Review Bentley Flying Spur 2019

16/06/2019
editor rate: 4,3 user rate: 4,0
Apa hasilnya jika elemen sports sedan dipadukan kenyamanan berkendara effortless khas mobil Grand Touring? Mungkin jawabannya bisa ditemukan pada spesies terbaru dari Bentley ini. Mari bersama Cintamobil.com simak review Bentley Flying Spur 2019.

PENGANTAR Bentley Flying Spur 2019

Gambar mobil lawas Bentley Flying Spur berwarna hitam dilihat dari sisi samping

Sosok pencetus model Flying Spur,  Bentley S1 Continental Flying Spur 2019

Review Bentley Flying Spur 2019 - Nama Flying Spur sejatinya tidak asing di lingkup keluarga Bentley. Agak flashback ke era klasik di tahun 50-60an Bentley sudah memiliki model sedan Flying Spur, diawali oleh "pesanan" H.J Mulliner dengan Bentley S1 Continental Flying Spur 1958, dilanjutkan model produksi Bentley S2 Continental Flying Spur (1959–1962) dan Bentley S3 Continental Flying Spur (1962–1965).

Gambar mobil lawas Bentley Flying Spur Generasi 1 & 2 berwarna biru dan merah

Bentley Continental Flying Spur (atas) dan Bentley Flying Spur (bawah)

    

Setelah memasuki era millenium, tepatnya saat kepemilikan Bentley sudah jatuh ke tangan Volkswagen Group AG, Bentley pun lakukan "Reinkarnasi" pada Flying Spur dengan merilis Bentley Continental Flying Spur di tahun 2006. Mobil ini memiliki keterikatan secara basis dengan Bentley Continental GT, karena model kendaraan ini adalah model kendaraan kedua setelah Bentley Continental GT yang diproduksi setelah akuisisi Bentley oleh VW. Memasuki generasi kedua Flying Spur di tahun 2013, Bentley menanggalkan nama 'Continental' karena untuk mendiferensiasikan dengan model Continental GT yang sudah pasti orientasinya lebih sporty. Meski demikian baik Continental GT dan Flying Spur tetap memiliki basis platform yang sama.

Dan kini, Bentley kembali merilis generasi ketiga Bentley Flying Spur 2019 sebagai penegas spesialisasi Bentley sebagai The Master of Grand Touring. Kira-kira apa saja ubahan yang terasa pada generasi ketiga Flying Spur? Dan apakah ia hanya sekedar menjadi model sedan dari line-up Continental GT saat ini? Temukan jawaban selengkapnya dalam review Bentley Flying Spur 2019.

EKSTERIOR Bentley Flying Spur 2019

Review Bentley Flying Spur 2019 : Eksterior Depan

Gambar sebuah mobil Bentley Flying Spur 2019 berwarna abu-abu hitam dilihat dari sisi depan

Penampilan eksterior depan Bentley Flying Spur 2019

Bentley melakukan pendekatan khusus dalam mendesain eksterior depan Bentley Flying Spur 2019. Satu contoh, pada bagian bonnet depan untuk pertama kalinya hadir logo maskot 'Flying B' yang memiliki mekanisme khusus sehingga bisa bersembunyi di dalam bonnet depan, dan baru akan muncul saat mobil dibuka kunci atau dikemudikan. Bentley juga mengadopsi gloss black radiator matrix di bumper, dengan aksen chrome serta bilah garis grille vertikal yang mengembalikan identitas Continental Flying Spur klasik. Unsur modern terpancar melalui sepasang headlight Matrix LED dengan detil cut-crystal effect. 

Review Bentley Flying Spur 2019 : Eksterior Samping

Gambar menunjukkan sebuah mobil Bentley Flying Spur 2019 berwarna abu-abu hitam dilihat dari sisi samping

Penampilan eksterior samping Bentley Flying Spur 2019

Secara dimensi, Bentley Flying Spur 2019 mengalami lebih besar dibandingkan generasi terdahulu. Hal ini terlihat dari wheelbase yang memanjang 150 mm menjadi 3.194 mm, dengan dimensi postur bodi 5316 mm x 1978 mm x 1484 mm. Desain Bentley Flying Spur 2019 juga semakin eksotis dan indah berkat perpaduan garis shoulder line yang berotot di bodi samping mobil. Untuk membentuk lekukan bodi tersebut, Bentley mengadopsi pendekatan penciptaan bodi menggunakan proses aluminium superforming, sama seperti Bentley Continental GT generasi terbaru. Bentley juga menghadirkan pelek 21 inci dengan opsi 22 inci mengikuti Mulliner Specifications. Dan jika diperhatikan lebih detil, pada bagian atap Bentley menggunakan konsep full glass-to-glass panoramic sunroof.

