Pilihan Mobil Listrik Murah di Indonesia Saat Ini

19/02/2021

Jual beli

3 menit

Meski modelnya tidak banyak, Anda bisa menemukan mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau. Berikut pilihan mobil listrik murah di Indonesia saat ini!

Banyak jenis mobil ditawarkan di Indonesia dengan harga beragam. Dari yang termurah Rp 100 jutaan hingga yang termahal miliaran rupiah. Untuk model menyesuaikan. Di harga Rp 100 jutaan Anda bisa memilih mobil jenis low cost green car (LCGC) atau populer disebut dengan mobil murah. Di atasnya ada low MPV, low SUV, dan hatchback yang dijual dengan harga paling murah Rp 200 jutaan. Lalu ada medium MPV, medium SUV, crossover, sedan dan lainnya yang dijual mulai Rp 300 jutaan. Buat Anda yang tertarik dengan mobil listrik, model mobil listrik murah yang bisa Anda pilih di atas Rp 400 juta.

Harga mobil listrik

Mobil listrik populer sebagai mobil ramah lingkungan. Ada 3 jenis mobil listrik yang saat ini tersedia dan dijual di Indonesia, yaitu mobil listrik baterai, hybrid, dan plug in hybrid. Harganya bervariasi dari yang termurah di bawah Rp 500 juta hingga yang mahal miliaran rupiah. Nah, buat Anda yang mencari mobil listrik murah, berikut harga mobil listrik di Indonesia saat ini.

Hybrid

  • Nissan Kicks e-Power : Rp 451.000.000
  • Toyota Corolla Cross Hybrid : Rp. 510.580.000
  • Toyota C-HR Hybrid Single Tone : Rp. 559.140.000
  • Toyota C-HR Hybrid Dual Tone : Rp 560.640.000
  • Toyota Corolla Altis Hybrid : Rp. 591.600.000
  • Toyota Camry Hybrid : Rp. 848.500.000

Foto Nissan Kicks e-Power tampak dari samping depan

Nissan Kicks e-Power, mobil listrik murah di bawah Rp 500 juta

Plug in hybrid

  • Mitsubishi Outlander PHEV : 1.311.700.000
  • Mercedes-Benz E 300 e AMG Line : Rp 1.920.000.000

BEV

  • Hyundai Ioniq Electric Prime : Rp 637.000.000
  • Hyundai Ioniq Electric Signature : Rp 677.000.000
  • Hyundai Kona Electric Signature : Rp 697.000.000
  • BMW i3s : Rp 1.350.000.000
  • Tesla Model 3 : Rp 1.500.000.000

Harga mobil listrik di atas adalah harga yang kami kutip dari website resmi masing-masing merek, untuk bulan Februari 2021 On the road DKI Jakarta. Kecuali untuk Mercedes-Benz E 300 e AMG Line yang menggunakan harga Off the road. Untuk bulan-bulan ke depan, atau di wilayah luar DKI harga menyesuaikan. Silahkan kunjungi dealer resmi terdekat untuk mendapatkan informasinya lebih detail.

Foto Hyundai Ioniq electric tampak samping depan

Hyundai Ioniq, mobil listrik murah dan termurah di Indonesia

Selain model-model di atas, ada model lain yang juga dijual di Indonesia yaitu mobil listrik Lexus UX 300e (BEV) dan Lexus UX250h (Hybrid). Hanya saja Lexus tidak mencantumkan daftar harganya di situs resmi Lexus Indonesia. Anda bisa mengunjungi dealer Lexus terdekat di kota Anda.

>>> Daftar Harga Mobil Listrik di Indonesia

3 Jenis Mobil Listrik

Di atas disebutkan 3 jenis mobil listrik yaitu baterai, hybrid, dan plug in hybrid. Ketiganya sama-sama dibekali motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai. Adapun perbedaannya lebih terletak pada cara pengisian

