GIIAS 2021: All New MU-X dan D-Max Meluncur, Isuzu Fokus Garap Konsumen Pertambangan

14/11/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Isuzu meluncurkan All New MU-X 4x4 dan D-Max di GIIAS 2021. Kedua mobil itu difokuskan untuk memenuhi kebutuhan konsumen fleet khususnya sektor pertambangan.

All New MU-X dan D-Max merupakan full model change yang meliputi perubahan di sektor dapur pacu, interior dan eksterior, teknologi yang disematkan, hingga ke konsep desainnya. Semua itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen Isuzu di Indonesia.

Dengan perubahan tersebut All New MU-X dan D-Max menjadi lebih baik dalam hal keselamatan berkendara dan kemampuan off-road yang tentunya dibutuhkan bagi target market utama kedua mobil tangguh itu.

Fokus Menggarap Konsumen di Sektor Pertambangan

Yohanes Pratama, Chief Operating Officer, Astra Isuzu menyebut bahwa kedua mobil ini diperuntukkan bagi para pemilik bisnis di bidang pertambangan, gas, dan perkebunan.

>>> Review Isuzu All-new MU-X 2020: Penantang Fortuner Dan Pajero Sport Makin Tangguh

Gambar Narasumber Isuzu

Yohanes Pratama membeberkan strategi Isuzu untuk menyonsong masa depan dengan tagline baru mereka sebagai 'Real Working Partner'

"Saat ini kita melihat bahwa sektor perkebunan, pertambangan dan gas mulai menggeliat. Di mana sektor-sektor tersebut membutuhkan partner kerja yang tepat, di situlah kita lihat peluang besarnya," ungkap Yohanes.

Yohanes menyebut bahwa All New MU-X dan D-Max diluncurkan dengan mempelajari kebutuhan para konsumen utamanya. Medan jalan serta penggunaan yang berat menuntut kendaraan operasional yang tangguh. Ia meyakini bahwa dua jagoan baru dari Isuzu ini sesuai dengan profil kendaraan tersebut.

"Dalam kondisi riil, site pertambangan ataupun perkebunan merupakan lingkungan yang ekstrem dalam menguji ketangguhan. Melihat tren komoditas yang sedang menanjak, kalau bisa mobil itu hanya berhenti untuk isi solar dan melakukan perawatan atau perbaikan. Selebihnya digeber lagi. It’s real working partner, seperti tagline Isuzu," ujarnya.

Meski begitu, Isuzu tidak lantas berpuas hati untuk berkutat di segmen ini. Yohanes mengakui bahwa sektor passenger terutama untuk SUV 4x2 merupakan pasar yang menjanjikan. Karena itu, ia berniat untuk meluncurkan mobil-mobil yang juga sesuai dengan profil segmen tersebut.

Gambar Isuzu MU-X

Isuzu tak menutup kemungkinan untuk meluncurkan MU-X 4x2 dengan spesifikasi yang sesuai untuk pasar passenger car

"Pasti ada pandangan ke depan untuk bisa masuk ke market yang lebih luas, salah satunya untuk masuk ke segmen SUV 4x2 yang cukup menggiurkan. Kita tetap lakukan studi untuk bisa mengikuti kehendak pasar pada umumnya. Namun saat ini kita coba untuk masuk terlebih dulu melalui segmen yang terbatas namun juga keras ini," bebernya.

Memang saat ini kedua mobil hanya ditawarkan dengan varian yang cenderung fungsional dan operasional. Itu terlihat pada pemilihan opsi transmisi serta ketiadaan fitur Advanced Driver Asssistance System (ADAS) yang tersemat di model yang dipasarkan di negara asal kedua mobil tersebut.

>>> GIIAS 2021: Isuzu mu-X 4x4 Terbaru Mengaspal, Dibanderol Rp 559,8 Juta

Spesifikasi Isuzu All New MU-X dan All New D-Max

Kedua mobil dibekali dengan mesin RZ4E-TC generasi kedua yang memiliki kapasitas 1.898 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 150 HP pada putaran mesin 3.600 rpm dan torsi maksimal 350 Nm pada rentang putaran mesin 1.800 hingga 2.600 rpm.

All New MU-X hanya ditawarkan dalam pilihan transmisi otomatis 6-percepatan Revtronic. Sedangkan All New D-Max hanya ditawarkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Transmisi itu menyalurkan tenaga dari mesin ke semua roda melalui penggerak 4x4.

Gambar Isuzu D-Max

All New D-Max hadir dengan mesin lebih kompak, namun lebih bertenaga dari pendahulunya

Kedua mobil dilengkapi dengan fitur  ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), BA (Brake Assist), ESC (Electronic Stability Control), TCS (Traction Control System), HSA (Hill Start Assist) dan HDC (Hill Descent Control).

Isuzu MU-X terbaru ditawarkan dengan harga Rp 559,9 juta, sedangkan D-Max ditawarkan mulai dari Rp 363,6 untuk tipe terendah hingga Rp 459,8 juta untuk tipe tertinggi.

Demi mengakomodasi para pemilik usaha yang menjadi konsumen Isuzu, pabrikan asal Jepang ini memberikan kemudahan dengan pelayanan service dan spare part on-site. Artinya, mobil fleet tersebut tak perlu mengunjungi bengkel resmi demi melakukan perawatan.

>>> Temukan Mobil Bekas dengan Harga Terbaik di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top