Perlu Membiasakan Diri Mengontrol Kecepatan di Jalan Tol Baru

12/10/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Perlu Membiasakan Diri Mengontrol Kecepatan di Jalan Tol Baru
Belajar dari kecelakaan Toyota Avanza di jalan Tol Pekanbaru-Dumai, pengendara perlu membiasakan diri mengontrol kecepatan pada batas yang diperbolehkan.

Kecelakaan terjadi di jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada Minggu (11/10/2020) pagi sekitar pukul 6.30 WIB. sebuah Toyota Avanza menabrak bagian truk trailer. Meski hanya melibatkan dua mobil dan tidak menimbulkan korban jiwa, kecelakaan tersebut cukup dahsyat. Ini terlihat dari rupa Avanza yang mengalami kerusakan parah hingga lebih dari setengah bodi.

Kronologi bermula saat truk trailer bernopol B 9384 PHE melaju dari arah Pekanbaru ke arah Duri dengan kecepatan sedang. Sampai di TKP di Desa Pinggir, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis tiba-tiba datang Toyota Avanza bernopol BM 1640 RG dan menabrak bagian belakang truk. Sang pengemudi selamat, namun harus mendapatkan perawatan karena terluka serius.

Akibat melebihi batas kecepatan

Kasus kini dalam penanganan Satlantas Polres Bengkalis dan masih diselidiki. Terlepas dari hasil penyelidikan, ada pelajaran berharga yang bisa diambil, yakni betapa pentingnya mengontrol kecepatan saat berkendara di jalan tol. Terlebih buat pengendara yang belum lama merasakan nikmatnya jalan tol.

>>> Ini Sebabnya Kecelakaan di Jalan Tol Selalu Fatal

Foto menunjukkan proses evakuasi Kecelakaan di Tol Pekanbaru-Dumai

Kendaraan hilang kendali karena pengemudi gagal mengontrol kecepatan

Menurut keterangan para saksi pengemudi Toyota Avanza sepertinya gagal mengontrol kecepatan. Mobil itu melaju dengan sangat kencang melebihi batas kecepatan maksimum. Jarak yang terlalu dekat dan kendaraan tidak terkendali membuat kecelakaan tidak terhindarkan.

''Kecepatan mobil Avanza tinggi. Karena jarak yang sudah dekat dan tidak bisa dihindarkan lagi, maka terjadilah laka lantas tersebut,'' ujar Dirlantas Polda Riau, Kombes Pol Pringadi Supardjan melalui Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Riau, AKBP Irwan Sanuddin sebagaimana dikutip dari Go Riau, Minggu (11/10/2020).

Dampak melebihi batas kecepatan

Kecelakaan serupa di atas bukan kali pertama di Indonesia, melainkan kerap terjadi. Sedangkan di jalan Tol Pekanbaru-Dumai adalah yang pertama. Pengendara memang harus sering diingatkan untuk tidak berkendara melebihi batas kecepatan yang diizinkan saat melintas di jalan tol. Selain melanggar aturan, potensi bahaya yang ditimbulkan bisa sangat fatal dan merugikan.

>>> Pahami, Ini Dampak Negatif Melanggar Batas Kecepatan di Jalan Tol

Foto menunjukkan Gerbang Tol Pekanbaru tol Pekanbaru-Dumai

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sudah resmi beroperasi

Sebagaimana diketahui, batas kecepatan di jalan tol adalah minimum 60 km per jam dan maksimum 80-100 km per jam. Di atas kecepatan tersebut, pengendara sudah melanggar aturan. Kemudian pengendara dihadapkan pada risiko lain yang lebih berbahaya yaitu gagal mengontrol kendaraan. Kejadian di atas adalah contoh paling baru.

>>> Temukan tips dan trik menarik lainnya disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Ternyata Ini Hasil Uji Tabrak Kendaraan pada Kecepatan 200 Km/jam

02/10/2020

Pengemudian

2 menit

Jika uji tabrak kendaraan biasa hanya menggunakan kecepatan 60 km/jam, ternyata ini yang terjadi pada mobil ketika menabrak dalam kecepatan 200 km/jam.

Lihat juga

Bahaya Kecepatan Tinggi di Jalur Lambat Jalan Tol

24/09/2020

Pengemudian

3 menit

Belajar dari kecelakaan Toyota Kijang Innova di Tol Mojokerto-Surabaya yang menewaskan 3 penumpang, betapa besar bahaya kecepatan tinggi di jalur lambat jalan tol

Lihat juga

Ini Alasan Wajib Tutup Kaca Mobil Saat Kecepatan di Atas 60 Km Per Jam

15/03/2020

Pengemudian

3 menit

Tak sekadar menciptakan suasana tenang dalam kabin, kaca mobil harus ditutup saat mobil melaju di atas kecepatan 60 km per jam karena alasan keselamatan.

Lihat juga

Berapa Sih Kecepatan Mobil di Jalan Tol yang Aman dan Nyaman?

05/12/2019

Pengemudian

5 menit

Batas kecepatan mobil di jalan tol yang aman dan nyaman sebenarnya sudah ditetapkan dalam peraturan lalu lintas. Selain aman untuk pengemudi, menjaga kecepatan saat berkendara juga baik untuk kendaraan tersebut.

Lihat juga

Tanpa ABS, Begini Teknik Mengurangi Kecepatan Yang Aman Saat Musim Hujan

10/12/2019

Pengemudian

4 menit

Fitur Anti-Lock Braking System (ABS) kini menjadi standar di banyak mobil modern, dan sangat memudahkan pengemudi kala melakukan pengereman. Namun, bagaimana cara mengurangi kecepatan yang aman jika mobil Anda tidak dilengkapi ABS?

Lihat juga