Cintamobil TV: Wuling Almaz RS 2021 Semakin Canggih, Bisa Nyetir Sendiri

18/04/2021

Mobil baru

3 menit

Wuling Almaz RS 2021 hadir dengan berbagai fitur mumpuni seperti WIND dan WISE, yang menawarkan sensasi berkendara lebih menyenangkan. SUV asal China yang mampu mengungguli kompetitor sekelasnya ini bisa Anda dapatkan dengan harga lebih terjangkau.

Wuling Indonesia lagi-lagi membuat gebrakan dengan meluncurkan Wuling Almaz RS pada Maret lalu. SUV merek China tersebut dibekali dengan berbagai fitur yang lebih canggih dan mutakhir dibanding pendahulunya. Wuling Almaz RS dibanderol Rp 350 jutaan. Cukup terjangkau untuk medium SUV dengan fitur yang mampu mengungguli kompetitor sekelasnya.

Jelas saja kehadiran Almaz RS menarik perhatian para konsumen mengingat SUV merupakan salah satu jenis kendaraan yang paling diminati di dalam negeri. Namun, apa saja keunggulan Almaz RS yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya? Berikut informasi yang sudah dirangkum oleh tim Cintamobil.com. 

Eksterior Wuling Almaz RS

Desain Wuling Almaz tipe terbaru ini sangat modern. Ada sejumlah perubahan eksterior pada Almaz RS jika dikomparasikan dengan Wuling Almaz. Pada bagian depan terdapat splitter yang memiliki sedikit aksen karbon.  Dalam versi facelift ini, Wuling mengusung grille dengan model kisi-kisi tunggal dan berwarna lebih gelap dibanding pendahulunya yang tampak lebih terang. Ada pula garis merah melintang di sepanjang bumper serta detail lis berwarna hitam yang menambah kesan sporty. Tak ketinggalan, mobil ini juga dilengkapi dengan integrated futures eyes LED.

Bagian depan mobil ini tidak memiliki material krom kecuali untuk bagian emblem “RS” berkelir merah, yang merupakan singkatan dari  “Rising Star”. Menariknya, untuk bumper, selain terlihat semakin agresif, tetapi juga ada radar dan dua buah sensor.

wuling almaz RS

Tampilan Almaz RS dari bagian luar 

Lanjut ke bagian samping, tampilan peleknya berubah menjadi semakin minimalis dengan dual tone. Namun, dimensi pelek masih sama dengan sebelumnya, tepatnya ring 17 inci berbalut ban GT Radial Savero SUV dengan profil 215/60R17. Kemudian, side skirt semakin berisi dengan berbalut lapisan plastik hitam. Mobil ini secara keseluruhan memiliki pola warna dual tone, di mana bagian atap berwarna hitam dan bagian bodi ke bawah berwarna abu-abu, sehingga tampak tangguh dan atraktif. Handle pintu Almaz RS sudah dilengkapi tombol Keyless Entry untuk kemudahan akses masuk.

Sementara di bagian buritan, ada sentuhan desain baru pada pintu bagasi dengan sedikit aksen hitam. Stoplamp-nya sudah full LED. Ada pula empat kamera sensor parkir yang rata dengan bodi mobil. Lalu, di rear bumper kini ada aksen karbon dan tambahan  knalpot artifisial, meski pipa aslinya ada di sebelah kiri.

Interior Wuling Almaz RS

Interior kabin Almaz RS sebenarnya tidak banyak menghadirkan pembaharuan. Pada dashboard hanya ada sedikit aksen tambahan seperti perubahan warna kulit. Begitu juga dengan setir, masih tak jauh berbeda. Material yang digunakan berbahan soft-touch, namun masih menimbulkan kesan mewah. Panel instrumen layar sentuh 10.4 incinya juga masih serupa dengan versi sebelum facelift, sama-sama atraktif dan menyajikan berbagai informasi komplit terkait kendaraan ini. 

wuling almaz rs

Bagian interior Wuling Almaz RS

Namun, ada perubahan yang cukup signifikan pada head unit Almaz RS. Tampilannya secara keseluruhan berubah menjadi full digital, memungkinkan Anda mengoperasikan fitur-fitur di mobil ini dengan mudah, seperti menyalakan AC, menelepon, memutar musik atau video. Lalu, ada kamera 360 derajat yang dipercanggih sehingga dapat mengikuti arah setir. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda saat melewati jalan-jalan kecil. Di bawahnya juga sudah tersedia fitur modern seperti wireless charging pad dan built in air ionizer. Meski demikian, Wuling masih mempertahankan fitur panoramic sunroof-nya, yakni panel kaca di bagian atap yang dioperasikan secara elektrik. 

Beralih ke kabin belakang yang berdesain flat-floor, baris kedua dan ketiga Almaz RS masih sama seperti pendahulunya, cukup lapang. Jok empuknya dilapisi kulit berwarna hitam dengan sentuhan abu-abu. Khusus jok pengendara, kursinya dapat disesuaikan secara elektrik untuk mengikuti postur tubuh pengendara. Bagasinya masih sama, cukup luas untuk menampung banyak barang, apalagi jika kursi baris ketiga juga dilipat sehingga tingkat kelapangan bagasi bertambah.

>>> 6 Keunggulan Wuling Almaz RS, Mobil Pintar Rp 300 Jutaan

Mesin Wuling Almaz RS

Mesin yang digunakan Almaz RS masih seperti sebelumnya, yakni 4 silinder segaris DOHC dengan turbo charged yang memiliki kapasitas 1.451 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 140 dk pada 5.200 rpm dan torsi maksimal 250 Nm mulai 1.600 - 3.600 rpm. Tenaga itu kemudian disalurkan melalui transmisi otomatis CVT (Continuously Variable Transmission) 8 garapan Bosch Holland. 

