GIIAS 2021: Kompilasi SUV Baru, Mulai dari BR-V Hingga CRETA

17/11/2021

Mobil baru

7 menit

Share this post:
Popularitas SUV saat ini memang tengah melonjak, tak heran MPV pun kini banyak yang bergaya SUV. Ini deretan SUV baru yang bisa Anda temukan di GIIAS 2021.

Melihat tren cuaca Indonesia belakangan ini, tak heran jika masyarakat mulai beralih ke mobil-mobil Sport Utility Vehicle (SUV). Pabrikan otomotif di Indonesia pun turut mengakomodasi keinginan para konsumen dengan meluncurkan berbagai model SUV baru selama setahun ke belakang.

Beberapa di antaranya saat ini sedang melantai di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Momen ini sangat tepat bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli SUV baru. Berikut daftar pilihan SUV terbaru di GIIAS 2021.

1. All New Honda BR-V

SUV terbaru di GIIAS 2021 yang pertama adalah All New BR-V. Mobil ini memang sudah diperkenalkan 2 bulan lalu, namun PT Honda Prospect Motor (HPM) memanfaatkan momentum GIIAS untuk mengumumkan harga resmi Low SUV 7-penumpang ini.

Gambar All New BR-V

Setelah diluncurkan 2 bulan lalu, kini HPM mengumumkan harga resmi SUV terbaru mereka di GIIAS

Dibanding pendahulunya, mobil ini 100% baru, mulai dari mesinnya; platform; keseluruhan desain, hingga deretan fitur canggih pun kini tersemat pada sebuah BR-V yang sebelumnya pelit akan fitur.

All New BR-V juga kini dibekali dengan Honda Sensing sebagai Advanced Driver Asssitance System (ADAS) di varian tertinggi yang dibanderol Rp 339,9 juta. Sedangkan varian paling rendah dihargai Rp 275,9 juta.

>>> Review Honda All New BR-V 2022: Resep yang Bikin Rival Bertekuk Lutut

2. Mitsubishi New Xpander Cross

Low SUV 7-penumpang ini sebenarnya tidak sepenuhnya baru, melainkan hanya facelift minor terutama di sektor performa dan interior. Seperti yang telah kami beritakan sebelumnya, kini Xpander dan Xpander Cross menggunakan transmisi CVT (Continously Variable Transmission).

Gambar Xpander Cross

Tak hanya Xpander, versi Cross pun mendapat sedikit sentuhan facelift dan dipajang di GIIAS 2021

Untuk Mitsubishi Xpander Cross sendiri, ubahan eksterior hanya terletak pada finishing grille. Sedangkan di bagian interior, Anda akan menemukan kabin yang kini terlihat semakin berkelas berkat kehadiran desain dashboard dan setir baru, serta material pembungkus jok yang dijahit diamond pattern dengan kombinasi warna biru navy dan hitam.

Tak hanya itu, ada beberapa tambahan fitur baru seperti Electronic Parking Brake, Brake Auto Hold, dan Auto Stop and Go. Selama diskon PPnBM 100% masih berlaku, Xpander Cross dibanderol mulai Rp 268,15 hingga Rp 291,41 juta.

2. Isuzu MU-X 4x4

Isuzu meluncurkan MU-X 4x4 terbaru dengan tampilah yang lebih gagah dan modern serta mesin baru yang kini lebih kompak di GIIAS 2021. Mesin berkapasitas 1,9 Liter tersebut memiliki tenaga 148 HP dengan torsi 350 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke empat roda melalui transmisi otomatis tiptronic 6-percepatan.

Gambar MU-X

SUV ini diluncurkan untuk menyasar segmen pertambangan

Mobil yang menyasar konsumen fleet khususnya di area tambang dan perkebunan ini dibanderol dengan harga Rp 559,9 juta.

>>> GIIAS 2021: All New MU-X dan D-Max Meluncur, Isuzu Fokus Garap Konsumen Pertambangan

4. Kia Seltos GT Line dan CRDi

PT Kreta Indo Artha (KIA) kembali mengembangkan line up Compact SUV andalan mereka, Kia Seltos. GT Line merupakan varian top of the line dengan fitur terlengkap dan tampilan sporty nan berkelas khas mobil-mobil Kia yang menggunakan nomenklatur serupa.

Gambar Kia Seltos CRDi

Menjadi satu-satunya Compact SUV bermesin diesel menjadi nilai tambah tersendiri

Sedangkan Seltos CRDi merupakan satu-satunya Compact SUV yang bermesin diesel di Indonesia. Ini menjadi keunikan dan nilai tambah tersendiri mengingat mesin diesel memiliki torsi yang lebih besar dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibanding dengan mesin bensin.

Masing-masing dijual dengan harga Rp 389 juta untuk Seltos EXP CRDi, dan Rp 415 juta untuk Seltos CRDi.

5. Hyundai CRETA

Nah SUV terbaru di GIIAS 2021 yang satu ini bisa dikatakan salah satu yang paling disorot. Sejak diluncurkan di hari pertama, mobil yang akan head-to-head dengan Honda HR-V ini tak pernah sepi dikunjungi para pengunjung dan awak media.

Hyundai CRETA adalah sebuah Compact SUV premium yang menawarkan berbagai fitur canggih seperti Hyundai Bluelink dan Hyundai SmartSense. Uniknya, peminat mobil ini bisa melakukan kustomisasi bak membeli mobil premium Eropa melalui layanan My Own CRETA.

>>> GIIAS 2021: Fitur Canggih Ini Bikin Hyundai Creta 2022 Lebih Aman di Jalan

Gambar My Own CRETA

Bebas memilih warna dan fitur dengan layanan kustomisasi My Own CRETA

My Own CRETA mengambil basis trim Trend yang diberikan 10 paket opsi yang bisa dipilih pelanggan. Misalnya seperti sport, Lighting, Sunroof + Two Tone Roof, Premium, Outdoor, BOSE Sound, Air Purifier, Body Kit, Red Color Pack, dan High-Tech.

Anda juga bisa memilih 10 pilihan warna bodi dan 2 pilihan warna interior. Jika dikombinasikan, terdapat lebih dari 9.000 kombinasi Hyundai CRETA yang bisa dibuat.

Mobil ini dibanderol mulai dari Rp 279 juta untuk trim Active dengan transmisi manual 6-percepatan, hingga Rp 399 juta untuk trim prime dengan transmisi IVT.

>>> Temukan Mobil Bekas Impian Anda di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top