Begini Cara Ikut Lelang Mobil Online Bagi Pemula

26/10/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Begini Cara Ikut Lelang Mobil Online Bagi Pemula
Bagi Anda yang ingin mengikuti lelang mobil tanpa harus keluar rumah. Kini lelang mobil bisa juga dilakukan secara langsung tanpa harus ke balai lelang.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil dengan cara yang berbeda Anda bisa mencoba lelang mobil IBID secara online. Lelang ini terbuka untuk siapapun berpartisipasi menjadi peserta lelang, baik itu perusahaan maupun dari perorangan. Dari pembeli skala besar hingga membeli satuan.

Untuk mengikuti proses lelang mobil online Ibid ini cukup mudah. Anda cukup mengakses situs resmi IBID di http://www.ibid.astra.co.id/.  Lalu tinggal mengikuti semua arahan yang telah disiapkan, semisal memilih mobil yang Anda inginkan, hingga bagaimana proses pembayaran melalui cara online.

Untuk sekedar informasi bahwa Lelang IBID berada di bawah bendera Grup Astra. Jadi tak perlu diragukan lagi bagaimana kepercayaan atas lelang IBID. Berikut 2 alasan kenapa Anda harus ikuti lelang mobil online IBID.

>>> Mau Beli Mobil dengan Cara Berbeda? Coba Ikuti Lelang Ibid

Gambar menunjukan tumpukan mobil

Lelang mobil kini bisa dari rumah

1. Market Auction Price

Melalui pengalaman bertahun-tahun menjual kendaraan lelang. Lelang IBID telah memiliki sejumlah database yang bisa dikatakan cukup lengkap dari berbagai merek, tipe dan tahun kendaraan yang terintegrasikan dengan website dan selalu update. Selain itu database tersebut dapat juga diakses oleh setiap member untuk mengetahui acuan dari harga jual kendaraan sehingga Anda bisa mendapatkan mobil dengan harga terbaik. 

2. Astra Car Valuation

Lelang mobil IBID bertujuan bukan hanya sekedar menjual kendaraan. Guna memastikan bahwa Anda mendapatkan mobil yang tepat dengan harga yang sesuai. Lelang IBID telah melakukan pengecekan kendaraan menyeluruh melalui Astra Car Valuation yang berbasis teknologi. 

Sehingga hasil inspeksi yang dihasilkan lebih transparan, akurat serta komprehensif. Hasil Inspeksi beserta rekomendasi harga akan langsung dapat Anda ketahui hanya dalam hitungan menit.

Lalu bagaimanakah cara mengikuti lelang mobil online dari IBID ini? Berikut di bawah ini tahap-tahap untuk ikut partisipasi dalam lelang mobil bersama dengan peserta lelang lainnya melalui gadget secara real time atau melalui website! Tidak perlu lama-lama lagi, yuk simak proses lelangnya di bawah ini.

>>> Balai Lelang Andalkan Pelelangan Online di Tengah Pandemi Covid-19

Gambar menunjukan Kumpulan mobil

Kumpulan mobil tengah dilelang

1. Cari Kendaraan & Cek Jadwal Lelang via Website

Hal yang pertama yang harus Anda lakukan jika ingin melakukan lelang mobil online IBID bisa mencari daftar lot kendaraan dan jadwal lelang bisa di cek via website. Nantinya Anda akan mendapat informasi dimana lelang mobil yang sedang diadakan sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.

2. Cek Detail Kendaraan via Website

Jika Anda sudah menentukan kapan jadwal lelang mobil. Selanjutnya Anda bisa melihat secara detail mobil lelang yang akan Anda beli dalam proses lelang. Biasanya kondisi mobil yang ditawarkan dalam lelang terdapat 5 kategori.

Kategori pertama ini ialah Grade A yang merupakan tingkat tertinggi yang dimana kondisi mobil bekas yang dilelang dalam kondisi yang sangat baik tanpa minus. Oleh sebab itu Anda tak perlu khawatir akan adanya perbaikan pada kategori ini. Jika Anda memenangkan unit dengan Grade A kamu tinggal pakai saja tanpa perlu khawatir. Bisa dikatakan persentase kemulusan dan kualitas pada kendaraan roda empat di tingkat ini berkisar antara 90-99 persen.

Kedua Grade B, berbeda dengan grade A, pada tingkatan B ini Anda tetap memperoleh mobil dengan keadaan yang baik. Akan tetapi masih ada sedikit perbaikan yang harus dilakukan. Jika dilihat dalam persentase berada di kisaran 75 hingga 89 persen.

Selanjutnya kategori Grade C yang dimana mobil lelang dalam keadaan mulus namun diperlukan juga perbaikan ringan. Jika dilihat dalam bentuk persentase maka kondisi kendaraan roda empat pada kategori ini berada di antara 60-74 persen.

Keempat Grade D, kondisi mobil perlu dilakukan beberapa perbaikan. Jika dilihat dalam bentuk persentase angka, maka kondisi mobil bekas ini berada pada kisaran 50-59 persen.

Terakhir grade yang paling bontot, kondisi mobil perlu mendapatkan perhatian khusus. Pada Grade E ini kendaraan sudah bisa dipastikan harus melakukan perbaikan besar. Jika dilihat dalam bentuk persentase maka untuk kondisi di grade E ini berada di bawah 50 persen.

3. Registrasi & beli Nomor Peserta Lelang (NPL)

Setelah mengetahui kondisi kualitas mobil lelang yang dilelang. Selanjutnya Anda bisa Isi data diri dan lakukan pembelian NPL secara online di website IBID. Untuk pembayaran NPL ini bisa melalui virtual account lelang IBID, mesin EDC di liket IBID atau menggunakan kartu kredit.

4. Pilih Jadwal Lelang Mobil Online yang Sedang Berlangsung

Kemudian pada tahap ini Anda dapat langsung memilih kendaraan yang diinginkan. Tenggat waktu lelang tertera pada bagian informasi kendaraan.

5. Ikuti Proses Lelang Mobil Online

Jika sudah berhasil menjadi peserta lelang online. Anda dapat langsung melakukan penawaran atau bidding secara online. Tawar harga kendaraan sesuai keinginan. Penawaran dengan cara klik tombol tawar di website. Kelipatan tawar mobil adalah Rp 500 ribu, untuk motor Rp 100 ribu, dan untuk gadget Rp 50 ribu. Apabila Anda ingin menawar lebih tinggi dari harga yang tertera, anda bisa edit harga tersebut lalu klik tawar lagi.

Nah jika Anda berhasil terpilih menjadi pemenang lelang. Selanjutnya Anda diwajibkan untuk melakukan pelunasan dalam tempo tiga hari setelah lelang. Setelah itu Anda bisa langsung mengambil objek lelang lengkap bersama dokumen yang disertakan hari yang sama dengan pelelangan.

Jika Anda kalah dalam pelelangan, uang jaminan dari pembelian NPL yang telah disetorkan sebelumnya akan dikembalikan langsung sehari setelah Anda melakukan pelaksanaan lelang. Atau bisa juga dialihkan untuk objek lelang lainnya.

6. Pelunasan dan Pengembalian Biaya

Jika peserta lelang berhasil memenangkan lelang IBID. Pelunasan sisa pembayarannya harus dilakukan selambat-lambatnya lima hari kerja setelah lelang dilakukan. Namun jika peserta kalah lelang IBID, biaya pembelian NPL akan dikembalikan sepenuhnya ke nomor rekening yang terdaftar paling lambat tiga hari setelah lelang.

7. Ambil Kendaraan

Bagi peserta pemenang lelang IBID bisa langsung melakukan pelunasan yang selambat-lambatnya 5 hari kerja setelah lelang. 

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top