  • Mobil listrik baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV), tenaga motor listriknya 100 persen bersumber pada baterai. Saat setrum habis mobil harus diisi ulang dari luar agar baterai terisi dan berfungsi kembali. Bisa diisi ulang di stasiun pengisian umum atau menggunakan listrik rumah.
  • Mobil listrik hybrid, mengkombinasikan penggerak motor listrik (baterai) dan mesin bakar (BBM). Keduanya tidak bekerja secara bersamaan, melainkan secara bergantian menyesuaikan situasi dan kondisi. Saat baterai habis tidak bisa isi ulang dari luar, melainkan mesin bakar bakal berfungsi sebagai generator yang mengisi ulang baterai secara otomatis. Bersamaan dengan proses pengisian baterai, mesin bakar juga berfungsi sebagai penggerak kendaraan. Jika kemudian BBM habis, tinggal membelinya lagi di SPBU.
  • Plug in hybrid. Cara kerjanya sama dengan mobil hybrid. Hanya sistem pengisiannya yang berbeda. Mobil listrik plug in hybrid tersedia colokan agar baterai bisa diisi ulang dari luar, di tempat pengisian umum (charging station) atau menggunakan listrik rumah.

Dari daftar harga di atas diketahui Nissan Kicks e-Power merupakan mobil listrik murah di kategori hybrid, bahkan mobil listrik termurah di semua kategori. Disusul model-model hybrid buatan Toyota. Di kategori plug in hybrid ada Mitsubishi Outlander PHEV yang termurah, dan untuk mobil listrik baterai Hyundai Ioniq Electric Prime jadi yang termurah. Mana yang paling recommended?

Foto Mitsubishi Outlander PHEV tampak samping depan

Harga mobil listrik jenis PHEV di atas Rp 1 miliar

Kalau yang Anda cari adalah mobil listrik murah, Nissan Kicks e-Power layak jadi pilihan. Hanya saja Anda masih butuh membeli BBM untuk menyalakan mesin bakar karena dari mesin bakar ini baterai motor listriknya bisa terisi.

Kalau yang Anda inginkan adalah mobil listrik 100 persen (BEV) tanpa BBM, Hyundai Ioniq Electric bisa Anda pilih. Harganya paling terjangkau dibanding BEV yang lain dan menjadi mobil listrik termurah di indonesia. Jika daya baterai habis Anda tinggal mengisi ulang di stasiun pengisian (charging station) atau menggunakan listrik rumah. Tidak enaknya jika mobil dibawa keluar daerah Anda mungkin kesulitan untuk melakukan isi ulang. Hal ini karena infrastruktur pengisian untuk mobil listrik belum banyak tersedia, belum seperti SPBU yang dimana-mana ada.

>>> Mengintip Cara hingga Biaya Perawatan Mobil Listrik

Kesimpulan

Semakin banyak mobil listrik murah beredar di pasaran, semakin menarik untuk dimiliki. Terlebih mobil listrik juga menawarkan beragam kelebihan, seperti kenyamanan berkendara, hemat BBM, ramah lingkungan, serta harganya yang semakin terjangkau. Namun demikian, Anda juga wajib tahu sisi tidak enaknya membeli mobil listrik saat ini. Misalnya; infrastruktur pengisian yang masih sangat minim bakal menyulitkan untuk isi ulang baterai. Terlebih jika mobil dibawa keluar daerah dengan jarak yang cukup jauh dan tidak ada fasilitas pengisian di sana. Kekurangan yang lain yaitu tidak banyak dealer bisa menangani jika terjadi trouble pada kendaraan. Jadi, mau tidak mau Anda harus membawa ke dealer resmi yang telah ditentukan.

Foto menunjukkan driver Grab tengah mengisi daya untuk mobil listriknya

Mobil listrik membutuhkan infrastruktur pengisian ulang

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Seberapa murah mobil listrik di Indonesia?
Harga mobil listrik di Indonesia masih di kisaran harga setengah miliar rupiah. Masih cukup jauh di atas harga mobil sejuta umat low MPV yang harganya Rp 200 jutaan. Artinya dari sisi harga mobil listrik masih jauh dari jangkauan mayoritas masyarakat Indonesia.
Apa yang harus dipersiapkan untuk memiliki mobil listrik?
Beberapa hal perlu dipersiapkan jika ingin memiliki mobil listrik. Pertama; Siapkan dana yang cukup, Kedua; siapkan daya listrik di rumah yang besar, minimal 2200 VA, Ketiga; sebaiknya punya cadangan mobil konvensional untuk digunakan perjalanan jarak jauh mengingat stasiun pengisian di daerah masih sangat minim.
Apa mobil listrik yang paling recommended?
Untuk saat ini kami merekomendasikan mobil listrik jenis hybrid dengan alasan kenyamanan. Anda mendapatkan manfaat penghematan BBM sekaligus tidak bergantung pada keberadaan stasiun pengisian.

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top