CintamobilTV: Harga Mirip Honda Jazz Dan Toyota Yaris, Kia Sonet Lebih Memukau

06/05/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Sebanding dengan harga Honda Jazz, mobil KIA Sonet bisa jadi pilihan mobil SUV Anda. Desain lebih menarik, dan juga fitur canggih yang bisa Anda dapatkan pada mobil ini.

KIA Sonet menjadi salah satu mobil yang mengisi segmen SUV dengan ukuran mungil. Mobil ini juga mempunyai harga yang sangat menarik, yaitu Rp 289.000.000. Bisa dibilang jika Anda mempunyai uang sejumlah tersebut, Anda hanya bisa memiliki mobil Toyota Yaris tipe yang tidak begitu tinggi dan juga Honda Jazz RS dengan tipe termahalnya.

Tetapi jika Anda membeli mobil KIA Sonet, Anda akan mendapatkan desain yang lebih keren dan lebih fresh dibandingkan dengan 2 mobil yang tadi disebutkan. Mobil ini punya tampilan beda yang sangat eye catching yang tidak ada di mobil lain. Selain itu, fitur pada mobil KIA Sonet ini juga sangat berlimpah dan material yang digunakan pada mobil ini sudah seperti mobil yang seharga diatas Rp 300 jutaan.

Performa KIA Sonet

Kelebihan pertama yang dimiliki mobil ini adalah efisiensi bahan bakarnya, untuk rute dalam kota KIA Sonet menembus bisa 14,3 km/l dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan untuk rute tol mobil ini mampu mencapai 19,8 km/l dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam itu merupakan angka yang sangat impresif mengingat kapasitas mesin ini yang juga cukup besar dengan dimensi yang tergolong compact.

Memiliki mesin dengan kapasitas 1.497 cc 4 silinder, mobil KIA Sonet mampu mengeluarkan tenaga maksimal 115 ps/6.300 rpm dengan torsi 144 Nm/4.500 rpm dan transmisi CVT. Salah satu alasan mengapa mobil ini efisien yaitu karena pemilihan transmisinya, walhasil ketika mobil ini crossing di tol dengan kecepatan yang tinggi, mesinnya akan berupaya untuk membuat putaran mesin serendah mungkin. Jadi jika Anda berada pada kecepatan 100 km/jam, putaran mesin mobil ini bisa 1.500an rpm sehingga bisa sangat efisien. Sehingga mesinnya dengan kecepatan tinggi tidak gaduh dan bisa menjadi lebih hemat.

>>> Senjata KIA Sonet 7-Seater Hadapi Persaingan Sengit Rush-Terios

tim cintamobil sedang melakukan review mobil

tim cintamobil seadng melakukan review mobl kia sonet

Tapi walaupun tenaga dan torsi mobil ini kecil dan menggunakan transmisi CVT, ternyata masih ada lagi hal yang menarik lainnya yaitu akselerasinya tidak pelan dari 0 sampai 100 mobil ini butuh 11,5 detik saja. Artinya mobil ini memiliki respon transmisi yang tergolong cepat di putaran menengah ke atas, walaupun jika dibandingkan dengan mobil Honda Jazz mobil ini sedikit lebih lambat. Jika digunakan di dalam kota mobil ini sudah sangat cukup untuk respon mesinnya dan tidak lambat di putaran bawah dan menengah.

Berbicara soal fun to drive, mobil ini tergolong mobil yang menyenangkan karena handling sangat tajam misalnya jika Anda ingin berbelok dengan cepat, mobil ini bisa karena suspensinya diatur lebih kaku sedikit. Tapi sayangnya ini mengurangi faktor kenyamanan dengan bantingan yang agak kaku. Tetapi untuk bermanuver, mobil ini sangat nyaman dan stir mobil ini juga sangat cepat direct  untuk jenis mobil compact. Tapi ada hal yang kurang dari mobil ini yaitu stir tidak mempunyai fitur telescopic atau maju mundur, jadi bagi pemilik mobil ini yang mempunyai postur badan tinggi agak kurang nyaman pada bagian stir.

>>> Cintamobil TV: Review KIA Sonet Varian Tengah, Harga Lebih Murah & Fitur Lengkap

tampak samping kia sonet

tampilan samping dari mobil sonet 

Kenyamanan Mobil KIA Sonet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, suspensi mobil ini terasa agak kaku dan jika Anda bawa mobil ini dalam kecepatan yang rendah akan sangat terasa tetapi berbeda jika Anda membawa mobil ini dalam kecepatan yang tinggi, mobil ini agak mengayun dan cukup nyaman. Apalagi jika mobil ini membawa penumpang, bantingannya akan sedikit lebih empuk dibanding Anda mengendarai mobil ini seorang diri. Sedangkan untuk kekedapan kabin pada mobil ini masih terdengar road noise, apalagi jika Anda berada di jalur tol bisa dipastikan mobil ini masih agak berisik.

