil Anda. Dengan menjaga kebersihan mobil secara rutin dan menggunakan pengharum mobil atau bahan-bahan alami, niscaya bau rokok akan cepat menghilang. Aroma kabin yang wangi dan sehat tentunya akan membuat Anda nyaman dan lebih fokus saat berkendara.

>>> Bersihkan Interior! Komponen Paling Kotor Mobil Ini Empat Kali Lebih Kotor dari Dudukan Toilet

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top