Toyota Honda, Nissan Siapkan Suku Cadang Mobil Bareng, Lebih Murah?

28/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Kabar terbaru menyebutkan bahwa 10 pabrikan otomotif dan suku cadang, termasuk Toyota, Honda, dan Nissan, bekerja sama mengembangkan komponen mobil bersama.

Sebagai salah satu upaya untuk mempercepat dan memangkas biaya pengembangan mobil, 10 pabrikan otomotif dan pemasok suku cadang di Jepang mengumumkan kerja sama mereka dalam menstandarisasi pengembangan kendaraan. Pabrikan yang ikut serta dalam aliansi tersebut yaitu Toyota, Honda, Mazda, Nissan, dan Subaru.

Bawa aliansi baru

Berdasarkan laporan dari Nikkei Asia, Kelima pabrikan asal Jepang ini bersanding dengan pemasok komponen mobil ternama, seperti Denso, Panasonic, Mitsubishi Electric, Aisin, dan Jatco. 10 perusahaan ini akan mendirikan organisasi baru yang dibuat untuk mempromosikan pengembangan model baru.

pabrik suku cadang yang berada di Jepang
10 pabrikan dan pemasok komponen mobil siapkan aliansi baru

Kerja sama ini menyusul pabrikan besar lainnya yang sudah mengumumkan pengembangan model bersama, seperti aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault maupun Toyota dengan BMW yang mengembangkan platform baru dari Toyota Supra dan BMW Z4.

Pabrikan mobil tersebut menggandeng pemasok suku cadang kecil dan menengah untuk memicu daya saing di industri otomotif Jepang. Tujuan lainnya yaitu membantu pemasok suku cadang menghemat waktu dan biaya untuk menciptakan standarisasi komponen yang akan digunakan oleh pabrikan mobil.

>>> Nissan Bantah Rumor 'Ceraikan' Mitsubishi dalam Aliansi

Dipelopori oleh Mazda

Dalam pengembangan berbasis model, setiap bagian dirender dalam bentuk digital sehingga menghasilkan mobil virtual. Simulasi ini bisa mempermudah desainer mengetahui bagian mana yang menyebabkan malfungsi. Mazda merupakan salah satu pabrikan otomotif Jepang pertama yang mengadopsi pendekatan ini.

"Kami tidak memiliki kemewahan menghabiskan waktu untuk mengatasi perbedaan" antara pembuat kendaraan dan suku cadang, kata Mitsuo Hitomi, rekan inovasi senior di Mazda, pada konferensi pers. "Kami akan meningkatkan efisiensi di mana kami bisa sehingga kami dapat fokus pada investasi di bidang-bidang seperti teknologi lingkungan."

>>> Honda Terbuka Hadirkan Aliansi Baru untuk Kembangkan Mobil Listrik

mesin Mazda SkyActiv yang diperkenalkan ta2hun2 2012
Mazda merilis teknologi SkyActiv pertama pada tahun 2012

Dikenal sebagai bagian dari 10 perusahaan otomotif terbaik dalam pengembangan komponen berbasis model, Insinyur Mazda bekerja menggunakan komputer. Pengembangan ini melahirkan teknologi SkyActiv dari Mazda yang hemat bahan bakar pada tahun 2012.

Mazda mampu mengurangi separuh waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan mesin menggunakan pengembangan berbasis model. Hal ini juga diikuti oleh Toyota dan Honda. Sedangkan Daimler, BMW, Bosch, serta berbagai pemasok suku cadang lainnya telah bekerja sama dengan Jepang dalam pengembangan komponen berbasis model.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top