Toyota Hilux GR Sport Meluncur di Jepang, Intip Tampilannya di Sini

11/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Toyota Motor Corporation resmi meluncurkan Toyota Hilux Z GR Sport sebagai varian flagship di Jepang. Apa saja perubahannya dibanding Hilux versi biasa?

Jika bulan lalu Thailand meluncurkan Toyota Hilux Revo GR Sport untuk pasar domestik mereka, kini giliran Toyota Jepang yang meluncurkan Hilux dengan nama GR Sport sebagai varian tertinggi.

Jujur saja saat ini kami mulai dipusingkan dengan banyaknya varian GR Sport yang berbeda-beda dari Toyota di berbagai negara. Seperti biasa, perubahan paling besar ada pada sektor penampilan yang membuat Double Cabin ini semakin sporty bak mobil yang turun di ajang Reli Dakar.

Semakin Lebar Dengan Overfender

Menurut spesifikasi yang dirilis oleh Toyota Jepang, Hilux Z GR Sport ini memiliki bodi yang lebih lebar 45 mm dibanding Hilux standard. Pelebaran tersebut hadir melalui penyematan overfender bersama dengan bumper depan dan main grille baru.

Gambar Toyota Hilux Z GR Sport

Penggunaan overfender membuat tampilan Hilux kian macho

>>> Toyota GR DKR Hilux T1+ Siap Taklukan Reli Dakar 2022

Sebenarnya paket kosmetik tersebut cukup mirip dengan Toyota Hilux GR Sport yang diluncurkan di Thailand. Dimulai dari penggunaan grille depan berwarna hitam a la Toyota Tacoma yang hanya dipasarkan untuk pasar Amerika.

Bagian bumper juga terlihat lebih kekar dengan guratan-guratan garis serta rumah fog lamp yang menyatu dengan overfender. Perbedaannya dengan Hilux GR Sport Thailand adalah bodinya yang polos tanpa striping yang berlebihan.

Di bagian belakang, ada bumper hitam yang membuat tampilan mobil 'pekerja' ini tampak lebih berkelas. Apalagi dipadu dengan penggunaan velg 18 inci y-spoke palang 6 yang juga berkelir hitam dengan desain yang sporty.

Toyota Hilux Z GR Sport

Kata siapa mobil 'pekerja' tak bisa tampil berkelas?

>>> Toyota Hilux Revo GR Sport 2022, saat Mobil Pekerja Sejati Naik Kasta

Interior Juga Semakin Berkelas

Bagian interior juga tak luput dari sentuhan GR Sport. Toyota menyematkan jok yang lebih sporty berlapis kulit sintetis dan suete dengan warna hitam dan merah. Begitu pula dengan bagian setir yang dilapis kulit asli berwarna hitam dengan aksen merah di arah jam 12 yang membuat sensasi berkendara semakin sporty.

Tak hanya itu, Toyota juga menyebut bahwa set-up kaki-kaki ditingkatkan untuk mendukung pengendalian yang lebih baik dibanding versi standard.

Gambar Interior Hilux Z GR Sport

Tampilan interior Hilux Z GR Sport

Bicara soal harga, Toyota membanderol Hilux Z GR Sport seharga  ¥ 4.312.000 atau setara dengan Rp 542,4 juta. Artinya sekitar Rp 50 - 100 juta lebih mahal dibanding Toyota Hilux yang dipasarkan di Indonesia.

>>> Tertarik membeli Toyota Hilux bekas? Anda bisa menemukannya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top