Nissan GT-R T-Spec 2021 Meluncur, Dijual Mulai Rp 2 Miliar

14/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Nissan Motor Corporation memperkenalkan Nissan GT-R T-Spec 2021. Apa saja yang diperbarui dari mobil Gran Touring yang sudah menginjak usia 14 tahun ini?

Saat Nissan mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan Nissan GT-R terbaru, jujur saja kami berharap bahwa akan ada pembaruan besar pada mobil yang sudah berusia lebih dari 10 tahun ini. Apalagi debut R35 GT-R hanya berjarak 8 tahun dari peluncuran generasi sebelumnya.

Kenyataannya, Nissan masih belum puas untuk mengeluarkan edisi terbatas dari GT-R saat ini dengan memperkenalkan Nissan GT-R T-Spec yang kami asumsikan memiliki kepanjangan Track-Specification.

Diproduksi terbatas sebanyak 100 unit, apa yang menjadi pembeda dari mobil T-Spec ini dengan Nissan GT-R sebelumnya?

>>> Nissan GT-R Generasi Berikutnya Akan Tawarkan Banyak Kejutan

Gambar Nissan GT-R T-Spec

Apakah mobil ini menjadi edisi terakhir dari Nissan R35 GT-R?

Kembalinya Warna Legendaris GT-R

Sebelum membahas lebih detail, satu hal utama yang menjadi perbedaan dari Nissan GT-R T-Spec adalah kembalinya dua warna legendaris sebagai opsi. Warna yang dimaksud adalah Midnight Purple dan Millenium Jade.

Penggemar Nissan, khususnya GT-R tentu sudah akrab dengan warna Millennium Jade. Warna tersebut digunakan pada Nissan Skyline R34 GT-R V-Spec II Nur yang merupakan salah satu mobil paling langka dari garis keturunan GT-R. Kabarnya, hanya ada 156 mobil yang menggunakan warna kehijauan yang berkelas tersebut.

Gambar GT-R T-Spec

Tak hanya Millenium Jade, warna Midnight Purple juga kembali

Sedangkan Midnight Purple juga menjadi salah satu warna paling ikonik. Warna tersebut merupakan pengembangan Midnight Purple III pada Skyline R34 GT-R V-Spec yang hanya diproduksi sebanyak 132 unit. Warna ini terinspirasi dari Aurora Borealis, cahaya cantik di langit utara yang jarang bisa Anda lihat secara langsung.

>>> Nissan GT-R (X) 2050, Mobil Konsep Nissan Bikinan Anak Magang

Dibagi ke Dalam Dua Trim

Dijuluki GT-R T-Spec, model edisi terbatas baru ini dipersenjatai dengan fender depan yang lebih lebar dari GT-R Track Edition yang diluncurkan beberapa tahun lalu, spoiler belakang serat karbon, NACA duct berwarna hitam, dan tentu saja emblem T-Spec untuk membedakan mobil ini dengan GT-R standar.

Di bawah fender yang melebar itu, Anda akan menemukan velg forged alloy berwarna emas yang diproduksi oleh raksasa velg Jepang, Rays Engineering.

Di balik velg ringan tersebut, ada rem keramik-karbon yang akan tetap dingin meski dibawa berkendara di sirkuit berkat saluran udara yang dipinjam dari GT-R NISMO.

Gambar Velg Rays

Dibekali Velg lansiran Rays yang sudah pasti ringan dan kuat

Mobil ini tersedia dalam 2 pilihan trim, yaitu Nissan GT-R Premium Edition T-Spec dan GT-R Track Edition engineered by Nismo T-Spec. Sejujurnya, kami tak banyak melihat banyaknya perbedaan antara keduanya.

Menurut rilis resmi Nissan, versi Track Edition dibekali dengan kap mesin dan bagasi berbahan serat karbon yang lebih ringan. Dan, ya itu saja perbedaannya. Entah mengapa tiba-tiba mobil ini layak menyemat nama edisi khusus lintasan balap.

Kedua trim masih mengusung mesin VR38DETT dengan twin-turbocharger yang menghasilkan tenaga 565 HP dengan torsi 645 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke empat roda (AWD) melalui transmisi kopling ganda 6-percepatan.

Gambar Mesin GT-R

Mesin VR38DETT yang kini sudah berusia lebih dari 10 tahun tetap dipertahankan

Nissan GT-R T-Spec dibanderol dengan harga ¥ 15,904,900 atau setara Rp 2 miliar untuk Premium Edition, dan ¥ 17,881,600 atau setara Rp 2,3 miliar untuk Track Edition. Selisih Rp 300 juta untuk sebuah kap mesin dan pintu bagasi.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top