Review Isuzu All-new MU-X 2020: Penantang Fortuner Dan Pajero Sport Makin Tangguh

28/11/2020

Share this post:

Isuzu MU-X 2020

Editor rate:

TBA

Daftar Harga mobil Isuzu MU-X terbaru Lihat promo

Bulan oktober 2020 lalu Isuzu Motor Thailand meluncurkan Isuzu All-new MU-X 2020 yang akan jadi kompetitor tangguh Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport

Review Isuzu All-new MU-X 2020: Penantang Fortuner Dan Pajero Sport Makin Tangguh
Review Isuzu All-new MU-X 2020: Penantang Fortuner Dan Pajero Sport Makin Tangguh
0 Gambar

Pengantar Isuzu MU-X 2020

Mari kita simak spesifikasi Isuzu MU-X 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Desain paling fresh dibanding para rival

Performa mesin jadi yang terbaik di kelasnya

Fitur canggih

Kekurangan

Kemungkinan masuk Indonesia 2021 pakai mesin lama (3.000 cc)

Fitur canggih A.D.A.S kemungkinan akan 'disunat'

Harga bisa tinggi karena berformat CBU (Completely Built Up)

Gambar Isuzu All-new MU-X 2020

Mampukah ia jadi kuda hitam kembali?

Produk yang satu ini selalu menjadi kuda hitam di kelasnya. Sejak awal kehadirannya di Indonesia tahun 2013 silam. Dengan bekal berbagi platform dengan Chevrolet Trailblazer, maka Isuzu MU-X dengan gagah berani melawan kompetitor-kompetitor mapan di kelas ladder frame seperti Toyota Fortuner, Ford Ranger, hingga Mitsubishi Pajero Sport. Setelah hanya satu kali mengalami facelift di tahun 2017, kini tahun 2020 tepatnya bulan Oktober Isuzu MU-X mendapat ubahan total. Seberapa menarik Isuzu MU-X 2020 ini? Simak review Isuzu All-new MU-X 2020 hingga tuntas.

Mobil Baru Populer

Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta
Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 509.9 - Rp 709.5 Juta
Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta

Eksterior Isuzu MU-X 2020

Review Isuzu All-new MU-X 2020: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Isuzu All-new Isuzu MU-X 2020

Desain Cross Flow jadi bahasa desain anyar

Tampilan depan Isuzu All-new MU-X 2020 ini tampak semakin tampan dengan penerapan grille model 'Cross Flow'. Terdapat efek tiga dimensi pada lekukan bumper depan yang membuat sosoknya semakin keren. Bilah grille ganda dengan bentuk tebal pun makin memperkokoh desain tampilan eksterior depan mobil ini. Aura modern nan canggih juga terlihat dari headlampnya yang menyipit dan sudah mengusung LED (Light Emitting Diode) begitu juga foglampnya.

Gambar headlamp Isuzu All-new MU-X 2020

Terdapat ciri khas Arrow Signature Design

Review Isuzu All-new MU-X 2020: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Isuzu All-new MU-X 2020

Posturnya cukup proporsional dari samping

Lanjut ke tampilan eksterior samping Isuzu All-new MU-X 2020 ini, kini bentuk yang diilhami desain khas Chevrolet sudah total hilang dan diganti dengan bahasa desain luxury sport terbaru. Hal ini terpancar dari garis-garis bodi yang kokoh dipadu dengan penggunaan lis krom pada jendela. Tak lupa footstep juga bikin kesan jangkung makin kentara. O ya, khusus MU-X tipe Ultimate seperti di foto pakai velg ukuran 20 inchi.

Gambar velg dan ban Isuzu All-new MU-X 2020

Velg 20 inchi keren dan kekar

Review Isuzu All-new MU-X 2020: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Isuzu All-new MU-X 2021

Desain tampilan belakang keren

Di bagian buritan. tepatnya di stoplamp terdapat desain menyerupai 'winglet' yang menjadi signature pada produk Isuzu All-new MU-X 2020 ini. Lekukan bumper belakang pun tegas dan dilengkapi dengan mata kucing serta ornamen berwarna silver yang membuat kesan modern di SUV bersasis tangga ini. Untuk bohlam yang digunakan, sama dengan headlamp, ia sudah mengandalkan pencahayaan dari bohlam berjenis LED.