Review Bentley Flying Spur 2019 : Eksterior Belakang

Gambar menunjukkan desain bagian belakang Bentley Flying Spur 2019 berwarna abu-abu hitam

Penampilan eksterior belakang Bentley Flying Spur 2019

Pendekatan desain eksterior belakang Bentley Flying Spur 2019 terasa menarik karena bentuk pintu bagasi yang lekuknya mengikuti garis desain dari atap dan garis shoulder line, sehingga seakan memiliki dua tingkatan berbeda. Desain twin tailpipe khas line-up Bentley dengan taillight yang memiliki kontur grafis membentuk huruf B layaknya model-model Bentley masa kini.

>>> Baca juga:

INTERIOR Bentley Flying Spur 2019

Review Bentley Flying Spur 2019 : Kokpit Depan

Gambar menunjukkan desain bagian dashboard dan setir mobil Bentley Flying Spur 2019

Penampilan kokpit depan Bentley Flying Spur 2019

Kokpit depan Bentley Flying Spur 2019 mendefinisikan keahlian Bentley dalam menciptakan nuansa interior modern dengan kemewahan dan inovasi yang terbaik di kelasnya. Secara kemewahan sudah tersaji dari area dashboard dengan aksen veneer kayu Dark Fiddleback dan Piano Black yang dikemas memenuhi area dashboard secara horizontal sampai menyentuh area panel pintu pengemudi depan, dengan opsi pilihan veneer kayu lain seperti Crown Cut Walnut. Pada area panel pintu juga disematkan detil aksen leather dengan jahitan 3D berbentuk diamond, yang mana terinspirasi oleh Bentley EXP 10 Speed 6 design concept.    

Mungkin jika diperhatikan secara mendetil, Anda akan merasa detil-detil pada dashboard yang dibawa oleh Bentley Flying Spur 2019 terasa sama. Ya mulai dari Bentley Rotating Display, instument cluster digital, pengaturan settingan mobil di dekat tuas transmisi, juga didukung setir palang tiga yang memiliki tombol multifungsi dan paddle shift. Namun khusus untuk Bentley Flying Spur 2019, Bentley melakukan sentuhan desain berbeda pada bagian ventilasi AC tengah. Bentuknya tidak lagi membulat bak ventilasi AC di sisi kiri-kanan dashboard, melainkan berubah menjadi ventilasi pipih selaras dengan dimensi jam analog Bentley. 

Review Bentley Flying Spur 2019 : Kabin Belakang

Gambar jok belakang Bentley Flying Spur 2019 dengan warna cream yang memberikan rasa bagus

Penampilan kabin belakang Bentley Flying Spur 2019

Untuk keseluruhan jok yang digunakan pada Bentley Flying Spur 2019 menggunakan material leather berkualitas yang dipadukan corak jahitan detil berbentuk diamond, serta memiliki pengaturan heating & ventilation, multi mode massage, dan pengaturan jok elektrik. Khusus untuk kabin belakang, Bentley Flying Spur 2019 memberikan pengaturan terpusat pada layar remote control touch screen di belakang console box. 

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Bentley Flying Spur 2019

Review Bentley Flying Spur 2019 : Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan fitur Bentley rotating display pada Bentley Flying Spur 2019

Interface Bentley Rotating Display pada Bentley Flying Spur 2019

Sistem hiburan Bentley Flying Spur 2019 terpusat pada Bentley Rotating Display, dimana sistem ini memungkinkan adanya 3 'wajah' berbeda sesuai keinginan pengemudi maupun penumpang. Dalam kondisi berkendara normal, Bentley Rotating Display akan menampilkan 'wajah' digital dengan layar 12.3-inch touchscreen, namun untuk pengemudi yang ingin lebih fokus berkendara, bisa mengganti wajah Bentley Rotating Display dengan 'wajah' analog yang menampilkan tiga dial analog untuk chronograph, suhu di luar, serta kompas. Jika ingin area dashboard benar-benar terlihat clean tanpa adanya display-display tertentu, Bentley Rotating Display akan menampilkan 'wajah' display berupa panel wood veneer agar selaras dengan desain dashboard sepenuhnya.

Sistem infotainment pada Bentley dikoneksikan kepada dua pilihan sistem audio. Pilihan pertama ialah Bang & Olufsen 16 speaker berkekuatan 1.500 watt, atau pilihan kedua ialah Naim for Bentley dengan 19 speaker yang memiliki teknologi Active Bass Transducers dan memiliki kekuatan audio lebih baik.

