Review Mazda CX-3 PRO 2020: Trim CX-3 Paling Rasional

20/01/2021

Share this post:

Mazda CX-3 2020

Editor rate:

Rp. 445.800.000

Harga mobil CX-3 terbaru & Promosi Lihat promo

Mazda CX-3 cukup diterima pasar lokal, makanya CX-3 punya pilihan tipe paling banyak di antara Mazda lainnya, dan menurut kami trim PRO ini paling masuk akal

Review Mazda CX-3 PRO 2020: Trim CX-3 Paling Rasional
Review Mazda CX-3 PRO 2020: Trim CX-3 Paling Rasional
0 Gambar

Pengantar Mazda CX-3 2020

Mari kita simak spesifikasi Mazda CX-3 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesin dan konsumsi BBM

Fun to drive

Fitur lengkap

Kekurangan

Kabin belakang dan bagasi sempit

Cruise control belum adaptive

Pilihan warna terbatas

Sejak diluncurkan di Indonesia tahun 2017, Mazda CX-3 langsung mencuri perhatian konsumen. Maklum saja, kelas yang dibidik PT Eurokars Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Mazda di Tanah Air ini cukup gemuk. Para pesaing di kelas ini juga banyak, mulai Hyundai KONA, Suzuki SX-4 S-Cross, hingga sang pemimpin pasar yakni Honda HR-V. Di antara sekian banyak trim di CX-3, menurut kami Mazda CX-3 PRO 2020 ini paling pas untuk dimiliki.

Foto stoplamp dan embelm Mazda CX-3 PRO 2020

Benarkah tipe ini lebih menarik dimiliki?

Mazda Indonesia tahu benar sambutan yang cukup antusias di pasar mobil Indonesia ini. Makanya CX-3 menjadi satu-satunya model yang dijual di Indonesia yang memiliki pilihan trim paling banyak. Dari mulai tipe SPORT sebagai yang paling murah, di atasnya ada tipe TOURING, lalu ada trim PRO yang akan kita bahas kali ini, serta GT (Grand Touring) sebagai top of the line. So, seberapa menarik Mazda CX-3 paling rasional ini? Simak review Mazda CX-3 PRO 2020 sampai tuntas.

Eksterior Mazda CX-3 2020

Review Mazda CX-3 PRO 2020: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Mazda CX-3 PRO 2020

KODO Design sangat kental di produk Mazda ini

Review Mazda CX-3 PRO 2020 kita mulai dari bagian depan. Para desainer Mazda berani membuat sebuah SUV dengan desain bercita rasa seni tinggi, sekaligus mempertegas makna desain Kodo-Soul of Motion yang selalu diagungkan Mazda pada portofolio mobil baru Mazda saat ini. Tak terkecuali di Mazda CX-3 ini. Kami rasa tak ada komplain mengenai desainnya, sebab ia memang menjadi salah satu yang paling cantik di antara para rivalnya.

Foto headlamp Mazda CX-3 PRO 2020

Lampu pintar ini mampu mengikuti arah belokan setir

Adaptive LED (Light Emitting Diode) Headlights dengan daytime running light mengitari area projector di SUV kompak Mazda ini, tak ketinggalan LED foglamp di area bumper bawah. Lampu utama ini pun sudah diperhitungkan dari segi safety, khususnya bagi pengguna kendaraan lain. Sebab ia sudah dilengkapi Adaptive Front Lighting System, yang memungkinkan Anda mendapat pencahayaan lebih baik saat mobil menikung.

Review Mazda CX-3 PRO 2020: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Mazda CX-3 PRO 2020

Siluet sampingnya seakan mengalir sempurna dari depan hingga belakang

Beralih ke bagian samping, nafas desain KODO khas Mazda terus terpancar. Tampilannya terkesan atletis dan maskulin berkat garis lekuk bodi desain yang dibentuk dari garis headlight hingga taillight. Area pilar A juga dibuat lebih landai di belakang posisi as roda depan guna memperbaiki sektor aerodinamika serta memberikan efek sporty, kap mesin juga dibuat seolah terlihat memanjang memperkuat kesan kokoh.

