Mobil Listrik VinFast Tantang Honda CR-V, Siap Rilis di Amerika

15/10/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
VinFast secara resmi merilis mobil listrik terbaru, VinFast e35 dan e36 yang rencananya akan diperkenalkan secara global di ajang Los Angeles Auto Show 2021.

Perusahaan mobil Vietnam, VinFast, memperkenalkan dua mobil listrik baru secara virtual hari ini (15/10/2021). VinFast mengungkapkan bahwa VinFast e35 dan e36 akan diperkenalkan secara global pada pameran Los Angeles Auto Show yang dijadwalkan berlangsung pada 17 November mendatang.

Dua model baru

Dua mobil baru VinFast e35 dan e36 merupakan model yang lebih besar dari VinFast e35 yang baru diluncurkan di Vietnam awal tahun ini. e35 nantinya akan berhadapan dengan Honda CR-V, sedangkan e36 nantinya akan menjadi SUV premium yang siap menyaingi BMW X7.

mobil listrik baru VinFast e35
Model baru VinFast e35 yang baru diperkenalkan

VinFast juga mengkonfirmasi bahwa mobil ini akan menggunakan sistem infotainment pintar dengan kontrol suara bernama Virtual Assistant, termasuk memberikan kepraktisan layanan pembayaran di dalam mobil. Di dalam, perbedaan e35 dan e36 terletak pada model head unitnya. Dimana e35 menggunakan head unit bergaya landscape, sedang e36 mengambil gaya portrait layaknya Tesla.

>>> Segera Launching, Ini Spesifikasi 3 SUV Listrik Vinfast

head unit VinFast e35 berwarna cokelat
Perbedaan pada bagian dalam terlihat dari tampilan head unit

Tak ketinggalan sistem bantuan pengemudi canggih, seperti Lane Centring Assist, Collision Warning, Driver Monitoring, hingga parkir otomatis. Perusahaan menjelaskan bahwa fitur ini dikembangkan melalui investasi strategis, penelitian dan kolaborasi global dengan pemimpin industri otomotif yang berafiliasi dengan VinFast dan perusahaan induk mereka, Vingroup.

“Kami telah melakukan investasi yang kuat dan melakukan riset pasar yang ekstensif untuk menciptakan EV premium yang akan memuaskan keinginan pelanggan global,” jelas Wakil Ketua Vingroup, Le Thi Thu Thuy. “Ini baru permulaan. Kami berharap dapat memikat hati dan imajinasi bahkan pelanggan yang paling menuntut sekalipun dengan layanan khusus VinFast dan produk cerdas berkualitas tinggi.”

>>> Mobnas Vietnam Siapkan Mobil Listrik Ekspansi ke Eropa, Esemka Gimana?

Akan dijual secara global

Sebelumnya disebutkan bahwa VinFast e35 dan e36 akan menawarkan motor listrik ganda untuk mengalirkan tenaga 402 hp dan torsi 640 Nm ke semua roda. VinFast e36 mendapatkan unit baterai listrik lithium-ion 106 kWh yang menawarkan jangkauan hingga 550 kilometer. Sedangkan e35 mendapatkan baterai berkapasitas 90 kWh.

SUV listrik VinFast e35 yang sedang dicharge
Mobil ini menggunakan baterai 106 kWh dan 90 kWh

Mobil ini nantinya akan diproduksi di pabrik VinFast yang berada di Amerika dengan pre-order dimulai pada paruh pertama 2022. Dengan rencana pemerintah untuk meningkatkan penggunaan mobil listrik, tak menutup kemungkinan VinFast bisa membawa e35 maupun e36 ke Indonesia nantinya.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top