Kia Carnival 2022 Tambah Fitur, Siap Jegal Alphard dan Staria

01/10/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Siap menjadi pesaing Hyundai Staria dan Toyota Alphard, Kia Carnival 2022 menerima model year update di Thailand dengan penambahan fitur serta logo baru Kia.

Sejak awal Februari 2021 lalu, nama Kia Carnival dilaporkan tercantum dalam daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) di Samsat DKI Jakarta. Hal ini membuat kedatangannya semakin santer di Indonesia. Lain Indonesia lain pula dengan di Thailand. Di Negeri Gajah Putih itu generasi keempat dari Kia Carnival 2022 mendapatkan sedikit ubahan paska diperkenalkan pertama kali November tahun lalu.

Fitur dan logo baru

Model year update ini memang tidak memberikan revisi yang terlihat pada MPV 11-seater ini. Tampilan luarnya masih tetap sama, namun Kia akhirnya memasang logo terbaru mereka pada mobil ini. Velg 18 inci dual tone masih menjadi standar, sedangkan varian SXL sudah mendapatkan projector headlight dengan automatic high beam, dan roof rail.

mobil baru Kia Carnival 2022 berwarna biru
Carnival 2022 sudah menerima logo baru Kia

>>> CintamobilTV: Harga Mirip Honda Jazz Dan Toyota Yaris, Kia Sonet Lebih Memukau

Fitur baru yang disematkan termasuk automatic wiper, kamera 360 derajat, dan kemudahan mengisi daya smartphone Anda dengan Qi wireless charger. Tipe SXL dibekali dengan display instrument 12.3 inci dan sistem kamera blind spot yang menunjukkan apa yang ada di samping mobil menggunakan indikator.

Varian Limited sebagai tipe terendah mobil ini dibanderol 99.000 bath (Rp 42 jutaan) lebih murah. Tapi model ini tetap mendapatkan berbagai fitur standar yang tak kalah lengkap, seperti keyless entry, push-button start, jok kulit Saddle Brown, pengatur suhu otomatis triple zone dengan ionisasi udara, konektivitas Apple-CarPlay dan Android Auto serta enam speaker.

>>> Wajah KIA Sportage Terbaru Terungkap, Lebih Modern dan Berani

Pesaing Alphard dan Staria

Ada mesin turbo diesel Smartstream R 2.2 VGT yang sama dengan edisi sebelumnya. Menyemburkan tenaga hingga 202 PS pada putaran 3.800 rpm dan torsi puncak 441 Nm dari 1.750 rpm sampai 2.2750 rpm. Tenaga dialirkan ke roda depan menggunakan dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Kia Carnival 2022 yang sedang berkendara di jalan
Tenaga dialirkan ke roda depan dengan mesin turbo diesel

Dari segi keamanan, semua model sudah dilengkapi dengan tujuh airbag yang tersebar di dalam kabin, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA), serta jangkar kursi anak ISOFIX di baris kedua.

Sedangkan Carnival SXL merupakan satu-satunya model yang hadir dengan rangkaian sistem bantuan mengemudi terbaru dari Kia, Drive Wise. Fitur yang ditawarkan termasuk sistem pengereman darurat otonom, cruise control adaptif dengan stop-and-go, blind spot monitoring dan collision avoiding, serta rear seat reminder.

interior Kia Carnival 2022 berwarna hitam dan cokelat
Ada sistem keselamatan terbaru dari Kia, yaitu Drive Wise

Harga Kia Carnival 2022 dibanderol mulai dari 2.045.000 bath (Rp 867 jutaan) untuk varian Limited, hingga 2.495.000 bath (Rp 1 miliar) untuk varian SXL yang menjadi varian tertinggi. Harga yang tak terlalu jauh dibandingkan pesaingnya di Indonesia, Toyota Alphard maupun Hyundai Staria yang baru saja diperkenalkan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top