Wajah KIA Sportage Terbaru Terungkap, Lebih Modern dan Berani

09/06/2021

Mobil baru

3 menit

Beberapa bulan yang lalu, KIA memberikan beberapa teaser dari KIA Sportage terbaru. Kini tampilan Medium SUV tersebut resmi diperlihatkan. Apa saja perubahannya?

Dalam beberapa teasernya, KIA mengisyaratkan perubahan drastis terhadap bahasa desain Sportage dengan siluet arsitektur yang lebih modern. Benar saja, setelah KIA memperlihatkan secara resmi tampilan Medium SUV tersebut, KIA Sportage tampil berbeda dibanding pendahulunya.

Pesaing Honda CR-V dan Mazda CX-5 ini direncanakan untuk mulai dipasarkan pada pertengahan hingga akhir tahun 2021. Lantas, apa saja perubahan desain dari KIA Sportage terbaru?

Bahasa Desain Baru

Menggunakan bahasa desain "Opposites United", Sportage terbaru tampil berani dengan tekukan tegas di berbagai sisi eksterior yang mengesankan modernitas. Berbeda secara radikal dibanding pendahulunya yang memiliki tampilan lebih membulat.

Gambar Tampilan Depan KIA Sportage Terbaru

Fascia Tiger's Nose andalan KIA berganti menjadi Digital Tiger Face

>>> 1.500 Unit KIA EV6 Edisi Pertama Bisa Dipesan, Tanda Jadi Rp 1,4 Juta

Fascia depan Tiger's Nose yang khas dari KIA generasi sebelumnya kini berganti menjadi Digital Tiger Face pada Sportage terbaru. Desain terbaru ini terdiri dari grille mesh berwarna hitam yang membentang di seluruh fascia. Grille tersebut diapit oleh dua lampu DRL (Daytime Running Light) berbentuk bumerang dan lampu utama berbentuk berlian di kedua sisi.

Beralih ke samping, desain membulat Sportage sebelumnya berganti dengan garis-garis, tekukan, serta panel yang tegas dan ekspresif. Pilar-pilar di sekitar jendela yang berwarna hitam membuat greenhouse mobil ini terlihat lebih bersih dengan desain atap yang terlihat melayang.

Gambar Tampilan Samping KIA Sportage Terbaru

Tampil lebih modern dengan garis dan tekukan tegas di sekujur eksterior

Tampilan modern berlanjut ke belakang dengan desain pintu bagasi yang mengingatkan pada KIA EV6. Namun, Sportage mengadopsi desain lampu belakang yang lebih konvensional dan jendela belakang yang lebih tegak.

>>> Inspirasi Modifikasi KIA Seltos Bergaya Off-Road Penjelajah

Bagaimana Dengan Interiornya?

Melihat ke dalam kabin, KIA mengusung desain interior kontemporer dengan tampilan yang lebih berkelas. Hal pertama yang menyita perhatian adalah layar melengkung yang menggabungkan instrumen dan infotainment. Ventilasi AC pada mobil ini didesain untuk menonjolkan bagian dasbor, apalagi dengan kombinasi warna two-tone yang digunakan.

Gambar Interior KIA Sportage Terbaru

Anda tahu layar yang membentang tersebut mengingatkan saya dengan mobil apa? Ya, Mercedes-Benz

Setir masih menggunakan model three-spoke dengan pembaharuan pada logo KIA yang tampak modern. Uniknya, di panel bagian tengah tak terlihat tongkat shifter sama sekali. Sepertinya KIA Sportage terbaru mengandalkan kenop putar sebagai pemindah posisi transmisinya.

KIA akan menawarkan Sportage dengan varian X-Line yang memiliki opsi interior eksklusif, termasuk jok bermotif quilted dengan warna hijau atau hitam, dan panel yang mereka sebut "Black Metal Wood".

Kapan KIA Sportage Terbaru Diluncurkan?

Gambar KIA Sportage Terbaru

SUV perkotaan yang siap menaklukkan berbagai medan

>>> Model Terbaru KIA Sportage Siap Mengaspal Juli 2021

Medium SUV ini akan diluncurkan pada Juli 2021 di Korea. Sejauh ini, pilihan varian, warna, dan mesin masih belum diungkapkan secara resmi oleh KIA. Rumornya, akan ada pilihan mesin hybrid yang melengkapi mesin bensin dan diesel untuk Sportage terbaru.

Untuk Indonesia sendiri, masih belum ada informasi dari PT Kreta Indo Artha selaku ATPM KIA mengenai peluncuran KIA Sportage terbaru di Tanah Air.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top