Toyota Bocorkan Teaser GR Corolla, Akankah Sesukses GR Yaris?

26/11/2021

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Baru-baru ini, Toyota mengunggah sebuah teaser di akun Instagram mereka yang menunjukkan petunjuk mobil dengan kamuflase yang disinyalir sebuah GR Corolla.

Akun @toyotausa belum lama ini mengunggah sebuah foto yang menunjukkan interior Toyota Corolla Hatchback. Meski tampak biasa saja, rupanya ada pesan tersembunyi di dalam foto itu yang mungkin tak terlihat jika Anda kurang jeli.

Melihat ke arah jendela, Anda akan melihat sebuah Hatchback yang ditutupi kamuflase dari kejauhan. Mobil tersebut disinyalir adalah GR Corolla yang akan diluncurkan di Amerika Serikat dalam waktu dekat.

Petunjuk Dalam Foto

Selayaknya agen rahasia 007, netizen yang melihat foto tersebut langsung menangkap berbagai pesan rahasia di dalamnya. Pertama, tulisan G:16 pada kluster instrumen yang mengisyaratkan mesin G16E-GTS 3-silinder turbocharger yang digunakan oleh Toyota GR Yaris.

>>> Review Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020: Hybrid Paling Menggoda Untuk Keluarga

Gambar Foto Teaser GR Corolla

Foto teaser Toyota GR Corolla

Angka pada AC digital di konsol tengah juga menunjukkan angka 2 dan 68, lagi-lagi mengisyaratkan mesin tersebut yang memiliki tenaga 268 HP. Tak hanya itu, nama jalan pada sistem navigasi di head unit juga menyebutkan 'GR Four'.

GR Four merupakan sistem All-Wheel Drive dengan Torsen Limited Slip Differential yang digunakan oleh GR Yaris. Sepertinya, spesifikasi teknis dari GR Corolla akan mendekati saudara WRC-nya.

Toyota GR Corolla Menyusul Kesuksesan GR Yaris?

Toyota GR Yaris merupakan bukti bahwa jenama asal Jepang ini masih bisa membuat mobil yang brilian ketika mereka menginginkannya. GR Yaris merupakan manifestasi dari ambisi Toyota untuk mendominasi ajang reli dunia.

Gambar GR Yaris Tommi Makinen

Toyota GR Yaris dikembangkan dengan menggandeng legenda reli Tommi Makinen

Tak main-main, mereka bahkan menggandeng legenda reli Tommi Makinen demi mengembangkan mobil tersebut. Hasilnya? Kini Toyota Gazoo Racing WRT mendominasi World Rally Championship dengan 2 gelar konstruktor dan 3 gelar juara pebalap sejak menjalani debut di tahun 2017.

>>> First Drive Toyota GR Yaris 2021: Performa Hebat yang Bikin Nagih!

Sebagai bagian dari homologasi, Hot Hatch yang diciptakan untuk mendominasi reli tersebut dibuat legal untuk jalan raya dan dipasarkan untuk konsumen di tahun 2020. Para petrolheads pun langsung kehilangan akal sehatnya, mobil tersebut laku keras, termasuk di Indonesia.

Sayangnya, pasar Amerika Serikat tidak mendapat kesempatan untuk memiliki mobil kompak brilian tersebut. Toyota Amerika Serikat pun berusaha menghibur mereka dengan GR Corolla sebagai substitusi.

Gambar Toyota GR Yaris

Akankah Corolla versi GR menyusul saudaranya ke Indonesia?

Apakah Indonesia juga berencana untuk mendatangkan Toyota GR Corolla? Well, sejauh ini pasar Amerika Serikat selalu menawarkan model yang berbeda dengan pasar Asia Tenggara.

Namun, melihat animo konsumen terhadap Toyota GR Yaris, tidak ada salahnya bagi PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk mempertimbangkan peluncuran GR Corolla di Tanah Air bukan?

>>> Klik di Sini Untuk Menemukan Mobil Bekas Incaran Anda

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top