Fitur-Fitur Canggih Wuling Almaz RS

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Almaz RS menghadirkan beragam fitur canggih untuk memudahkan Anda dalam berkendara. Versi teranyar SUV asal China ini dilengkapi dengan fitur Wuling Indonesia Command (WIND) yang ditingkatkan dan fitur terbaru, yaitu Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).  Fitur WIND memungkinkan pengguna membuat perintah suara berbahasa Indonesia melalui ponsel atau head unit, misalnya, untuk membuka atau menutup kaca mobil. Selain itu, ada pula fitur WISE, yang menghubungkan pengguna dan kendaraan melalui koneksi internet. 

wuling

Mobil Wuling warna putih yang tampak keren 

Fitur WISE ini mencakup Internet of Vehicle (IoV) dan  Adaptive Driver Assistance System (ADAS). Untuk dapat mengakses IoV, selain melalui head unit, Wuling merilis sebuah aplikasi bernama “MyWuling+” yang dapat diunduh dari Google play. Setelah diunduh, koneksikan aplikasi Wuling dengan layanan IoV melalui ponsel Anda. 

Kemudian, Anda dapat langsung mengakses dan mengendalikan berbagai fitur yang tersedia dari jarak jauh. Beberapa di antaranya seperti Vehicle Remote Control untuk membuka atau mengunci pintu dan jendela mobil, serta mendinginkan kabin dengan menyalakan AC jika mobil diparkir terlalu lama. Lalu, Vehicle Positioning untuk mengetahui lokasi parkir mobil Anda.

Geo-Fencing Security atau pagar elektronik yang memberikan alert atau notifikasi ke ponsel Anda apabila mobil Anda bergerak keluar jalur hingga radius 10 km. Mobil ini juga disematkan kartu simcard pada head unit untuk berjaga-jaga apabila Anda ingin mengakses mobil tetapi sedang berada di luar kota. Canggih, bukan?

wuling almaz

Tampilan mobil Wuling yang terlihat selalu elegan 

Ada pula Bluetooth Key untuk membuka atau menutup kunci kendaraan melalui koneksi bluetooth. Serta Online Navigating, Online Music, dan Internet Messaging App, untuk membantu memberi tahu arah, memutar musik, bahkan membalas pesan di aplikasi WhatsApp, yang didukung dengan fitur perintah suara WIND. Fitur sangat membantu menjaga konsentrasi pengendara saat mengemudikan mobil.

Beralih ke fitur ADAS. Fitur ini membantu pengendara berkendara dalam berbagai situasi, dalam upaya meningkatkan kehati-hatian agar terhindar dari risiko kecelakaan. Fitur ini terbagi dalam empat kategori, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance and Braking Assistance, dan Automatic Light. Kategori Adaptive Cruise meliputi fitur Adaptive Cruise Control untuk membantu pengendara menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang ada di depan atau belakangnya sekaligus menjaga jarak aman. Bend Cruise Assistance untuk secara otomatis menurunkan kecepatan mobil ketika memasuki tikungan.  Traffic Jam Assistance untuk menjaga jarak aman dalam lalu linta padat maupun lancar. Ada pula fitur  

Selanjutnya kategori Lane Recognition, yang memungkinkan Almaz RS menyetir sendiri, terdiri dari fitur Lane Departure Warning untuk memperingatkan pengendara ketika kendaraan keluar jalur tanpa dikehendaki dan Lane Keeping Assistance untuk secara otomatis membetulkan arah kemudi dan membantu pengendara kembali ke jalur yang semestinya. Agar bekerja maksimal, mobil harus berada di jalan bermarkah jelas agar terbaca oleh sensor. Sangat berguna bagi pengendara saat melaju di jalan bebas hambatan. Menjadikannya semi otonomos. 

wuling almaz

 Almaz RS warna putih yang penuh teknologi

Sistem keselamatan yang lengkap

Masuk kategori Safe Distance & Braking Assistance, beberapa fiturnya antara lain Safe Distance Warning untuk memberi peringatan jika kendaraan di depan berada dalam jarak aman. Forward Collision Warning untuk mendeteksi adanya potensi kecelakaan. Automatic Emergency Braking untuk melakukan pengereman otomatis apabila Anda sedang “lengah” saat berkendara. Ada pula Intelligent Hydraulic Braking Assistance yang menyesuaikan gaya pengereman dengan besarnya risiko bahaya apabila daya injak rem tak memadai dan Collision Mitigation System, mengurangi kecepatan apabila terjadi tabrakan mendadak. Terakhir, kategori Automatic Light, yang mencakup fitur Intelligent Head Beam Assistance untuk menyesuaikan ketinggian cahaya lampu utama kendaraan dengan kondisi pencahayaan di area sekitar.

Selain itu, ada juga beberapa fitur keselamatan dan kenyamanan yang tak kalah penting seperti Tire Pressure Monitoring System, Front and Rear Parking Sensor, ISOFIX, Mode berkendara (Drive Mode), Seat Belt Reminder dan lain sebagainya.

Itulah beberapa informasi mengenai eksterior, interior, performa mesin, serta beragam fitur pilihan yang dihadirkan oleh Almaz RS, yang tentunya mampu mengungguli kompetitor sekelasnya dengan harga jauh lebih terjangkau.

>>> Dapat Subsidi PPnBM, Harga Wuling Almaz RS Diskon Rp 16 Juta!

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top