Radford Type 62-2 John Player Special Tampilkan Livery Ikonik Dari F1

14/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Sukses meluncurkan Type 62-2 versi Classic dan Gold Leaf, kini Radford meluncurkan Type 62-2 John Player Special dengan livery ikonik mobil F1 milik tim Lotus.

Radford baru-baru ini memperkenalkan varian terbaru dari Type 62-2 bertajuk John Player Special (JPS) dengan menggunakan livery mobil F1 milik tim Lotus yang dulu dikendarai oleh duo pebalap legendaris, Emerson Fittipaldi dan Ayrton Senna.

Perusahaan ini didirikan oleh juara dunia Formula 1 tahun 2009, Jenson Button, sehingga tak mengejutkan jika mobil yang menggunakan platform Lotus ini akan mengambil inspirasi dari sejarah motorsport yang membesarkan namanya.

Hanya Diproduksi 12 Unit

Radford Type 62-2 didesain untuk menciptakan kembali pengalaman mengemudi mobil Le Mans di tahun 1970-an bagi para petrolhead yang berkantung tebal. Pasalnya, mobil ini ditawarkan mulai dari harga $ 400.000 atau setara Rp 5,7 miliar.

>>> Radford 62-2, Mobil Retro Karya Perusahaan Milik Mantan Pebalap F1

Gambar Radford Type 62-2 John Player Special

Tampil bak mobil Le Mans dengan livery mobil F1

Khusus untuk versi John Player Special (JPS), hanya ada 12 unit yang tersedia untuk dibeli oleh para kolektor. Sedangkan versi Classic dan Gold Leaf hanya diproduksi sebanyak 62 unit.

"Type 62-2 John Player Special adalah versi paling ekstrim yang bisa dibeli dengan uang. Mobil ini ceper, ramping, bertenaga, dan menampilkan salah satu livery balap paling ikonik," ungkap Jenson Button, salah satu pemilik dan pendiri Radford.

Button juga mengungkapkan bahwa melihat mobil F1 dengan livery ini dikendarai oleh Emerson Fitipaldi dan Ayrton Senna, membuatnya bermimpi untuk menjadi pebalap F1 suatu hari nanti. Dan seperti yang kita tahu, mantan pebalap asal Inggris ini bahkan meraih gelar juara dunia bersama Brawn GP di tahun 2009.

Spesifikasi Bak Supercar Modern

Gambar Radford Type 62-2

Radford Type 62-2 menggunakan platform Lotus dengan mesin Toyota

Meski memiliki tampilan klasik, Radford Type 62-2 JPS mengusung powertrain dan sasis kekinian bak Supercar modern. Mobil ini duduk di atas sasis aluminium yang dikembangkan oleh Lotus, dengan mesin V6 3.5 liter supercharged yang menghasilkan tenaga hingga 600 HP.

>>> Mengenal Halo, Perangkat Yang Menyelamatkan Nyawa Lewis Hamilton

Untuk menghentikkan laju mobil kencang ini, Radford Type 62-2 JPS dibekali dengan rem Monobloc lansiran AP Racing dengan rotor berukuran 360 mm berbahan karbon-keramik.

Masih dari sektor kaki-kaki, rem besar tersebut dikelilingi velg serat karbon dari Dymag berukuran 18 inci di depan dan 19 inci di belakang. Velg super ringan ini dibalut ban Michelin Pilot Sport Cup 2.

Gambar Velg Dymag

Velg Dymag dan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 menjanjikan pengendalian bak mobil balap

Bodywork juga lebih ekstrim pada model JPS dibanding versi Classic dan Gold Leaf. Dengan splitter lebih menonjol, intake yang lebih besar, dan diffuser yang memanjang ke belakang memberikan model ini tampilan yang lebih ekstrim.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top