Lebih Dekat Dengan Audi RS4 Avant 2021, Wagon Kencang Dari Ingolstadt

30/09/2021

Mobil baru

6 menit

Share this post:
Setelah vakum lebih dari 5 tahun, akhirnya Audi RS4 Avant kembali ke Indonesia. Dengan mesin 'mungil' V6 2,9 liter, apakah mobil ini tetap menarik untuk dibeli?

Nama Audi RS4 Avant di Indonesia memang tak sekondang rival-rival senegaranya seperti BMW M3 atau Mercedes-AMG C63. Padahal, mobil 'soccer moms' ini sangat populer di berbagai negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Mobil ini sempat menghilang di jajaran produk Audi di Indonesia. Terakhir kali kami melihat mobil ini di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2013 saat mejeng di booth Audi.

Gambar RS4

Mari mengenal mobil ini lebih dekat

Lantas, apa saja yang berubah dari mobil ini setelah 8 tahun 'menghilang' dari Tanah Air? Well, kini Audi RS4 Avant sudah memasuki generasi keempat (post-facelift) yang berkode B9.5, kini silinder mesinnya sudah hilang 2 (V8 menjadi V6), dan tampilannya tentu semakin dinamis.

Oke, tanpa menunggu waktu lebih lama, mari kita mengenal RS4 Avant lebih dekat melalui ulasan dari Cintamobil.com berikut ini.

>>> New Audi RS 4 Avant Mengaspal, Dijual Rp 2,8 Miliar

Eksterior Modern nan Sporty

Citra agresif berbalut modernitas hadir pada Audi RS4 Avant 2021. Tentu, banyak elemen desain dari A4 Avant yang menjadi platform. Fascia depan masih dihiasi dengan garis-garis tegas dan aksen heksagonal yang menjadi ciri khas Audi modern.

Gambar Fascia RS4 Avant

Tampilan fascia depan RS4 Avant

Grille single frame Audi yang besar bersanding dengan lampu utama berteknologi Matrix LED dengan bezel berwarna gelap dan aksen hitam di kesua sisi lampu.

Siluet mobil masih tetap terlihat atletis meski terlahir sebagai sebuah wagon yang lebih akrab dengan seorang family man atau soccer mom. Yang terpenting, mobil ini tetap terlihat tampan meski disandingkan dengan rival-rivalnya.

Gambar RS4 Avant

Lho, kok atapnya sampai belakang? Hehe

Di bagian belakang, tampak diffuser khas lini RS dengan pipa knalpot oval dan roof spoiler yang menegaskan kesan sporty dari RS4 Avant. Ini adalah pemandangan yang Anda lihat saat disalip dengan mudah oleh mobil ini di jalan tol.

Bicara soal dimensi, RS4 Avant memiliki panjang 4.781 mm, lebar 1.866 mm, dan tinggi 1.404 mm. Sedangkan sumbu rodanya berjarak 2.862 mm. Mobil ini dibekali opsi velg 19 atau 20 inci dengan desain yang beragam.

Masuk ke Interior, Anda Akan Merasa Seperti Orang Sukses

Masuk ke interior, kesan sporty Audi RS4 Avant semakin terasa. Anda disambut oleh interior serba hitam dan setir flat-bottom dengan paddle shift yang sangat menyenangkan untuk digenggam.

>>> 'Putus' dari Ford, Ken Block Gabung ke Audi untuk Bikin Mobil Listrik

Gambar Interior RS4 Avant

Tampilan interior RS4 Avant

Sekali duduk, Anda akan merasa jika Anda telah sukses di kehidupan sehingga layak untuk duduk di jok semi-bucket berbalut kulit milik RS4 Avant. Yang kami juga suka dari jok ini adalah aksen jahitan heksagonal yang senada dengan elemen desain eksteriornya.

Melihat ke sekitar kabin, jujur saja meski dimensinya cukup besar, kami tidak merasa lega di dalamnya. Ya memang mobil ini kan bukan MPV, tapi sedan yang 'dipanjangkan'. Di bagian konsol tengah, Anda akan menemukan layar Multi Media Interface yang sudah pasti jarang Anda perhatikan jika Anda menyetir mobil ini.

