Pakai Mesin Baru, Ini Kelebihan Mazda CX-3 1.5L Sport dari Rivalnya

29/03/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Pakai Mesin Baru, Ini Kelebihan Mazda CX-3 1.5L Sport dari Rivalnya
Diperkenalkan secara virtual, intip berbagai kelebihan Mazda CX-3 Sport 1.5L yang menawarkan beragam fitur serta mesin baru untuk menantang sang rival.

PT Eurokars Motors Indonesia (EMI) membuka tahun 2021 dengan sangat agresif. Setelah sebelumnya memperkenalkan edisi penyegaran Mazda 6, Mazda CX-5 dan Mazda CX-9, kali ini ada Mazda CX-3 Sport 1.5L yang melengkapi model SUV Mazda di Indonesia. Dengan persaingan yang semakin berat, apa saja kelebihan Mazda CX-3 yang diberikan saat ini?

Fitur yang lebih lengkap

Model anyar dengan mesin baru ini memiliki berbagai perubahan dengan edisi sebelumnya, mulai dari warna Polymetal Grey Metallic baru, velg 18 inci dengan finishing Gunmetal, desain font dan tampilan key fob yang lebih dinamis. Mazda juga memberikan desain struktur jok baru yang tentu saja meningkatkan kenyamanan berkendara penghuni kabin.

tampilan warna velg baru Mazda CX-3 berwarna gunmetal
Desain velg dengan finishing baru membawa kesan maskulin pada mobil ini

Masuk ke dalam kabin, head unit 7.0 inci dengan Mazda Connect sudah mendapatkan sistem nirkabel, memberikan kemudahan konektivitas dengan smartphone Anda. Anda bisa menemukan fitur Active Driving Display terpampang di belakang kemudi. Fitur ini merupakan layar mungil yang memberikan berbagai informasi berkendara yang bisa Anda atur, seperti sistem navigasi dan kecepatan berkendara.

kelebihan Mazda CX-3 dengan fitur Active Driving Display
Ada fitur Active Driving Display untuk kenyamanan berkendara

Kelebihan Mazda CX-3 terlihat pada fitur keselamatan yang mumpuni. Selain 6 airbag yang tersebar di dalam kabin, yang terbaru dari CX-3 1.5L termasuk Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert yang memberikan peringatan ketika ada kendaraan atau obyek lain yang melintas di belakang mobil.

>>> Mazda CX-5 dan Mazda CX-9 Terbaru Dirilis, Diklaim Lebih Irit BBM

Kemunculan mesin baru

Kelebihan Mazda CX-3 lainnya terdapat pada mesin baru yang digunakan. Untuk menggaet segmen pasar yang lebih luas, mobil ini membawa mesin yang lebih kecil, yaitu 1.5L yang sama dengan model hatchback Mazda2. Pihak EMI sendiri menyebutkan spesifikasinya masih sama, meski memiliki perbedaan dalam hal alternator yang digunakan.

mesin Mazda2 berwarna hitam
Mesin 1.5L yang digunakan diambil dari hatchback Mazda2

Sedangkan dalam hal performa, CX-3 1.5L Sport mampu mengeluarkan tenaga hingga 111 PS serta torsi puncak 144 Nm. Disandingkan dengan transmisi 6-percepatan SkyActiv-Drive. Meski memiliki mesin yang lebih kecil, mobil ini tetap menggunakan sistem G-Vectoring Plus khas Mazda, memberikan kenyamanan yang lebih baik ketika mobil dibawa berbelok.

Walaupun dalam hal tenaga berkurang dibandingkan mesin 2.0L, penggunaan mesin yang lebih kecil tentu saja mempengaruhi pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Sayangnya belum ada catatan resmi tentang konsumsi bahan bakar Mazda CX-3 1.5L di Indonesia.

>>> All New Mazda 6 ELITE Sedan dan Estate Kini Makin Sempurna

Mesin 2.0L masih dipertahankan

Meski menawarkan dua model baru, PT EMI ternyata masih memasarkan model lama. Yaitu varian Mazda CX-3 2.0L Pro yang tetap dipertahankan. Bukannya tanpa perubahan, model lama ini mendapatkan fitur sunroof baru yang membawakan kesan lega pada ruang kabin. Termasuk dengan fitur auto-headlamp, auto wiper, hingga auto dimming mirror.

peluncuran Mazda CX-3 1.5L Sport secara virtual
Peluncuran Mazda CX-3 1.5L Sport dilakukan secara virtual

Sedangkan dibandingkan model baru CX-3 Sport 1.5L, perbedaannya terletak pada penggunaan kulit Red Nappa pada jok mobil. Untuk pilihan mesin, pihak EMI sendiri menyebutkan tak ada perubahan dibandingkan model sebelumnya. Masih menggunakan mesin SkyActiv-G 2.0L bertenaga maksimal 149 PS dan torsi 195 Nm.

Harga Mazda CX-3 1.5L Sport dibanderol mulai dari Rp 339,9 jutaan, sedangkan harga Mazda CX-3 2.0L Pro bisa didapatkan dengan harga Rp 454,4 jutaan. Memang sedikit lebih tinggi dibandingkan Honda HR-V yang menjadi pesaingnya. Namun tentu saja kelengkapan fitur dan kenyamanan berkendara bisa memberikan alternatif baru untuk konsumen di Tanah Air.

>>> Review Mazda CX-3 PRO 2020: Trim CX-3 Paling Rasional

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top