6 Keunggulan Wuling Almaz RS, Mobil Pintar Rp 300 Jutaan

01/04/2021

Jual beli

5 menit

Wuling Almaz RS hadir dengan harga mulai dari Rp 355,8 juta, namun ada banyak sekali fitur di mobil ini yang biasanya cuma ditemukan di mobil-mobil mewah. Bahkan satu diantaranya kemampuan semi autopilot.

Wuling Almaz RS menggebrak segmen SUV (Sport Utility Vehicle) kelas menengah di Indonesia. Jika selama ini pilihan SUV di segmen tersebut yang bermesin bensin ada Honda CR-V, Nissan X-Trail, atau Mazda CX-5 maka Wuling menawarkan keluarga baru dari Almaz. Bahkan banderolnya lebih mruah dibanding kompetitornya itu.

Bukan Wuling namanya kalau tidak mendobrak pasar otomotif di Indonesia. Dan ini pula yang dilakukan pada Almaz RS. Sebutan RS bukan meniru dari Honda dengan Jazz RS, City RS atau Civic RS, namun itu kependekan dari Rising Star alias bintang yang bersinar. Boleh jadi nama ini memang layak disandang berkat fitur-fitur yang tersedia di Wuling Almaz RS adalah yang paling bersinar dibanding kompetitornya yang sudah lebih dulu "mapan".

Penasaran apa saja keunggulan Wuling Almaz RS yang tidak ada di pesaing-pesaingnya? Mari kita ulas lebih dalam.

>>> Lucid Rancang Mobil Listrik Murah Rp 300 Jutaan

1. Bisa Nyalakan Mesin dari Ponsel

Vehicle Remote Control Almaz RS

Dengan aplikasi MyWuling+, ada banyak hal bisa dilakukan dari jarak jauh

WISE alias Wuling Interconnected Smart Ecosystem adalah fitur baru yang tertanam pada Almaz RS. Bisa dibilang, inilah mobil pertama di Indonesia yang sebagian besar fiturnya dapat diakses menggunakan ponsel. Bahkan tak butuh kunci lagi untuk mengoperasikan kendaraan tersebut.

Dengan bantuan aplikasi MyWuling+ yang dapat dipasang di ponsel berbasis Andorid, mobil ini bisa dikontrol dari jarak jauh menggunakan ponsel Anda. Beberapa hal yang sanggup dilakukan melalui aplikasi mobile ini adalah Vehicle Remote Control yaitu kemampuan mengunci dan membuka kunci pintu, menutup semua jendela pintu, menghidupkan mesin, serta menyalakan AC. Jadi ketika Anda masuk ke mobil, kabin kendaraan itu sudah sejuk.

2. Mampu Lacak Posisi Mobil

Jangan takut mobil dibawa lari orang, karena mesin kendaraan ini jika diaktifkan lewat ponsel akan otomatis mati kembali kalau dalam 10 menit Anda tidak mendekat ke kendaraan tersebut. Selain itu di aplikasi ini juga ada fitur Vehicle Positioning untuk mengetahui lokasi mobil. Ya fiturnya sama seperti GPS Tracking, jadi kalau mobil dicuri akan diketahui dimana letak posisi mobil saat itu.

Kalau kurang lengkap juga? Ada fitur tambahan namanya Geo-Fencing Security yang membuat ponsel Anda akan diberi peringatan jika ternyata mobil dikendarai oleh seseorang di luar radius jarak Anda memegang ponsel beraplikasi MyWuling+ tersebut.

3. Gak Usah Bawa Kunci Lagi

Wuling Almaz RS Rising Star

RS singkatan dari Rising Star

Fitur pintar berikutnya yang juga sangat wow adalah Bluetooth Key. Masih menggunakan aplikasi MyWuling+, maka saat Anda menggoyangkan posel tersebut dengan posisi aplikasi yang tengah dibuka, maka fitur Bluetooth Key bisa langsung aktif. Disinilah ponsel bisa langsung berubah jadi kunci mobil.

Pada posisi Bluetooth Key aktif, Anda bisa dekatkan ponsel untuk menekan tombol Start/Stop engine serta mengemudi seperti biasa. Tentunya aplikasi tersebut hanya dapat terkoneksi dengan memasukkan data-data yang sesuai mobil Anda. Jadi tidak sembarangan ponsel terpasang aplikasi MyWuling+ yang bisa mengaktifkan Wuling Almaz RS milik Anda.

