Land Rover Defender Terbaru Punya Mesin V8 Supercharged

26/02/2021

Mobil baru

5 menit

Land Rover Defender terbaru akan hadir dengan varian bermesin 5.000 cc V8 dengan teknologi Supercharged serta mempunyai kemampuan offroad yang juga ikut ditingkatkan.

Land Rover Defender merupakan model yang sudah terkenal dengan kemampuan onroad maupun offroad. Berbekal mesin yag sudah dilengkapi turbocharged, maka mobil ini tidak akan bersusah payah untuk menggapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam. Selain itu, tenaga dan torsi yang besar juga sangat bermanfaat saat mobil dipakai mendaki ke gunung atau melewati rintangan sulit.

Saat ini, Land Rover membekali Defender dengan dua pilihan mesin. Yaitu varian bermesin 2.000 cc turbocharged berdaya 296 Hp 400 Nm, dan mesin 3.000 cc 6 ilinder Turbocharged Mid-hybrid dengan tenaga puncak 395 Hp serta bertorsi 550 Nm. Namun untuk Defender generasi berikutnya, kedua mesin ini akan ditambah dengan varian mesin baru.

>>> Pembaharuan Range Rover Velar, Evoque, dan Discovery Sport 2021 Dirilis

Land Rover Defender 2022 Pakai Mesin V8 Supercharged

Land Rover Defender Supercharged Engine

Mesin V8 Supercharged berdaya 518 Hp

Dilansir dari Carbuzz, Kamis (25/02/2021), untuk Land Rover sudah menyiapkan Defender model year (MY) 2022 dengan varian mesin baru. Yakni mesin 5.000 cc V8 Supercharged yang sanggup menghasilkan tenaga 518 Hp dengan torsi maksimum 625 Nm. Mesin tersebut akan menjadi pilihan mesin paling bertenaga dari Defender, dan rencananya bakal diterapkan pada model Defender 90 atau Defender 110.

Tenaga sebesar itu nantinya akan disalurkan ke keempat roda mobil melalui transmisi otoamtis 8 percepatan. Dengan kombinasi ini, Defender V8 mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 4,9 detik. Sementara kecepatan tertingginya ada di angka 240 km/jam.

>>> Perlu Membiasakan Diri Mengontrol Kecepatan di Jalan Tol Baru

Kemampuan Offroad Juga Ditingkatkan

Land Rover Defender 2022

Mobil punya kemampuan menikung dan offroad yang lebih baik

>>> Review Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019: Urban SUV Kekinian Yang Andal Di Segala Medan

Selain memasang mesin yang jauh lebih bertenaga, Defender 2022 juga akan mengaami peningkatan kemampuan offroad. Sebab kabarnya di mobil ini akan ada program Dynamic dengan Terrain Response yang memungkinkan pengemudi untuk mengeksploitasi mobil dengan mesin baru itu di medan-medan sulit maupun dipacu kecepatan tinggi saat di jalan raya.

Dengan program Dynamic ini, Defender bermesin baru tersebut akan memiliki respon throttle yang lebih tajam, sistem knalpot yang lebih agresif, suspensi yang lebih kaku, dan sistem kemudi yang lebih responsif. Akan dipasang juga roll bar lebih besar untuk mengurangi body roll, serta dipasang electronic active rear differential.

Secara estetika, Land Rover Defender V8 baru ini nantinya akan pakai velg 22 inci yang diapit cakram 15 inci dengan kaliper warna biru. Sementara di kabin akan diberli pelapis Ebony Windsor dengan aksen Miko Suedecloth dan Robustec. tapi utuk pelapis lingkar kemudinya dibalut bahan Alcantara.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top