Radford 62-2, Mobil Retro Karya Perusahaan Milik Mantan Pebalap F1

09/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Radford 62-2, Mobil Retro Karya Perusahaan Milik Mantan Pebalap F1
Perusahaan yang berfokus pada rekreasi mobil klasik, Radford meluncurkan mobil terbaru mereka. Terinspirasi pada Lotus Type 62, 62-2 tampil bak mobil balap.

Mobil yang diberi nama Type 62-2 ini dikembangkan oleh Radford yang berbasis di Amerika Serikat. Perusahaan karoseri yang berfokus pada rekreasi mobil klasik ini digawangi oleh mantan juara dunia Formula 1 Jenson Button, desainer Mark Stubbs, dan penyiar Ant Anstead.

Sesuai namanya, Type 62-2 terinspirasi oleh Lotus Type 62, mobil balap yang dibuat pada akhir tahun 1960-an. Mobil yang hanya diproduksi 2 unit ini sempat menjuarai BOAC 500 di Sirkuit Brands Hatch pada tahun 1969 dan meraih juara ketiga pada ajang Tourist Trophy di tahun yang sama.

Dibuat Semirip Aslinya

Gambar Lotus Type 62

Lotus Type 62 yang menjadi inspirasi Radford

Meski terpaut usia lebih dari 50 tahun, Radford 62-2 akan dibuat semirip mungkin dengan Type 62, dengan tinggi 1133 mm dari permukaan tanah, lengkungan roda yang lebar, serta lubang udara di bagian samping.

>>> Land Rover Defender Garapan Bowler Ini Siap Turun Balap Reli

Ditawarkan dalam 2 tipe, yaitu 'Classic' dan 'Gold Leaf', keduanya akan digerakkan oleh mesin V6 supercharged 3,5 liter yang dipinjam dari Toyota, sama seperti yang digunakan Lotus Emira. Calon pembeli dapat memilih transmisi manual 6-percepatan atau dual clutch 7-percepatan.

Radford Type 62-2 tipe Classic menghasilkan tenaga 430 HP, dengan rasio power-to-weight yang diklaim sekitar 1:1. Sementara tipe Gold Leaf mendapatkan peningkatan pada piston, con-rod, camshafts, dan pemetaan elektronik, yang dapat menghasilkan output tenaga sekitar 500 HP.

Gambar Radford 62-2

Radford Type 62-2 Gold Leaf akan mengusung livery yang ikonik dari Lotus

Radford Type 62-2 Gold Leaf juga mendapatkan isyarat desain yang terinspirasi oleh livery mobil balap dan ducktail mungil di bagian belakang mobil.

Mobil ini juga dibekali dengan opsi limited slip differential jika calon pembeli memilih transmisi dual clutch, serta sistem ABS canggih dan kontrol traksi. Tipe Classic akan dilengkapi dengan velg depan 17 inci dan belakang 18 inci, sedangkan tipe Gold Leaf menggunakan velg 18 inci di depan dan 19 inci di belakang.

>>> Lotus Emira, Sports Car Terakhir Lotus Bermesin Konvensional

Semua Type 62-2 dibuat dengan sasis aluminium, suspensi coilover yang dapat disetel empat arah, dan sistem nose lift hidraulik opsional bagi pemilik mobil yang harus mengendarai mobil di jalanan yang tidak mulus.

Membawa Pengalaman Mengemudi Mobil Le Mans ke Jalan Raya

Gambar Radford 62-2

Radford Type 62-2, sensasi dan pengalaman mengendarai mobil Le Mans ke jalan raya

Salah satu pendiri Radford, mantan pebalap dan juara dunia F1 Jenson Button mengatakan bahwa membangun mobil ini merupakan sebuah tantangan yang besar.

"Menciptakan mobil yang mewah sekaligus nyaman, serta asyik untuk untuk dikendarai adalah tantangan berat. Tetapi Radford pertama di era modern berhasil mencapainya. Type 62-2 adalah mobil pengemudi di jantungnya. Jika dilihat dari desainnya, terlihat seperti mobil Le Mans tahun 70-an," ungkap Button.

Pengalaman mengemudikan mobil Le Mans ini Anda dapatkan saat duduk di belakang kemudi dan melihat melalui kaca depan melengkung. Anda dapat melihat lengkungan roda depan yang ikonik dari sebuah mobil Le Mans, sesuatu yang tidak Anda alami di mobil jalanan hari ini.

>>> Rayakan 25 Tahun Manthey Racing, Porsche Luncurkan 911 GT2 RS Spesial

"Dengan pusat gravitasi yang begitu rendah, bodi mobil yang stabil, serta sasis yang menunjukkan semua keunggulan mobil balap yang ditata dengan indah untuk jalan raya. Memberikan kepercayaan diri tertinggi bagi pengemudi untuk mendapatkan kenikmatan maksimal di setiap perjalanan," ujar Button dalam menggambarkan Type 62-2.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli mobil ini, sayangnya Radford masih belum membuka banderol untuk Type 62-2. Namun, sudah pasti harga mobil ini akan menguras kantong Anda.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top