Indahnya Rolls-Royce Boat Tail, Calon Mobil Termahal Sejagad

28/05/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Tiga unit Rolls-Royce Boat Tail yang dipersiapkan oleh pabrikan mobil mewah asal Inggris ini merupakan calon mobil termahal di dunia dengan harga tak terkira.

Setelah memperkenalkan Rolls-Royce Ghost dua tahun lalu, kemudian memproduksi mobil mewah Rolls-Royce Sweptail yang eksklusif, pabrikan asal Inggris itu kembali membawa kendaraan mewah bagi mereka dari kalangan berduit. Adalah Rolls-Royce Boat Tail siap menemani orang berduit melakukan aktivitasnya sekaligus menjadi calon mobil termahal sejagad.

Dibuat untuk pelanggan

Model grand tourer dua pintu dengan tampilan yang berani ini memiliki panjang 5,9 meter. Calon mobil termahal ini bahkan memiliki atap ‘kanopi’ yang bisa dilepas. Untuk eksklusivitas mobil ini, tiga model yang diproduksi dibuat dengan tangan dan dirakit sesuai dengan keinginan pembeli. Rolls Royce pun menyebutkan bahwa pemilik akan terlibat dalam proses desain mobil ini.

bagian depan Rolls-Royce Boat Tail berwarna biru
Boat Tail mengadopsi desain mulus dari arsitektur terbaru Rolls-Royce

>>> Melirik Asal-usul Rolls-Royce Hadiah Undian yang 2 Kali Dilelang Belum Laku

Bos Desain Rolls-Royce Coachbuild, Alex Innes, menyebutkan bahwa pembuatan Boat Tail merupakan kolaborasi unik antara Rolls-Royce dan kliennya. Mobil ini menampilkan tren desain yang halus 'Post Opulent' atau paska-kemewahan yang sudah ditanamkan pertama kali pada Rolls-Royce Ghost yang meluncur tahun lalu.

"Klien menetapkan di awal bahwa mereka ingin menciptakan sesuatu yang belum pernah mereka lihat sebelumnya," kata Innes. “Mereka menghargai keunggulan desain Rolls-Royce dan mendorong kami untuk melampaui ciri-ciri yang biasa kami lihat saat ini dan merancang sesuatu yang mengarah ke masa depan.”

>>> Rolls-Royce Black Badge Cullinan Sloss untuk Pasangan Pembalap Legendaris

Calon mobil termahal di dunia

Boat Tail menggunakan platform Architecture of Luxury terbaru milik Rolls-Royce dan mesin 6.75 liter V12 bertenaga 570 hp milik Rolls-Royce Phantom. Meski beberapa elemen keselamatan diambil dari Phantom, namun hampir semua komponen mobil ini dipesan terlebih dahulu. Termasuk panel bodi dan lampu depan.

kanopi di Rolls-Royce Boat Tail berwarna biru
Ada kanopi unik yang terletak di bagasi belakang

Pelanggan juga bisa memilih sendiri desain dan aksesoris pelengkap mobil ini. Model yang ditampilkan Rolls-Royce dibuat berdasarkan Boat Tail keluaran tahun 1932. Kabin depan mendapatkan dashboard minimalis yang dirancang khusus agar sesuai dengan selera klien, termasuk switchgear belakang dan banyak teknologi modern yang tersembunyi.

Bagian tengahnya mendapatkan jam unik dengan dua petunjuk waktu dari pembuat jam asal Swiss, Bovey. Sistem operasi juga mendapatkan lima unit kontrol elektronik tambahan dibandingkan Phantom, termasuk dua kipas untuk memastikan penyerapan panas tidak mempengaruhi makanan yang minuman yang disimpan di dalam tempat penyimpanan di dalam kabin mobil.

tempat menyimpan minuman dalam Rolls-Royce Boat Tail
Ada tempat penyimpanan minuman di dalam kabin

Dilansir dari berbagai media, mobil ini menyasar banderol mulai dari £ 20 juta (sekitar Rp 405 miliar). Jika benar, maka Rolls-Royce Boat Tail akan menjadi mobil termahal di seluruh dunia. Jauh melebihi nilai £ 11,3 juta (sekitar Rp 226 miliar) dari Bugatti La Voiture Noire yang dijual 2019 lalu.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top