Perakit iPhone Kenalkan Lini Produk Mobil Listrik

20/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Perusahaan perakit iPhone, Foxconn memperkenalkan lini produk mobil listrik mereka. Di ajang Hon Hai Tech Day mereka mengungkap tiga mobil yang akan dipasarkan.

Tiga mobil prototipe tersebut bernama Model C, Model E, dan Model T. Kami tidak akan kaget jika suatu saat Tesla akan mempermasalahkan nomenklatur tersebut. Apalagi, Foxconn akan menantang pabrikan mobil milik Elon Musk tersebut di pasar mobil listrik paling potensial saat ini, Tiongkok.

Foxconn adalah perusahaan asal Taiwan yang dikenal sebagai perakit gawai milik Apple, iPhone. Kini, mereka akan masuk ke pasar produk yang prospeknya cukup cerah di masa depan dengan peralihan elektrifikasi mobilitas yang sedang terjadi.

Siap Bersaing dengan Tesla

Tak tanggung-tanggung, mereka mengungkap dua mobil prototipe sekaligus dalam ajang Hon Hai Tech Day di Taiwan. Model C sebagai SUV listrik dan Model E sebagai sedan sport listrik. Keduanya akan membawa emblem Foxtron sebagai nama brand resmi mereka.

>>> Peralihan ke Mobil Listrik Diharapkan Alami, Seperti Manual ke Matik

Gambar Foxtron Model C

Tampilan Foxtron Model C

Mari kita bahas dari Model C yang nampaknya akan menjadi mobil yang paling terjangkau di antara ketiganya. Mobil ini memiliki panjang 4.640 mm dengan wheelbase 2.860 mm, dan menawarkan kapasitas penumpang 5+2 dan ruang kargo yang melimpah.

Dengan drag coefficient 0,27 mobil ini mampu berakselerasi dari 0 - 100 km/jam dalam waktu 3,8 detik. Raihan itu sama persis dengan sebuah Mercedes-AMG GLC 63 S. Untuk jangkauannya, Model C diklaim dapat menempuh jarak hingga 700 kilometer dalam sekali pengisian daya. Angka-angka yang cukup impresif.

Berlanjut ke Model E, mobil listrik ini dikembangkan oleh Foxconn bersama dengan desainer kenamaan dari Italia, Pininfarina. Model ini akan menjadi varian flagship yang akan bersaing dengan Tesla Model S atau Porsche Taycan.

Gambar Foxtron Model E

Foxtron Model E akan menjadi model flagship yang bersaing dengan Tesla Model S

Pabrikan asal Taiwan ini menyebut bahwa Foxtron Model E akan menawarkan fungsionalitas bak kantor berjalan di kabin bagian belakang dan memiliki teknologi pintar seperti face recognition dan smart windows.

>>> Mobil Listrik VinFast Tantang Honda CR-V, Siap Rilis di Amerika

Mobil ini diklaim mampu meletupkan tenaga hingga 750 HP dengan kemampuan berakselerasi 0 - 100 km.jam dalam 2,8 detik saja. Sedangkan jarak tempuhnya diklaim hingga 750 kilometer.

Ada Bus Pintar Juga

Gambar Foxtron Model T

Bus listrik mereka juga tak kalah menarik

Selain kedua mobil di atas, Foxtron juga memperkenalkan bus pintar bermotor listrik yang bernama Model T. Bus perkotaan ini diposisikan sebagai sebagai solusi transportasi massal yang pintar.

Model T telah menyelesaikan uji ketahanan akselerasi sepanjang 200.000 km dan lebih dari 1.000 jam uji kekuatan demi memastikan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Dalam hal konsumsi energi dan daya tahan, baterai Model T dapat menahan suhu hingga 400 derajat, dengan jangkauan lebih dari 400 kilometer. Dalam kondisi beban penuh, kapasitas pendakian maksimum dapat mencapai 25%, dan kecepatan maksimum dapat mencapai 120 kilometer per jam.

>>> Simak harga dan promo mobil terbaru dari Cintamobil.com di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top