Ini Dia Bentley Klasik Listrik Pertama di Dunia

05/03/2021

Mobil baru

5 menit

Bentley klasik bermesin motor dan baterai listrik ini menggunakan basis Bentley S3 Continental Flying Spur produksi tahun 1961 yang sudah menjalani restorasi.

Sebuah Bentley klasik tentunya menjadi mobil incaran para kolektor. Mengingat pada masanya, kendaraan tersebut sudah dibuat dengan sangat mewah yang tidak bisa disaingi oleh mobil-mobil lain. Terlebih lagi populasi Bentley klasik saat ini mungkin sudah bisa dihitung dengan jari tangan. Karena tak jarang mobil-mobil tersebut telah berakhir di tempat rongsokan besi tua.

Lalu bagaimana jadinya jika sebuah Bentley klasik diubah jadi mobil listrik? Itulah yang baru-baru ini diwujudkan oleh Lunaz. Perusahaan restorasi mobil klasik yang juga kini berkecimpung di dunia kendaraan listrik (electric vehicle) itu mengklaim jika mereka sudah menciptakan "Bentley klasik listrik pertama di dunia".

>>> Bentley Bentayga Hybrid 2021 Meluncur Dibekali Tenaga 443 Daya Kuda

Berbasis Bentley Lansiran 1961

Bentley Klasik Listrik Lunaz

Berbasis Bentley S3 Continental Flying Spur Klasik

Dikutip dari Carbuzz, Kamis (04/03/2021), Lunaz telah berhasil mengubah sebuah Bentley klasik menjadi mobil listrik. Basisnya adalah Bentley S3 Continental Flying Spur 1961 yang dihadirkan dnegan cat eksterior two-tone green.

Untuk interiornya, mobil ini juga menampilkan jok kulit warna senada dengan eksterior. Lantas pada dasbor sudah tertanam sistem infotainment berbasis Apple CarPlay. Beberapa teknologi modern yang juga sudah terpasang di mobil ini antara lain suspensi, power steering, dan AC.

Seperti halnya yang sering dilakukan Lunaz, untuk project kali ini mereka lebih dulu melakukan restorasi pada tubuh Bentley Continental Flying Spur klasik itu. Lantas mesin 6.200 cc V8 yang tersimpan diangkat untuk kemudian diganti powertrain listrik Sayangnya Lunaz tidak menuliskan seperti apa kekuatan baterai dan motor listrik yang terpasang pada Bentley klasik tersebut.

>>> Pilihan Mobil Listrik Murah di Indonesia Saat Ini

Lunaz Juga Pernah Buat Rolls-Royce Phantom Listrik

Lunaz Bentley electric

Diprediksi sanggup melesat 0-100 km/jam kurang dari 5 detik

>>> Review Bentley Flying Spur 2019

Diprediksi, Bentley ini menggunakan baterai berkekuatan 80 kWh yang sanggup membuat mobil melaju lebih dari 400 km dalam sekali isi daya listrik. Sementara kekuatannya diprediksi mencapai 375 hp dengan torsi 700 nm. Kemudian mobil itu juga diyakini mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 5 detik.

Mengapa ada prediksi seperti itu? Sebab ternyata Lunaz juga pernah membangun sebuah Rolls-Royce Phantom listrik. Dan mobil ini juga dipersenjatai baterai berkekuatan 80kWh. Jadi rasanya, Lunaz bakal menerapkan baterai dan motor listrik serupa pada Bentley elektrik ciptaan mereka.

Bentley sendiri memang sudah memiliki rencana untuk beralih ke model elektrik. Bahkan perusahaan ini menargetkan mulai tahun 2030, semua lini produk mereka akan berganti jadi mobil tanpa bahan bakar. Itu artinya, Bentley akan meninggalkan mesin W12 mereka yang legendaris. Bahkan tahap awal elektrifikasi dari Benley ini sudah dilakukan melalui Bentayga plug-in hybrid.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top