Review Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019: Urban SUV Kekinian Yang Andal Di Segala Medan

25/06/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Hadir sebagai penerus suksesi Freelander, Land Rover Discovery Sport hadir dengan tampilan yang berbeda dengan SUV di kelasnya. Selain itu, nama besar Land Rover sebagai produsen mobil segala medan yang telah berpengalaman lebih dari 70 tahun menjadi nilai tambah bagi SUV premium satu ini

PENGANTAR Land Rover Discovery Sport 2019

Review Land Rover Disovery Sport 2.0 HSE 2019 - Sejak diperkenalkan sejak tahun 2014 lalu, Land Rover Discovery Sport dipersiapkan sebagai urban SUV yang kekinian namun ketika dibutuhkan, juga bisa diandalkan di segala medan dengan kemampuan off-road yang mumpuni. Land Rover Discovery Sport sendiri merupakan penerus dari Land Rover Freelander, namun dengan menggunakan nama Discovery Sport (L550) sebagai sub brand untuk membedakannya dengan sang kakak, Land Rover Discovery (L462).

Foto Land Rover Disovery Sport 2.0 HSE 2019 di medan gravel

Land Rover Disovery Sport 2.0 HSE 2019 merupakan model entry level dalam jajaran SUV Land Rover

Unit yang kami review ini adalah varian HSE, yang merupakan varian menengah dari Discovery Sport yang ditawarkan di Indonesia. Beberapa fitur dan kelengkapan lebih lengkap ditawarkan pada varian ini, mulai dari lampu depan berteknologi Adaptive Xenon dengan LED Daytime Running Light, tata suara berkualitas premium dari Meridian hingga pelek berdiameter 20 inci.

Land Rover Freelander LR2, sang pedahulu Land Rover Discovery Sport

Land Rover Discovery Sport merupakan penerus Land Rover Freelander LR2

Bagaimana kesan kami ketika bersama Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019? Akankah SUV medium ini mampu meneruskan suksesi Freelander? Anda bisa menyimak ulasan lebih mendetail dalam review Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 yang Cintamobil.com hadirkan berikut ini.

EKSTERIOR Land Rover Discovery Sport 2019

Sejak pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 2014, Land Rover Discovery Sport memiliki desain yang lebih dinamis dengan memadukan desain futuristis, streamline sekaligus lebih muskular ketimbang sang pendahulunya, Freelander. Konsep desain tersebut dikenal dengan nama Discovery Vision concept. Land Rover Discovery Sport juga dibangun di atas platform JLR D8 berbagi dengan Range Rover Evoque dan Jaguar E-Pace.

Foto ilustrasi Land Rover Discovery Sport sedang lakukan off-road

Land Rover Discovery Sport memiliki desain elegan dan stylish khas SUV urban

Mirip dengan pandahulunya, Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 lebih mengedepankan tampilan ala SUV urban dengan desain lebih elegan dan stylish ketimbang sebuah SUV yang utilitarian dengan orientasi kepada kemampuan jelajah dan off-road. Nuansa premium juga sangat terasa Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 namun dengan karakter tangguh tetap terwakilkan lewat rancang bangun yang kokoh yang menjadi ciri khas Land Rover.

Review Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019: Tampak depan

Foto  Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 berwarna hitam dilihat dari tampak frontal depan

Desain lebih streamline dan tajam pada area lampu depan dan grille

Wajah Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 terlihat bold atau tebal pada bagian bawah, khususnya pada bumper depan, namun dipadu dengan desain lebih streamline dan tajam pada bagian lampu depan dan grille. Sepasang bumper vent berbentuk trapesium yang dipadu kehadiran lampu sein tipis, turut menyumbang tampilan yang agresif dan sporty. Lampu depan dengan fitur Adaptive Xenon dengan LED Daytime Running Light yang diletakkan sejajar dan seolah menyatu dengan grille memberikan kesan agresif. Kehadiran lower skid plate dengan warna silver menegaskan tampilan kokoh selain juga berfungsi sebagai pelindung dari benturan ketika menjelajah medan off-road.

