Audi Bakal Jual Mobil Listrik di Indonesia, Tapi Ini Syaratnya!

26/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Menghadapi era elektrifikasi yang semakin nyata, Audi Indonesia tertarik untuk memperkenalkan mobil listrik kepada konsumen di Indonesia. Namun, ada tapinya.

Dengan bergabungnya Ken Block ke Audi untuk mengembangkan mobil listrik performa tinggi, pabrikan asal Jerman tersebut nampaknya semakin siap dengan persaingan di era elektrifikasi.

Para petinggi Audi pun sudah menyetujui rencana transisi pabrikan berlambang empat cincin ini menjadi produsen mobil listrik sepenuhnya pada tahun 2026. Sayangnya, Agen Pemegang Merek (APM) mereka di Indonesia justru tampak sedikit tertinggal dalam memperkenalkan jajaran produk elektrifikasi mereka dibanding para pesaingnya.

Kami pun menanyakan hal ini kepada Herry Noverino, Head of Marketing & PR Department PT Garuda Mataram Motor selaku APM Audi di Indonesia.

Gambar Audi e-tron

Mulai tahun 2026, pabrikan asal Jerman ini akan menjadi produsen mobil listrik sepenuhnya

>>> New Audi RS 4 Avant Mengaspal, Dijual Rp 2,8 Miliar

Rencana Tersebut Sudah Ada, Tapi..

Herry mengungkapkan bahwa Audi Indonesia sebenarnya sudah berencana untuk memperkenalkan mobil listrik mereka ke masyarakat Indonesia. Namun, mereka masih ragu karena terganjal regulasi yang ada di Tanah Air.

"Kalau ditanya tertarik, tentu saja kami tertarik. Tetapi kami masih menunggu regulasi yang mendukung niat kami. Sejauh ini, insentifnya masih ke mobil-mobil listrik yang diproduksi secara lokal," ungkapnya.

Memang pernyataan tersebut ada benarnya, tetapi perlu diingat bahwa Porsche dan BMW sudah berani mengambil inisiatif untuk meluncurkan mobil listrik mereka yang membuat Audi 'kalah langkah' dibanding dua rival senegaranya.

Gambar Porsche Taycan

Porsche Taycan sudah diperkenalkan pada awal tahun 2021

Setidaknya PT Garuda Mataram Motor sudah memperkenalkan mobil-mobil dengan Mild-Hybrid sebagai perkenalan teknologi elektrifikasi dari Audi.

>>> Sayonara Mesin Konvensional! Setelah 2026 Line Up Audi Full Elektrik

Model Mana Yang Jadi Kandidat Mobil Listrik Pertama?

Lantas, model mana yang kira-kira menjadi kandidat mobil listrik pertama dari Audi di Indonesia? Sejauh ini, pabrikan yang bermarkas di Ingolstadt, Jerman tersebut memiliki tiga mobil bermotor listrik di jajaran produk mereka. Yaitu Audi e-tron, RS e-tron GT, dan yang paling baru Q4 e-tron.

Sebagai informasi, RS e-tron GT merupakan Grand Tourer listrik yang berbagai platform dengan Porsche Taycan. Artinya, jika diluncurkan di Indonesia mobil itu akan bersaing ketat dengan Taycan dan Tesla Model S.

Tetapi, nampaknya PT Garuda Mataram Motor lebih tertarik untuk meluncurkan SUV listrik yang dinilai lebih sesuai dengan keadaan pasar saat ini.

Gambar Audi Q4 e-tron

Q4 e-tron jadi pilihan logis untuk pasar Indonesia

"Memang di antara jajaran mobil kita, sampai saat ini yang paling diminati adalah SUV. Mulai dari Audi Q3 sampai Q8," ujar Herry.

Sepertinya Q4 e-tron akan menjadi kandidat paling kuat. Apalagi, secara harga mobil ini masih lebih terjangkau dibanding Q5 bermesin bensin yang tentunya akan jadi bahan pertimbangan tersendiri bagi konsumen di Indonesia.

>>> Mobnas Vietnam Siapkan Mobil Listrik Ekspansi ke Eropa, Esemka Gimana?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top