>>> 10 Fitur Wuling Almaz Smart Enjoy yang Tidak Ada di SUV Rp 200 Jutaan

4. Bisa Nyetir Sendiri

Masih dari bagian fitur WISE di Wuling Alamaz RS, dengan fitur bernama Advanced Driver Assistant System (ADAS), mobil mampu mengontrol lajunya secara mandiri, tanpa bantuan dari pengemudi. Sejatinya, ini adalah pengembangan lebih lanjut dari fitur Adaptive Cruise Control (ACC) dimana pengemudi bisa melajukan kendaraannya di kecepatan konstan sesuai yang telah diatur. Namun apabila terjadi perlambatan kecepatan dari mobil di depan, maka kendaran Anda juga akan memperlambat lajunya secara otomatis. Tentunya jarak mobil Anda dengan kendaraan di depannya pun bisa diatur pula.

Memanfaatkan kamera yang ada di kaca depan dan juga bagian gril depan, rasanya inilah mobil termurah di Indonesia yang sudah dilengkapi fitur ACC. Karena umumnya fitur cruise control "pintar" itu baru tersedia di mobil-mobil mewah.

5. Tak Perlu Inejak Pedal Gas dan Rem Saat Macet

WISE Wuling Alamz RS

Dengan fitur WISE, berkendara jadi lebih aman dan nyaman

Masih dari rangkaian fitur ADAS, Wuling juga membekali Almaz RS 2021 dengan fitur Bend Cruise Assistance. Yaitu kemampuan mobil secara pintar untuk mengurangi kecepatan hingga dirasa paling aman saat posisi ACC aktif namun mobil memasuki jalan berbelok. Sehingga mobil tidak akan memasuki tikungan dengan kecepatan tinggi.

Gak cuma itu, dengan bantuan fitur Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA), mobil ini juga akan mengatur kapan harus berhenti atau mulai berakselrasi lagi saat kondisi jalan sedang padat hingga macet. Dan semua itu bisa Anda lakukan tanpa harus menginjak pedal rem serta pedal gas! Tapi ingat, fitur ini tetap membutuhkan Anda sebagai pengemudi di balik setir untuk mengontrol arah kemudi mobil ya.

6. Meminimalisir Terjadinya Tabrakan

Fitur lainnya yang juga tak kalah mengagumkan adalah Safe Distance & Braking Assistance dengan Safe Distance Warning (SDW). Fitur pintar ini akan memberikan peringatan kepada pengemudi jika jarak mobil Anda terlalu dekat dengan mobil di depan. Lalu ada Forward Collision Warning (FCW) yang akan memberikan peringatan suara hingga visual apabila tiba-tiba ada kendaraan yang muncul di dekat mobil Anda, misalnya ketika ada mobil yang tiba-tiba menyalip dan mengurangi kecepatannya.

Selanjutnya ada pula Automatic Emergency Braking (AEB) yang akan membuat mobil menghentikan lajunya secara otomatis apabila jika ada objek di depan mobil namun pengemudi telat menginjak pedal rem. Lantas fitur ini ditunjang dengan Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA). Fitur ini akan memerintahkan mobil menambah gaya pengereman manakala pengemudi sudah menginjak pedal rem, namun objek di depan semakin mendekat. Sehingga mobil bisa benar-benar berhenti sebelum menabrak objek tersbeut.

Kalau memang sampai terjadi tabrakan yang sudah tidak bisa dihindari lagi, maka Wuling Almaz RS punya fitur Collision Mitigation System. Yaitu kemampuan mobil untuk mengurangi kecepatan semaksimal mungkin sebelum terjadi tabrakan. Sehingga diharapkan kerusakan atau cedera dari pengemudi dan penumpangnya tidak parah.

Nah itu tadi setidaknya 6 fitur terbaru yang jadi keunggulan Wuling Almaz RS. Tapi tetap harus diingat, “Fitur di Almaz RS haruslah digunakan secara bijak dan bertanggung jawab. Setiap pengguna produk ini hendaknya memahami prosedur dan batasan pengoperasian WISE sebelum berkendara dengan menggunakan buku manual sebagai referensinya. Teknologi ini disajikan untuk memberikan kemudahan lebih dalam berkendara, namun pengemudi tetap harus mengawasi dan mengontrol kendaraannya setiap saat demi menjaga keselamatan," pesan Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

>>> Review Wuling Baojun 310 2017: Hatchback Menengah Andalan Wuling

Harga Wuling Almaz RS 2021 :

Tipe Harga OTR Jakarta
Almaz RS EX 5-Seater Rp355.800.000
Almaz RS EX 7-Seater Rp365.800.000
Almaz RS Pro 7-Seater Rp370.800.000
 
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top