Tapi disisi lain mobil ini mempunyai speaker yang cukup keren dengan sound system milik Bose dimana suara dari speaker ini cukup detail dan powerfull. Jadi jika Anda berada di jalan yang cukup ramai, Anda bisa mendengarkan musik kesukaan Anda dengan jelas karena adanya speaker yang sudah bermerek pada mobil ini. Selain itu yang menunjang kenyamanan dari mobil ini adalah jok mobil. Jok pada mobil ini tergolong empuk dan full material kulit. Dan juga memiliki fan atau pendingin di bagian joknya, jadi ketika Anda bepergian jarak jauh dengan menggunakan mobil ini, punggung Anda tidak akan berkeringat seperti mobil-mobil lain. Tentunya ini menjadi nilai tambah bagi kenyamanan pada mobil ini.

>>> Dimensi Tak Berubah, KIA Jamin Sonet 7-Seater Tak Ambles saat Diisi Penuh

tampak depan kia sonet

tampak bagian depan kia sonet

Kelebihan Pada Mobil KIA Sonet

Untuk desain, mobil ini bisa dibilang cukup menarik karena terlihat minimalis, futuristik, dan stylish sangat cocok untuk anak muda. Untuk tampilan dashboard juga bisa dilihat cukup keren, dan tombol-tombol yang ada di dalam mobil ini sangat praktis digunakan. Mobil ini juga dilengkapi dengan sunroof, ditambah lagi head unit mobil ini cukup besar dan juga sudah memiliki Apple Carplay dan Android Auto wireless, jadi tidak membutuhkan kabel untuk menghubungkan smartphone Anda dengan head unit pada mobil ini. Jadi ketika Anda ingin berjalan, Anda bisa mengaktifkan Google Maps, mendengarkan Spotify dari head unit, dan bisa menjalankan beberapa aplikasi dari gadget Anda.

Dari sisi panel instrument juga sudah keren dengan tampilan yang minimalis dan digital dibagian tengahnya. Selain itu stir mobil ini juga sangat keren dengan flat bottom, dan banyak tombol pada stirnya. Ditambah lagi mobil ini juga memiliki cruise control, jadi ketika Anda melakukan perjalan jauh di jalan bebas hambatan Anda bisa menggunakan fitur tersebut yang berfungsi untuk mengatur kecepatan mobil tetap stabil. Dan jika Anda mempunyai gadget yang mendukung wireless charging, mobil ini juga sudah menyediakan slot untuk wireless charging.

Selain itu, mobil ini juga menyediakan slot untuk menyimpan payung di masing-masing door trim di baris pertama. Tapi memang payungnya harus menggunakan payung lipat, hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda jika dalam kondisi hujan harus turun dari mobil dan harus menggunakan payung agar tidak kehujanan atau jika Anda dari luar dan ingin menyimpan payung di mobil tapi tidak ingin bagian mobil Anda basah, Anda bisa langsung menyimpannya di bagian samping door trim.

>>> Seltos dan Sonet Segera Pakai Logo Baru Kia

interior kia sonet yang mewah

bagian dashboard kia sonet dengan fitur lengkap 

Kelebihan selanjutnya ada pada bagian headlamp mobil, dimana pancaran cahaya dari headlamp ini sangat terang untuk mobil compact ini. Warna lampu di headlamp ini putih, jadi ketika Anda menggunakan low beam pancaran cahayanya merata dan fokus tidak begitu menyilaukan untuk orang yang berlawanan arah. Dan ketika Anda menggunakan high beam, Anda bisa melihat sign yang sangat jauh kira-kira jarak 300 meter. Headlamp mobil ini menggunakan LED reflektor jadi tidak menggunakan lagi jenis proyektor, jadi cahayanya lebih banyak dan lebih menyebar.

Mobil ini juga menawarkan visibilitas yang sangat baik keluar, karena bisa Anda lihat jendela mobil ini berukuran besar di bagian baris pertama dan kedua. Windshield mobil ini juga sangat nyaman untuk memandang kedepan dan kaca belakang yang besar ketika Anda melihat dari area spion. Jadi untuk Anda yang mempunyai claustrophobia, bisa dibilang mobil ini sangat nyaman digunakan.

Jadi bagaimana menurut Anda tentang mobil KIA Sonet ini? Dengan harga hampir setara dengan Honda Jazz, Anda bisa mendapatkan mobil SUV compact dengan desain yang sangat menarik dan juga fitur-fitur yang menyenangkan. Ditambah lagi performa mobil ini yang sangat baik mulai dari efisiensi dan akselerasi yang bisa diandalkan.

>>> Komparasi Nissan Magnite vs Daihatsu Rocky vs KIA Sonet: Mana SUV Murah Terbaik?

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top