Gambar MMI RS4 Avant

Layar Multi Media Interface RS4 Avant

Tetapi, Anda bisa mengakses berbagai informasi dari layar itu seperti mode berkendara yang sedang digunakan, g-force saat sedang menikung, navigasi, suhu ban, dan masih banyak lagi.

Mobil ini punya konfigurasi 5 penumpang seperti mobil wagon pada umumnya. Di belakang, Anda akan mendapatkan ruang kargo sebesar 495 liter. Percaya tidak percaya, ukuran tersebut lebih besar dari mayoritas SUV Audi.

Gambar Bagasi RS4 Avant

Bagasi mobil ini bahkan lebih besar dari mayoritas SUV Audi

Mesin Lebih Kecil, Namun Dengan Dua Turbocharger

Memang sungguh disayangkan bahwa mesin V8 dari Audi RS4 Avant generasi sebelumnya harus dipensiunkan. Menurut kami, itu adalah salah satu mesin dengan suara paling merdu.

Tetapi, mesin tersebut kalah tenaga dibandingkan mesin V6 TFSI di generasi ini. Dengan kapasitas 2.894 cc, mesin ini dapat menghasilkan tenaga 444 HP di 5.500 hingga 6.500 rpm dengan torsi 600 Nm yang sudah tersedia dari 1.500 rpm. Benar-benar edan!

Gambar Mesin RS4 Avant

Mesin lebih kompak, tenaga lebih besar

Tenaga tersebut disalurkan ke empat roda (AWD) melalui transmisi tiptronic 8-percepatan. Akselerasi 0 - 100 km/jam, tuntas dalam 4,1 detik saja. Bagaimana dengan top speed? Sayangnya hanya dibatasi sampai 250 km/jam. Tetapi, jika Anda mengambil opsi Vorsprung, mobil ini bisa mencapai kecepatan 280 km/jam!

Dengan sistem quattro yang menggunakan diferensial Torsen tipe C, Audi RS4 Avant dapat mengatur kebutuhan torsi dengan bias hingga 70% di roda depan, dan 85% di roda belakang. Artinya, sistem All-Wheel Drive mobil ini sangat adaptif dengan kondisi jalan dan input dari pengemudi.

Sayangnya, kami belum cukup beruntung untuk mencoba mobil ini secara langsung. Tetapi, kami sempat menyalakan mobil ini dan menekan pedal gas beberapa kali. Nyatanya, mesin yang lebih kecil ini tetap mengunggah untuk terus digeber.

Oh iya, ini akan menjadi RS4 terakhir yang menggunakan mesin bensin konvensional karena Audi sudah mengkonfirmasi bahwa generasi selanjutnya akan menggunakan sistem Plug-in Hybrid.

Gambar Audi RS4 Avant

Jika Anda punya uang Rp 3 miliar menganggur, cobalah untuk melihat mobil ini secara langsung

Saat kami berbincang dengan Herry Noverino, Marketing and Public Relations Sub Head PT Garuda Mataram Motor selaku Agen Pemegang Merek Audi, ia menyebut bahwa sejauh ini sudah ada 4 orang yang memesan Audi RS4 Avant.

Kami berharap bahwa mobil ini akan terus ada di Tanah Air, karena populasi wagon kencang ini sangat jarang. Dan ketika menemukannya di jalan, kami akan sangat senang bahwa masih ada yang mengapresiasi mobil yang brilian ini.

Audi juga patut waspada karena BMW Indonesia kabarnya tertarik untuk memasukkan BMW M3 Touring alias versi wagon dalam waktu dekat.

Saat ini, Audi RS4 Avant 2021 sudah bisa dipesan di dealer Audi dengan harga mulai dari Rp 2.799.000.000 (on-the-road Jakarta). Tentu, harga tersebut akan melambung jika Anda memilih semua opsi yang tersedia pada mobil ini. So, Anda berminat beli enggak?

>>> Audi Bakal Jual Mobil Listrik di Indonesia, Tapi Ini Syaratnya!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top