Review Bentley Flying Spur 2019 : Fitur Berkendara

Gambar menunjukkan fitur Bentley Dynamic Ride pada Bentley Flying Spur 2019

Bentley Dynamic Ride tersedia di Bentley Flying Spur 2019

Bentley Flying Spur 2019 dibekali beragam teknologi berkendara terbaik yang mampu mempertegas spirit Grand Touring pada sports luxury sedan mereka. Salah satu teknologi terbaru yang dimiliki oleh Bentley Flying Spur 2019 ialah Electronic All-Wheel Steering yang memudahkan manuver mobil di kecepatan rendah maupun tinggi. Teknologi ini didukung sistem Active All-Wheel Drive dan mode berkendara pada Bentley Dynamic Ride.

Di sisi lain, karakter bantingan suspensi yang adaptif pun didukung oleh three-chamber air spring dengan karakter suspensi beragam dari kenyamanan khas limousine sampai ke suspensi yang kaku layaknya sports car. Ragam fitur Driver Assistance Systems disematkan pada Bentley Flying Spur 2019 sebagai standar, termasuk Traffic Assist, City Assist dan Blind Spot Warning.

>>> Review Bentley Bentayga V8 2018: SUV Ultra Mewah 'Rasional' Bagi Kaum Jet Set Indonesia

OPERASI Bentley Flying Spur 2019

Gambar menunjukkan desian bagian mesin Bentley Flying Spur 2019

Bentley Dynamic Ride tersedia di Bentley Flying Spur 2019

Jantung pacu Bentley Flying Spur 2019 setia dengan mesin W12 6.0 Liter Twin-Turbo TSI. Mesin ini mampu menyajikan figur performa 635 PS dan torsi 900 Nm. Kekuatan mesin impresif ini terbukti saat akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 3.8 detik, serta bisa mencapai top speed 333 km/jam. Semua tenaga ini disalurkan ke semua roda melalui sistem Active All-Wheel Drive dengan dukungan sistem transmisi otomatis dual-clutch 8-percepatan produksi ZF.

>>> Spesifikasi Bentley Continental GT 2018: Gran Tourer Berdarah Kerajaan

spesifikasi Bentley Flying Spur 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Bentley Flying Spur 2019.

Mesin Bentley Flying Spur 2019

Tipe Mesin

6.0-litre twin-turbocharged W12 TSI

Kapasitas

5950 cc

Tenaga Maksimal

635 PS

Torsi Maksimal

900 Nm

Transmisi

8 speed dual clutch transmission with Active All-Wheel Drive

Dimensi Bentley Flying Spur 2019

P x L x T

5316 mm x 1.978 mm x 1.484 mm

Jarak Sumbu Roda

3194 mm

kelebihan & kekurangan Bentley Flying Spur 2019

Sekarang Cintamobil.com hendak sampaikan beberapa kelebihan dan kekurangan Bentley Flying Spur 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Bentley Flying Spur Dibekali Mesin dan Teknologi Handling lebih baik

Masih terasa sebagai Continental GT versi sedan

Bentuk desain yang lebih segar dan kabin lebih mewah

 

Pilihan kustomisasi Mulliner lebih mewah dan ekslusif

 

daftar harga Bentley Flying Spur 2019

Belum ada informasi seputar harga resmi Bentley Flying Spur 2019, namun Bentley memastikan bahwa mobil ini sudah bisa dipesan per akhir tahun ini.

>>> Klik sini untuk simak harga dan promo mobil Bentley lainnya

Video Bentley Flying Spur 2019

KESIMPULAN Bentley Flying Spur 2019

Merefleksikan diri sebagai 'spesialis' Grand Tourer, membuat Bentley Flying Spur 2019 jelas menjadi pilihan para kaum jet set yang ingin melakukan perjalanan lintas kontinental atau lintas negara dengan cepat dan nyaman. Apalagi dengan format sedan, membuat kenyamanan semakin paripurna untuk empat penumpang dewasa jika dibandingkan Bentley Continental GT.

Hanya saja rasanya memang Flying Spur masih belum bisa 'terbang' di luar bayang-bayang Continental GT, mengingat hampir mayoritas detil fitur dan teknologi sampai elemen tampilan mobil ini juga diambil dari mobil tersebut. Namun jika orientasi berkendara lebih difokuskan pada kenyamanan, dan bukan berkendara secara agresif hingga limit tertinggi, tidak menutup kemungkinan suguhan yang ditawarkan Bentley Flying Spur 2019 jauh lebih memikat dibanding saudaranya tersebut. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

HAFIZH FAUZAN
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil