Penerus Nissan Evalia Bertransformasi Jadi Mobil Listrik

28/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Nissan memperkenalkan NV200 terbaru dengan opsi mesin bensin dan motor listrik. di Indonesia, NV200 dikenal sebagai Nissan Evalia yang diskontinu pada 2018.

Penerus Nissan Evalia ini akan menanggalkan nomenklatur NV dan akan menggunakan nama Townstar untuk NV200. Sedangkan NV300 dan NV400 kini diberi nama Primastar dan Intrastar dengan sedikit pembaruan.

Nissan Townstar akan tersedia dalam opsi mesin bensin (ICE) dan motor listrik penuh (BEV). Kandidat Nissan Evalia terbaru ini akan ditawarkan sebagai mobil komersial dan mobil penumpang.

Dibangun di Atas Platform CMF-C

Gambar Nissan Townstar

Mobil ini akan ditawarkan sebagai mobil penumpang dan komersial dengan opsi mesin bensin serta motor listrik

Varian Townstar bermesin bensin akan mengusung 1.300 cc berstandar Euro-6d yang memiliki tenaga 130 HP dengan torsi 240 Nm. Sedangkan versi mobil listrik akan menggunakan motor listrik bertenaga 122 HP dengan torsi 245 Nm.

>>> Toyota Honda, Nissan Siapkan Suku Cadang Mobil Bareng, Lebih Murah?

Nissan mengklaim bahwa penerus Evalia dengan motor listrik tersebut dapat menempuh jarak hingga 283 km dalam sekali pengisian daya. Meski begitu, pabrikan asal Jepang ini belum melakukan sertifikasi terhadap jarak tempuh mobil tersebut.

Townstar dibangun di atas platform CMF-C milik aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi dengan desain yang sepenuhnya baru. Nissan mengklaim bahwa kualitas dan fungsionalitas dari generasi terdahulu akan tetap dijaga. Mereka juga menyebut bahwa MPV ini adalah pemain kunci dalam rencana transformasi "NEXT" yang sedang diinisiasi.

Lebih Mobil Penumpang Dibanding Nissan Evalia

Gambar Nissan Townstar

Nissan Townstar akan lebih mobil penumpang dibanding pendahulunya

Seperti yang kita tahu, Nissan Evalia kerap dikritik lebih dekat dengan sebuah mobil komersial dibanding mobil penumpang. Karena itulah, Nissan Townstar akan lebih berfokus pada fitur keselamatan dan infotainment.

Memang Townstar memiliki fitur bantuan pengemudi yang lebih dekat dengan mobil komersial seperti Side Wind Assist dan Trailer Sway Assist. Namun, Nissan juga menyematkan fitur kepraktisan seperti Hands-Free Parking, Adaptive Cruise Control, kamera parkir 360 derajat, serta fitur pengereman darurat yang cerdas.

>>> Nissan GT-R T-Spec 2021 Meluncur, Dijual Mulai Rp 2 Miliar

Versi EV dari mobil ini juga akan dibekali fitur ProPILOT semi-otonom Nissan, yang ketika diaktifkan, dapat memperlambat kendaraan hingga berhenti total sambil menjaga mobil di jalurnya secara otomatis.

Townstar versi bensin akan menggunakan sistem infotainment layar sentuh 8 inci, sedangkan model EV menggunakan layar 10 inci. Fitur Android Auto dan Apple CarPlay akan menjadi fitur standard.

Gambar Penerus Nissan Evalia

Apakah Nissan Indonesia tertarik memasukkan penerus Evalia ini?

Sayangnya, Nissan masih belum mengumumkan harga dari penerus Evalia ini. Apakah PT Nissan Motor Distributor Indonesia tertarik untuk membawa MPV listrik ini ke Tanah Air?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top