SUV Listrik Geely Punya Harga Lebih Murah dari Honda Brio

29/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Pabrikan mobil listrik asal China merilis SUV kompak berkapasitas lima tempat duduk dengan harga sangat terjangkau, bahkan lebih murah dari harga Honda Brio.

Geely memang bukan nama asing dalam skema mobil listrik di China. Baru-baru ini, merek mobil listrik Geometry yang diperkenalkan oleh Geely pada 2019 lalu meluncurkan model baru yang disebut dengan EX3. SUV kompak lima tempat duduk ini dibanderol dengan harga 59.700 RMB (Rp 131 jutaan), bahkan lebih murah dari harga Honda Brio.

SUV listrik yang kompak

Tampilannya tak kalah dibandingkan SUV bermesin konvensional lainnya. Geometry EX3 menghadirkan lampu depan yang mirip dengan mobil Eropa Peugeot 308 dan dua warna bodi dengan aksen hijau sebagai elemen dekoratif pada bagian atas grille sewarna bodi dan roof bar.

mobil listrik Geometry EX3 berwarna putih
Dimensinya terasa lebih besar dari Honda Brio

Panjangnya hanya 4 meter dengan lebar 1,7 meter dan tinggi 1,5 meter, membuatnya sedikit lebih besar dibandingkan SUV Toyota Raize. Tapi bagian dalamnya bisa dibilang lega. EX3 mampu menampung lima penumpang dan dilengkapi dengan ruang kargo berkapasitas 500 liter. Anda juga bisa menambah kapasitas penyimpanan menjadi 1.050 liter ketika kursi baris kedua dilipat.

>>> Penerus Nissan Evalia Bertransformasi Jadi Mobil Listrik

interior Geometry EX3 berwarna biru dan hitam
Tampilan dalam yang memesona dan modern

Desain interior Geometry EX3 terlihat modern melalui pelapis hitam dan biru, dikombinasikan dengan highlight terang dan bahan suede yang menawarkan kenyamanan. Ada kluster instrumen digital 10,25 inci dan head unit layar sentuh berukuran 8.0 inci. Sistem infotainment dibuat lengkap, termasuk musik QQ, Autonavi, radio, kontrol suara, hingga konektivitas Wi-Fi.

>>> Audi Bakal Jual Mobil Listrik di Indonesia, Tapi Ini Syaratnya!

Daya jangkau 300 km

Motor listrik tunggal bertenaga 95 PS dan torsi maksimal 180 Nm akan menjadi ‘tulang punggung’ penggerak mobil ini. Memiliki kapasitas tenaga yang lebih besar dari Honda Brio, Geometry mengklaim bahwa mobil ini menawarkan kinerja yang setara dengan kendaraan bermesin bensin konvensional.

fitur Geometry EX3 dengan layar sentuh 8.0 inci
Ada berbagai fitur menarik yang bisa ditemukan di dalam kabin

Baterai berpendingin cairan 37,23 kWh mampu menawarkan jangkauan hingga 322 kilometer berdasarkan pengujian dari NEDC China. Dengan pengisi daya DC berkecepatan tinggi, mobil ini bisa mengisi dari dari kosong hingga 80% dalam waktu kurang dari 30 menit, memberikan jangkauan sekitar 250 kilometer.

Sayangnya dengan harga yang sangat terjangkau, jangan harapkan sistem keselamatan canggih pada mobil ini. Geely hanya menyematkan dua airbag, sensor dan kamera parkir, pemantau tekanan ban, dan sistem pengereman ABS dan EBD disematkan. Tapi Geometry mengandalkan baja anti tabrakan di depan dan belakang berkekuatan tinggi untuk menjadi tameng bagi penghuni kabin ketika terjadi kecelakaan.

>>> Menakar Bakal Persaingan Suzuki S-Presso vs Honda Brio Satya

sunroof Geometry EX3 dengan icon Geometry
SUV kecil ini juga sudah mendapatkan sunroof

Geometry EX3 nantinya akan tersedia di China melalui jaringan dealer 20 kota yang dimiliki Geometry dengan rencana untuk mengekspor pasar luar negeri di masa depan. Dengan begitu tak menutup kemungkinan mobil ini bisa saja dibawa ke pasar ASEAN, termasuk Indonesia nantinya.

>>> Dapatkan harga mobil Honda terbaru dan promo terbaik di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top