Melirik Asal-usul Rolls-Royce Hadiah Undian yang 2 Kali Dilelang Belum Laku

10/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Melirik Asal-usul Rolls-Royce Hadiah Undian yang 2 Kali Dilelang Belum Laku
Sudah dua kali dilelang, mobil Rolls-Royce Ghost 2012 hadiah undian Batik Air belum juga laku. Bagaimana cerita di balik mobil kelahiran Inggris tersebut?

Kementerian Sosial tengah bersiap untuk melakukan lelang kembali mobil Rolls-Royce Ghost lansiran 2012.

Mobil asal Inggris itu merupakan hadiah undian PT Batik Air yang berlangsung pada periode Agustus 2015 sampai Januari 2016. Saat itu, sang pemenang undian berhadiah Rolls-Royce Ghost itu tak bisa dihubungi.

>>> Sudah 2 Kali Dilelang, Mobil Rolls-Royce Hadiah Undian Batik Air Belum Laku

Rolls-Royce Ghost Hadiah Undian Batik Air Belum Laku

Walhasil Batik Air menyerahkan mobil mewah tersebut ke Kementerian Sosial pada Desember 2016. 

Undian Batik Air

Undian batik Air dilakukan pada 2016

"Kami menyerahkan Rolls-Royce ke Kementerian Sosial dikarenakan pada saat penarikan undian grand prize yang diadakan pada Januari 2016, kami telah menghubungi 3 pemenang dan tidak ada yang berhasil menjawab panggilan telepon kami sehingga status dari Rolls-Royce menjadi Hadiah Tidak Tertebak (HTT) dan wajib diserahkan ke Kementerian Sosial," kata Capt. Achmad Luthfie yang kala itu menjabat sebagai Direktur Utama Batik Air.

Menurutnya, penyerahan hadiah itu sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial No. 13 tahun 2005 tentang izin undian yang tercantum di pasal 25 yaitu penyelenggara undian wajib menyerahkan hadiah yang tidak tertebak ke Kementerian Sosial.   

Setelahnya, Kementerian Sosial juga sempat melakukan lelang sebanyak dua kali. Sayang hingga saat ini belum ada yang mau meminangnya. Harga lelang pun sudah sempat diturunkan dari sebelumnya Rp 6 miliar pada November 2019 menjadi Rp 3,6 miliar pada Desember 2020. 

Rolls-Royce Ghost

Bakal Diundi lagi oleh Kemensos

Merujuk pada laman Samsat soal informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), Rolls-Royce Ghost ini punya banderolan Rp 2,69 miliaran. Tapi itu bukanlah harga jual karena masih ada pajak yang akan dibebankan kepadanya. 

Penurunan harga lelang itu rupanya belum berhasil membuat Rolls-Royce Ghost 2012 tersebut dilirik masyarakat Indonesia. Maka dari itu, Kementerian Sosial berencana untuk melakukan lelang kembali. 

2012 Rolls-Royce Ghost Sedan Exterior

Wajar kalau harganya fantastis

>>> Mercedes-Benz Koleksi Mobil Elvis Presley Ini Akan Kembali Dilelang

Harga Lelang Tengah Didiskusikan

Mobil Rolls-Royce memang memiliki sejumlah keistimewaan dan dikerjakan dengan tangan bukanlah mesin. Wajar kalau harga jualnya mahal. Bahkan harga dasar mobil tanpa kelengkapan aksesoris tak diketahui dengan pasti. 

Oleh karena itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini berharap bahwa mobil hadiah undian itu bisa segera laku dan uangnya akan digunakan untuk membantu negara dalam penanggulangan bencana. Terkait harga lelang terbaru, Risma mengatakan masih akan melakukan diskusi dengan Kementerian Keuangan. 

“Perlu dilakukan appraisal lebih dulu ya,” tutur Risma belum lama ini. 

>>> Begini Cara Ikut Lelang Mobil Online Bagi Pemula

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top