'Putus' dari Ford, Ken Block Gabung ke Audi untuk Bikin Mobil Listrik

23/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Audi mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan pereli dan bos Hoonigan, Ken Block. Mereka akan berkolaborasi untuk mengembangkan mobil listrik.

Setelah 11 tahun bersama, Ken Block akhirnya berpisah dengan Ford. Awalnya, ia diisukan untuk kembali berkolaborasi dengan Subaru yang membesarkan nama Block dan Gymkhana.

Rupanya, ia justru bermitra dengan Audi, pabrikan asal Jerman yang sempat mendominasi dunia reli dengan mobil Quattro mereka. Kolaborasi ini menjanjikan proyek bersama dalam mengembangkan mobil listrik dan elektrifikasi.

"Audi adalah merek yang memicu hasrat saya untuk motorsport. Saya sangat bersemangat untuk memulai babak baru ini. Bersama-sama, kami akan mengembangkan proyek-proyek inovatif dan mendorong batas-batas mobilitas listrik," ujar Block tentang kemitraan barunya.

>>> Audi Grandsphere Concept, Grand Tourer Listrik Bertenaga 710 HP

Gambar Audi dan Ken Block

Kemitraan ini akan melahirkan mobil listrik performa tinggi dari Audi yang akan bersaing di dunia motorsport

Pengalaman Ken Block Dengan Mobil Listrik

Kemitraan ini sebenarnya sangat strategis untuk Audi. Mereka butuh seorang brand ambassador di dunia motorsport dan pehobi otomotif, portofolio Block sangat sesuai untuk posisi tersebut.

Block juga sudah tak asing dengan pengembangan mobil listrik. Sebelumnya, ia menjadi bagian dari tim yang mengembangkan Ford Mustang Mach-E 1400 yang rencananya akan digunakan di ajang NASCAR.

Pada tahun 2020, Block juga sempat menguji coba mobil prototipe Odyssey 21 di final stage Reli Dakar dan mampu mencatat waktu tercepat ketiga. SUV elektrik ini sekarang digunakan pada ajang Extreme E.

Gambar Odyssey 21

Ken Block sempat mencicipi SUV listrik ini di ajang Reli Dakar

Meski lebih dikenal dengan penenggak bensin seperti Hoonicorn atau Hoonitruck, Block cukup akrab dengan proyek pengembangan mobil-mobil listrik performa tinggi.

>>> Audi RS Q e-tron Diperkenalkan, Siap Taklukkan Gurun Pasir Arab

Audi Akan Muncul di Gymkhana Selanjutnya?

Saat ini Hoonigan memang sedang berkolaborasi dengan Travis Pastrana dan Subaru dalam video Gymkhana terakhir mereka. Ken Block bahkan dirumorkan untuk pensiun dari dunia Gymkhana. Namun, dengan kemitraan ini sepertinya ia akan kembali dengan mobil listrik Audi.

Setelah mengumumkan kerja sama ini, Block pun sempat mencicipi beberapa mobil Audi seperti Sport Quattro S1, V8 Quattro DTM car, dan E-Tron Vision Gran Turismo.

Sayangnya, pabrikan yang bermarkas di Ingolstadt, Jerman itu hanya membagikan dokumentasi berupa foto, tanpa ada video saat Block beraksi dengan mobil-mobil tersebut. Tentu penggemar Audi dan Hoonigan sudah tak sabar untuk melihat aksi Block dengan mobil berlambang empat cincin itu.

Gambar Audi RS Q e-tron

Para penggemar sudah tak sabar melihat Block kembali beraksi dengan mobil Audi

Kemungkinan besar, Audi akan membangun mobil yang serupa dengan Ford Mustang Mach-E 1400 untuk memenuhi kebutuhan Block. Setelah meluncurkan RS Q e-tron beberapa bulan lalu, nampaknya itu tak menjadi masalah besar bagi pabrikan Jerman tersebut.

Mobil listrik itu akan menggantikan Hoonicorn sebagai ikon yang tak hanya menjadi bintang utama dalam video Gymkhana, juga kerap muncul dalam berbagai game balap seperti Forza dan Need for Speed.

>>> Ford Hoonitruck Milik Ken Block Dijual, Segini Harganya

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top