Foto handle pintu Mazda CX-3 PRO 2020

Masuk ke mobil lebih mudah dengan adanya passive keyless entry

Tak lupa body cladding di sekujur bodi juga mempertegas kesan kokoh seperti khasnya sebuah crossover. Untuk velg Mazda CX-3 PRO 2020 ini tak seperti trim di atasnya yang menggunakan warna two tone polished. Ia menggunakan velg single tone yang mengkilat, meski demikian diameter keempat velg masih sama yakni 18 inci bergaya 10-spoke. Itu memberikan kesan mewah dan serasi dengan aksen silver yang menghiasi side-skirt.

Review Mazda CX-3 PRO 2020: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Mazda CX-3 PRO 2020

Aura sporty dan sensual kental di bagian buritan

Karakter sensual sekaligus kokoh juga terus dipertahankan desainer Mazda CX-3 ini saat membuat desain buritan mobil ini. Soal pencahayaan, stoplamp Mazda CX-3 PRO 2020 ini menggunakan bohlam jenis LED, dan juga terdapat high mount stop lamp pada spoilernya. O ya, penggunaan knalpot ganda di bawah bumper ini bukan hiasan semata, namun ia juga seakan dengan sopan menunjukkan performa mobil ini yang paling menyalak di kelasnya.

Foto stoplamp Mazda CX-3 PRO 2020

Lampu ini terlihat cantik saat menyala di malam hari

>>> Baca juga review mobil Mazda lainnya di sini:


Interior Mazda CX-3 2020

Review Mazda CX-3 PRO 2020: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Mazda CX-3 PRO 202

Kelir baru membuat aura kabin terasa berbeda

Masuk ke interior Mazda CX-3 PRO 2020 ini langsung terasa aura mewahnya. Kini SUV kompak yang didatangkan bulat-bulat dari Jepang ini sudah mendapat warna interior baru dan pakai lapisan kulit Nappa serta terdapat banyak material soft touch serta beberapa aksen brushed chrome. Selebihnya seperti layar sentuh 7-inci bergaya floating sudah mendapatkan teknologi Mazda Connect masih sama dengan tipe di atasnya.

Review Mazda CX-3 PRO 2020: Kursi

Foto electric seat Mazda CX-3 PRO 2020

Posisi duduk ergonomis juga didukung dengan pengaturan setir tilt and telescopic

Satu hal yang tidak akan Anda temui pada rival-rival Mazda CX-3 PRO 2020 ini, adalah posisi duduk pengemudinya yang sangat egronomis. Tak hanya itu posisi duduk pengemudi pada SUV B-Segment lansiran Mazda ini bisa diatur secara elektris dan bikin ketagihan kami nyetir. Kami merasa rileks, dapat bereaksi dengan cepat dan cekatan, serta tidak mudah merasa lelah dibandingkan dengan rivalnya. Dan di tipe paling rasional ini tentu bukan suatu pengecualian.

Foto kursi belakang Mazda CX-3 PRO 2020

Duduk di belakang juga tak seluas rivalnya

Meskipun lima penumpang termasuk pengemudi di Mazda CX-3 ini dapat duduk dengan nyaman dan aman berkat penerapan seatbelt 3-titik di semua kursi serta headrest yang proper karena bisa diatur naik-turun. Sayangnya dibandingkan dengan rival di kelasnya, legroom, dan headroom mobil ini menjadi yang paling tidak luas di kelasnya. Ini membuat penumpang yang duduk di kursi belakang merasa kurang nyaman saat perjalanan jauh.

Review Mazda CX-3 PRO 2020: Sunroof

Foto sunroof Mazda CX-3 PRO 2020

Fitur ini tetap dilengakapi sunroof

Salah satu fitur di interior pada CX-3 tipe PRO ini adalah salah satu yang mendasari kami merekomendasikan trim PRO ini untuk Anda. Karena, dengan harga yang tidak semahal tipe GT, Anda bisa tetap bisa menikmati fitur sliding and tilt di sunroof ini. Anda yang memiliki anak-anak juga pasti suka dengan fitur kaca di atap ini, sebab bisa dibuka untuk sekadar menikmati udara segar di luar kabin.

Review Mazda CX-3 PRO 2020: Bagasi

Foto bagasi Mazda CX-3 PRO 2020

Bagasi tak seluas rivalnya

Tak bisa dipungkiri, dimensinya yang kompak ternyata berpengaruh besar pada kapasitas bagasinya. Seperti yang bisa Anda lihat di foto, ruang penyimpanan di bagian belakang ini tak terlalu lapang. Belum lagi jika kursi belakang diatur cukup rebah guna menambah kenyamanan penumpang dalam perjalanan jauh. Beruntung, ruang bagasi belakang ini bisa ditambah dengan cara merebahkan kursi baris kedua yang bisa dilakukan dengan konfigurasi 60:40.

>>> Cek juga berita terbaru seputar mobil Mazda:

Fitur Mazda CX-3 2020

Review Mazda CX-3 PRO 2020: Cruise Control

Foto cruise control Mazda CX-3 PRO 2020

Cruise control membuatnya lebih nikmat dikendarai di tol trans jawa

CX-3 PRO lansiran 2020 ini juga dilengkapi dengan fitur cruise control, meskipun belum adaptive seperti model Mazda yang lebih mahal.Tapi fitur ini cukup membantu saat Anda harus melaju di jalan bebas hambatan. Dengan mengaktifkan fitur cruise control ini, maka ECU (Electronic Control Unit) akan memerintahkan TPS (Throttle Position Sensor) untuk membuka di derajat tertentu untuk menahan laju kendaraan di kecepatan yang sudah ditentukan.

Review Mazda CX-3 PRO 2020: Driving Mode

Foto driving mode Mazda CX-3 PRO 2020

Aktifkan mode SPORT untuk pengendaraan yang lebih sporty

Terdapat dua mode pengendaraan yang ditawarkan oleh Mazda CX-3 PRO 2020 ini. Yakni NORMAL dan SPORT. Mode NORMAL akan membuat pengendaraan lebih tenang dan hemat dalam penggunaan BBM, sementara ketika mode SPORT diaktifkan respon mesin jadi lebih galak, begitu juga dengan transmisi yang berpindah gigi lebih sigap. Bobot setir juga agak dibuat berat demi menambah rasa mantab saat berkendara.

Review Mazda CX-3 PRO 2020: In-Car Entertaiment System

Foto In-Car Entertaiment System Mazda CX-3 PRO 2020

Smartphone bisa terhubung secara nirkabel ke sistem audionya

CX-3 PRO ini telah memiliki sistem infotainment tersendiri bernama MZD Connect. Sistem ini juga dapat berfungsi menampilkan segala informasi yang dibutuhkan oleh pengemudi. Informasi yang disajikan bisa dilihat dengan menggerakkan kenop controller yang terletak di belakang tuas transmisi. Sistem MZD Connect juga punya fitur navigasi, FM/AM Radio, DVD, pengaturan setting mobil, service reminder dan apps, serta dan bisa terkoneksi dengan smartphone via nirkabel.

Review Mazda CX-3 PRO 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Foto fitur keselamatan Mazda CX-3 PRO 2020

Fitur keselamatan sedikit dipangkas demi harga yang lebih terjangkau

Fitur keselamatan aktif pada Mazda CX-3 PRO 2020 ini tentunya tidak sebanyak trim GT yang memiliki tujuh buah fitur utama yang akan menjaga Anda dari petaka selama dijalan dengan mobil ini. Tapi jangan khawatir, fitur-fitur esensial tetap hadir di mobil ini. Seperti rem yang dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), dan BA (Brake Assist). Fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan i-STOP yang bisa menghemat BBM juga hadir di sini.

>>> Mazda SKYACTIV-X Pemecah Logika Mekanik

Operasi Mazda CX-3 2020

Foto mesin SKYACTIV-G Mazda CX-3 PRO 2020

Mesin SKYACTIV-G punya karakter overstroke

Bodi kompak Mazda disematkan mesin 4-silinder dengan kode SKYACTIV-G berkapasitas bersih 1,998 cc ini tergolong besar dibandingkan para rivalnya yang rata-rata menggunakan mesin berjumlah silinder kwartet dengan isi silinder antara 1.500 hingga 1.800 cc. Hal ini membuat mobil terasa effortless saat di jalankan. Tahun 2017 kami pernah coba akselerasi dari diam ke 100 km/jam ada di angka sekitar 9 detik. Luar biasa untuk mobil sekelasnya. 

Foto tuas transmisi Mazda CX-3 PRO 2020

Transmisi SKYACTIV®-Drive punya 6-Percepatan

Hebatnya performa itu juga diikuti oleh konsumsi BBM-nya yang tergolong irit. Saat berjalan di dalam kota ia mampu mencetak angka 13 kilometer per liter serta di rute tol ia dengan mudah mencatatkan angka di atas 16 kilometer untuk setiap liter BBM RON (Research Octane Number) 92 yang ia tenggak. Hal itu membuktikan figur tenaga dan torsi yang angkanya kami sediakan di boks spesifikasi itu diolah dengan baik oleh transmisi SKYACTIV®-Drive 6-Percepatan dan tersalur sempurna ke dua roda depan.

Foto ban dan velg Mazda CX-3 PRO 2020

Tenaga 149 PS (147,5 HP) dan torsi 195 NM tersalur ke dua roda depan

Sebagai informasi, mesin dengan blok berbahan aluminium ini juga pernah digunakan oleh Mazda CX-5 generasi pertama yang muncul di Indonesia pada tahun 2012. Mesin ini adalah mesin berkode SKYACTIV pertama yang dibuat Mazda. Kompresi rasio yang dipatok di angka 13,0:1 juga punya alasan tersendiri, peningkatan rasio kompresi ini dimaksudkan agar pembakaran jadi lebih bersih dan memperoleh efisiensi termal yang lebih tinggi. Kompresi yang sedemikian tinggi cukup pakai BBM RON 90 saja, hal itu dimungkinkan dengan bentuk kepala piston rancangan Mazda yang unik dan manajemen mesin yang canggih, membuatnya kapabel meminum BBM tersebut.

Spesifikasi Mazda CX-3 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Mazda CX-3 PRO 2020.

Mesin Mazda CX-3 PRO 2020
Seri mesin

 SKYACTIV-G 2.0L In-line 4 cylinder DOHC 16 valve

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

Rasio Kompresi

 13,0 : 1

Pasokan Bahan Bakar

 Direct Injection
Tenaga Maksimum

 147,5 HP (149 PS) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 195 NM @ 2.800 rpm

Kapasitas Silinder

 1,998 cc

Bore X Stroke

 83.5 mm x 91.2 mm

Tipe Transmisi

 SKYACTIV®-Drive 6-Percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Mazda CX-3 PRO 2020
Panjang X Lebar X Tinggi

 4.275 mm X 1.765 mm X 1.535 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.570 mm

Kapasitas Penumpang

 5 Penumpang

Ground Clearance

 160 mm

Radius Putar

 5,3 Meter
Track Roda Depan & Belakang

 1.525 mm & 1.520 mm

Kapasitas Tangki

 48 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Mazda CX-3 PRO 2020
Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Torsion Beam Axle

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Solid Disc Brake

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 SKYACTIV® Chassis

Struktur Sasis

 Monokok, SUV B-Segment

Pelek

 Alloy, 18 inch

Jenis Ban

 Toyo Proxes, 215/50R18

Daftar Harga Mazda CX-3 2020

Foto ilustrasi harga Mazda CX-3 PRO 2020

Anda bisa menghemat Rp 18,6 juta bila memilih tipe ini

Tipe PRO yang kami bilang paling masuk akal untuk dimiliki ini dibanderol Rp 445.800.000. Coba bandingkan dengan trim GT yang mengharuskan Anda merogoh kocek lebih dalam karena harganya yang berada di angka Rp 464.400.000. Tapi bila Anda menganggap mobil sekelas Honda HR-V dan Suzuki SX-4 ini kemahalan, Anda bisa membeli tipe SPORT sebagai trim entry level yang harganya hanya Rp 399.900.000.

Kesimpulan Mazda CX-3 2020

Foto kesimpulan review Mazda CX-3 PRO 2020

CX-3 tipe PRO ini layak dimiliki karena...

Tak salah rasanya jika kami menobatkan Mazda CX-3 tipe PRO ini sebagai trim yang paling rasional dan layak untuk dimiliki. Sebab, dengan menghemat pengeluaran sebesar Rp 18.600.000 dan tetap mendapatkan fitur-fitur esensial seperti sunroof, headlamp adaptive, passive keyless entery, dan tampilan yang tak kalah mewah dari tipe GT. Belum lagi performa mobil yang baik membuat mobil ini membuai dan layak untuk jadi mobil harian.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top