IIMS 2021: FIN Bledhex, Mobil Listrik Offroad dari Cimahi

22/04/2021

Mobil baru

5 menit

IIMS 2021: FIN Bledhex, Mobil Listrik Offroad dari Cimahi
Indonesia juga tak kalah punya mobil listrik produksi dalam negeri, namanya Fin Bledhex. Ini merupakan jenis mobil listrik offroad yang diproduksi di Cimahi, Jawa Barat.

Fin Komodo Teknologi selaku produsen mobil offroad asal Cimahi, Jawa Barat, baru saja memperkenalkan Fin Bledhex. Ini merupakan varian terbaru dari Fin Komodo namun berpenggerak motor listrik. Dan untuk pertama kalinya, mobil listrik asli Indonesia itu dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021.

Masih menggunakan platform yang sama dari mobil offroad Fin Komodo, Bledhex menggunakan baterai jenis lithium-ion dan Mid - Rear Electric Motor.

"Bledhex dari bahasa Jawa artinya petir," ucap Yurizka Anindita, Sales Executive PT Fin Komodo Teknologi yang kami temui di IIMS Hybrid 2021.

>>> Wuling Mini EV Cabrio, Mobil Listrik yang Cocok Untuk Pamer Rambut

Fin Bledhex Bisa Melesat Sejauh 150 Km Sekali Cas

FIN Bledhex listrik

Baterai bisa dicas selama 3 jam

Lebih lanjut Yurizka menjelaskan jika Fin Komodo varian elektrik ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 21 kWh. Baterai ini dipasangkan dengan Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) electric motor untuk menggerakkan roda belakang.

Dengan baterai dan motor listrik tersebut, Fin Bledhex mampu menghasilkan tenaga maksimal 24 kW dengan torsi 70 Nm. Dalam sekali isi daya, baterai sanggup membuat mobil offroad dari Cimahi itu melaju sejauh 150 kilometer (km). Dan jika baterai kehabisan daya listrik maka dapat diisi ulang selama 3 jam dengan sumber listrik 6000 watt.

"Tapi bisa juga pakai sumber listrik di rumah, nantinya kita juga akan sediakan soket khusus sebagai paket pembelian," kata Yurizka.

>>> Mengintip Cara hingga Biaya Perawatan Mobil Listrik

Spesifikasi dan Harga Fin Bledhex 2021

Fin Bledhex 2021 kabin

Transmisinya otomatis

Mobil ini punya panjang total 3.400 milimeter (mm), lebar 1.635 mm, tinggi 1.645 mm, dan jarak sumbu roda 430 mm. Kemudian ground clearancenya 310 mm yang memungkinkan untuk melintasi berbagai medan offroad.

Untuk suspensi yang digunakan adalah suspensi full independent double wishbone dengan per keong baik untuk suspensi depan maupun belakang. Sistem transmisinya pakai model single speed sehingga pengemudi hanya diberi pilihan tiga mode berkendara yakni Hi - Low - Reverse.

Fin Bledhex Harga IIMS 2021

Mobil listrik untuk offroad

>>> Review Hyundai Ioniq Electric 2020: Godaan Mobil Listrik Termurah di Indonesia

Untuk harganya, Fin Bledhex ditawarkan Rp 300 juta - Rp 350 juta. Pengiriman unit baru dilakukan di akhir tahun ini, dan konsumen bisa melakukan kostumisasi pada bagian warna bodi dan juga aksesoris yang terpasang. Walau baru saja diperkenalkan, namun diungkapkan Yurizka sudah ada beberapa pihak yang tertarik dan memesan mobil listrik ini.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top