Review Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019: Tampak samping

Foto Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 tampak frontal samping

Desain tajam di depan dan berubah lebih membulat di belakang

Tampilan samping Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 terlihat lebih minimalis, dengan hanya berhias side vent berukuran kecil dengan detail aksen warna silver. Desain streamline pada bagian depan berubah menjadi lebih berkontur membulat pada bagian belakang. Desain pilar C yang tebal memang mampu menghadirkan kesan kokoh, namun membuat kaca belakang menjadi terlihat lebih kecil. Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 menggunakan pelek alloy dengan desain 5 Split-Spoke ‘STYLE 521’ berukuran 20 inci, yang membuat ruang roda terlihat penuh dan kekar.

Review Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019: Tampak belakang

Foto Land Rover Disovery Sport 2.0 HSE 2019 tampak frontal belakang

Desain membulat atau rounded mendominasi tampilan belakang Land Rover Disovery Sport 2.0 HSE 2019

Seperti yang telah disinggup di atas, desain belakang Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 lebih mendominasi dengan kontur yang membulat atau rounded, mulai dari desain pilar D hingga fender belakang. Selain itu, lampu belakang LED juga menggunakan guratan desain membuat yang membuatnya terlihat lebih besar. Desain lower skid plate berukuran besar yang dipadu kehadiran moncong knalpot mampu memberikan kesan lebih berotot.

>>> Simak juga:

INTERIOR Land Rover Discovery Sport 2019

Nuansa premium sangat terasa ketika pertama kali masuk ke dalam interior Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019. Kebetulan unit yang kami review menggunakan interior dengan kombinasi warna Cirrus (putih) yang mendominasi pada jok, door trim dan dasbor dan dipadu warna Ebony (hitam) pada beberapa detail door trim dan bagian atas dasbor. Kabin Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 pun cukup lega dengan leg dan head room yang terakomodir dengan baik, bahkan untuk pengemudi atau penumpang dengan postur tubuh bongsor atau tinggi di atas 170 cm.

Foto interior dan jok belakang Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019

Kabin Land Rover Disovery Sport 2.0 HSE 2019 lebih lega dengan layout jok 5+2

Review Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019: Jok

Foto jok depan Land Rover Disovery Sport 2.0 HSE 2019

Desain jok memiliki ergonomika baik bahkang untuk postur tubuh bongsor sekalipun

Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 menganut lay-out jok 5+2, artinya ada tambahan jok baris ketiga ketika dibutuhkan untuk memuat dua penumpang ekstra. Namun dimensi sepasang jok baris ketiga ini cukup kecil dan mungkin hanya ideal untuk anak-anak atau orang dewasa dengan postur tubuh kecil. Selain itu, desain jok pun sangat nyaman dan dapat mendekap tubuh dengan optimal. Lapisan kulit perforated dengan material soft touch juga membuat betah berlama-lama di dalam Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019. Jok pengemudi dan penumpang depan dibekali dengan pengaturan elektrik dengan tiga memori posisi jok. Namun sayang untuk jok tengah masih menggunakan pengaturan manual.

Review Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019: Setir dan darbor

Desain dasbor dan setir Land Rover Disovery Sport 2.0 HSE 2019

Desain dasbor dan setir Land Rover Disovery Sport 2.0 HSE 2019 yang minimalis dan elegan

Dasbor Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 terasa minimalis yang justru mampu membuatnya terlihat lebih elegan. Posisi panel instrumen pun cukup mudah untuk digapai. Desain setir khas dengan 4 spoke yang cukup nyaman untuk digenggam. Penempatan steering audio control untuk pengaturan audio dan infotainment lainnya juga semakin mudah dan nyaman untuk dioperasikan dengan menggunakan jari tangan.

>>> Artikel terkait lainnya:

FITUR Land Rover Discovery Sport 2019

Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 dibekali dengan sederet fitur keselamatan, seperti rem Anti-lock Braking System (ABS) plus Cornering Brake Control (CBC), Intelligent Emergency Brake (IEB) dan Emergency Brake Assist (EBA). Fitur keselamatan tersebut juga disempurnakan lewat Electronic Traction Control plus Dynamic Stability Control (DSC) dan Roll Stability Control (RSC).

Foto fitur Terrain Response System dalam layar Infotainment pada mobil Land Rover Discovery 2019

Fitur Terrain Response System dapat termonitor dalam layar infotainment berukuran 8 inci

Kemampuan off-road Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 juga mumpuni dengan kehadiran penggerak All-Wheel Drive plus fitur Terrain Response System yang memungkinkan mobil dapat menyesuaikan dengan berbagai karakter permukaan medan jalan mulai dari jalan aspal hingga medan off-road seperti lumpur atau pasir. Fitur Terrain Response System mampu mengatur respon mesin dan penyaluran tenaga lewat program khusus pada transmisi otomatis 9 percepatannya, kerja differential locker hingga pemilihan low gear ratio yang tepat. Tersedia empat mode dalam fitur Terrain Response System, yakni General (normal/jalan aspal), Grass-Gravel-Snow (permukaan licin seperti rumput, jalan tanah kerikil dan salju), Muds-Ruts (permukaan berlumpur) dan Sand (medan pasir).

>>> Terlahir sebagai kendaraan off-road legendaris, cek Land Rover Defender dengan harga terbaik di sini

OPERASI Land Rover Discovery Sport 2019

Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 dipersenjatai dengan mesin 4 silinder terbaru hasil racikan Jaguar Land Rover yang dinamakan Ingenium. Mesin berkapasitas 2.000 cc ini didukung dengan turbocharger sehingga mampu menghasilkan tenaga 240 hp pada 5.800 RPM dan torsi 340 Nm pada 1.750 RPM, yang disalurkan via transmisi otomatis 9 percepatan. Akselerasi 0-100 km/jam yang mampu ditorehkan diklaim hanya dalam 8,2 detik saja.

Foto mesin Ingenium 4 yang digunakan Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019

Land Rover Disovery Sport 2.0 HSE 2019 menggunakan mesin 4 silinder turbo terbaru buatan Jaguar Land Rover yang dinamakan Ingenium 4 

>>> Tiga Mobil Baru Siap Meluncur Dari Istal Jaguar Land Rover Dan Bentley

spesifikasi Land Rover Discovery Sport 2019

Mari kita simak spesifikasi Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 pada tabel di bawah ini.

Dimensi/ Ukuran Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019

P x L x T

4.599/2.173/1.724 mm

Jarak poros roda

2.741mm

Ground Clearance

212 mm

Luas Bagasi

1.699 liter (jok tengah terlipat)

Mesin Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019

Jenis

Ingenium, 4 silinder, turbocharged, DOHC

Isi silinder

1,999 cc

Daya maksimum

240 hp @ 5.800 RPM

Torsi maksimum

340 Nm @1.750 Nm

Transmisi

transmisi otomatis 9-percepatan dengan paddle shift, AWD

Kaki-Kaki Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019

Suspensi depan

McPherson

Suspensi belakang

Integral coil spring

Pelek

20 inci 5 Split-Spoke ‘STYLE 521’

kelebihan & kekurangan Land Rover Discovery Sport 2019

Berikut kelebihan dan kekurangan Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 yang bisa Anda simak di tabel berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Nama besar Land Rover sebagai produsen SUV premium dengan kemampuan off-road yang legendaris

Harga cukup mahal

Kemampuan off-road dan fitur Terrain Response System yang canggih

Jok tambahan baris ketiga sempit

Desain yang stand out dan terlihat beda dari SUV pada umumnya

Absennya varian mesin diesel

daftar harga Land Rover Discovery Sport 2019

Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 ditawarkan dengan harga Rp 1,699 milyar (off the road). Mungkin akan terdengar mahal, namun sepadan dengan apa yang akan Anda dapatkan dari sebuah SUV dengan sebuah nama besar Land Rover di belakangnya. Land Rover juga memberikan garansi 3 tahun atau 100 ribu kilometer.

>>> Wujudkan mimpi punya SUV premium namun jago off-road dengan cek Range Rover dengan harga terbaik di sini

Video Land Rover Discovery Sport 2019

KESIMPULAN Land Rover Discovery Sport 2019

Sebelum kehadiran Land Rover Defender generasi terbaru, Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 merupakan pilihan menarik sebagai entry level SUV dari keluarga besar Land Rover. Anda tak hanya mendapatkan SUV perkotaan berpenampilan maskulin, sederet fitur kekinian, performa mesin yang cukup baik, namun juga kemampuan off-road yang mumpuni. Sehingga dengan Land Rover Discovery Sport 2.0 HSE 2019 Anda bersama keluarga bisa menjelajah lebih jauh dan lebih nyaman ketika sedang melakukan off-road atau kegiatan outdoor lainnya.

>>> Klik di sini untuk artikel review mobil terbaru dan menarik lainnya di Cintamobil.com

Pratomo FJ
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil