Balai Lelang Andalkan Pelelangan Online di Tengah Pandemi Covid-19

01/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Pandemi virus corona atau covid-19 yang melanda Indonesia mengubah bagaimana cara orang bertransaksi. Salah satunya membeli mobil pelelangan online.

PT Balai Lelang Serasi (IBID Lelang) ikut merasakan dampak dari virus corona atau covid-19 yang melanda di Indonesia. Meski tengah menghadapi lesunya transaksi, pelelangan online menjadi salah satu solusi di tengah pandemi virus corona ini. 

Gambar menunjukan Pelelangan online

Kini pelelangan mobil hanya bisa dilakukan secara online

>>> Dealer Mobil di Italia Telah Diizinkan untuk Beroperasi Kembali

Pesiden Director  IBID Lelang, Daddy Doxa mengatakan kepada Cintamobil.com Kamis (4/30/2020), meski sudah tidak bisa melakukan pelelangan secara langsung pihaknya masih bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19 dengan melakukan pelelangan online. 

“Sejak ramainya corona ini pada bulan Maret, Pemerintah membuat aturan pembatasan-pembatasan, namun belum sampai PSBB. Karena kita ini merupakan bagian dari Astra jadi kita sudah mempunyai arahan yang jelas, akhirnya kita memutuskan sejak Minggu ketiga di bulan Maret lelang tidak bisa lagi dilakukan di lokasi jadi kita buat secara online.” jelas Daddy kepada Cintamobil.com.

>>> Bisnis Rental Mobil Jelang Lebaran Menjerit karena Wabah Corona

Gambar menunjukan Pelelangan mobil

Aturan PSBB mengatur pelarangan berkumpulnya orang-orang pada suatu tempat

Daddy menambahkan bahwa IBID Lelang mengikuti himbauan pemerintah selama PSBB guna memutus penyebaran virus covid-19. Pelelangan secara langsung di tempat digatikan dengan pelelangan online.

"Kita mengikuti anjuran pemerintah selama PSBB ini tidak boleh mengumpulkan banyak orang. Seperti yang sudah kita ketahui, IBID Lelang setiap pelelangan dihadiri 100 hingga 200 orang. Sekarang kantor kita tutup, kalau mau ikut lelang sekarang harus lewat aplikasi, melakukan penawaran sekarang lewat online tidak bisa lagi datang secara langsung." sambungnya.

>>> All New Audi Q3 2020 Bisa Dibeli Lewat Online

Dengan situasi seperti ini IBID Lelang juga mengaku belum bisa memikirkan target profit. Bisa membayarkan upah karyawan menjadi hal yang realistis. "Kita bertahan aja dengan situasi seperti ini, minimal bisa membayarkan upah karyawan. Kita belum bisa memikirkan profit dengan kondisi seperti ini." tutupnya.

Bagi Anda yang berminat mengikuti pelelangan online bisa masuk ke web Ibid.astra atau download aplikasi Ibid di Google Play Store, kemudian melakukan registrasi, setelah itu melengkapi data-data yang dibutuhkan. 

Jika sudah selesai diwajibkan membeli nomor peserta lelang secara online, selanjutnya tinggal memilih unit kendaraan yang ingin dibeli dengan melakukan penawaran bersaing dengan penawar lainnya. Setelah memenangkan penawaran invoice akan langsung dikirimkan melalui email dan pelunasan dilakukan secara transfer. Setelahnya tinggal mengatur kapan unitnya akan diambil.

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya ada di sini

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top