Gambar stoplamp Isuzu All-new MU-X 2020

Stoplamp andalkan bohlam LED

>>> Isuzu MU-X Vs Pajero Sport, Mana Paling Layak Dibeli?


Interior Isuzu MU-X 2020

Review Isuzu All-new MU-X 2020: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Isuzu All-new MU-X 2020

Dashboard mewah dan modern

Masuk ke dalam kabin, Anda akan disambut dengan desain dashboard yang mewah dan diprediksi material empuk seperti pada MU-X Thailand ini akan tetap di bawa ke Indonesia. Konsol tengah dashboard pun dirancang secara innovatif dan menyatu menjadi satu bagian. Tak hanya itu saja, guna menambah mood dan menyemarakkan atmosifr kabin, interior MU-X terbaru ini pun dilengkapi dengan ambient light.

Review Isuzu All-new MU-X 2020: Kursi

Gambar kursi penumpang depan dan pengemudi Isuzu All-new MU-X 2020

Teknologi COOLMAX mampu reduksi panas

Duduk berlama-lama di kursi Isuzu All-new MU-X 2020 ini Anda dijamin akan betah, sebab bukan hanya kursinya yang diklaim mampu menyangga tubuh dengan baik. Namun lapisan leather di kursi MU-X teranyar ini sudah mengadopsi teknologi COOLMAX yang juga diklaim mampu mereduksi panas berlebih. Sandaran kepala serta sabuk pengaman yang proper juga turut tersedia untuk tujuh penumpang termasuk pengemudi di mobil ini.

Gambar kursi Isuzu All-new MU-X 2020

Kursi sudah full kulit

Review Isuzu All-new MU-X 2020: Setir

Gambar setir Isuzu All-new MU-X 2020

Desain setir baru dan modern

Setir Isuzu All-new MU-X 2020 ini terlihat sudah dilapis bahan kulit dengan jahitan asli. Kemudi ini juga dapat diatur secara tilt and telescopic guna menyesuaikan dengan postur tubuh pengemudi. Setir ini juga terdapat tombol multifungsi dengan kegunaan berbeda, pada spoke kiri terdapat deretan tombol untuk mengatur audio dan voice command, sementara di spoke kanan untuk mengatur cruise control dan MID (Multi Information Display).

Review Isuzu All-new MU-X 2020: Bagasi

Gambar bagasi Isuzu All-new MU-X 2020

Pintu bagasi elektris

Proses memasukkan barang kini semakin mudah dengan adanya fitur power tailgate pada Isuzu All-new MU-X 2020 ini. Jadi, Anda tinggal kantungi saja kunci, lantas tekan tombol di gagang pintu maka pintu bagasi akan terbuka dengan sendirinya, jelas fitur ini memudahkan dan terasa friendly bagi kaum hawa. Bicara kapasitas bagasinya sendiri juga terlihat cukup luas dan mampu muat beberapa koper ukuran medium dan besar.

>>> Isuzu MU-X 2021 Meluncur, Gaya Baru Si Penantang Toyota Fortuner

Fitur Isuzu MU-X 2020

Review Isuzu All-new MU-X 2020: Panel Instrumen AC

Gambar panel instrumen AC Isuzu All-new MU-X

AC sudah dilengkapi filter udara

AC pada Isuzu MU-X terbaru ini tak hanya mampu diatur secara individual karena sudah menganut sistem dual zone, tetapi udara dingin yang dikeluarkan oleh AC Isuzu All-new MU-X 2020 ini juga sehat. Sebab sudah dilengkapi dengan filter udara PM 2.5 yang diklaim mampu menyaring udara kotor, seperti virus dan bakteri serta meminimalkan udara kotor bersirkulasi di kabin mobil ini. 

Review Isuzu All-new MU-X 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar In-Car Entertaiment System Isuzu

Tata suara seharusnya cukup baik

Sistem audio juga menjadi salah satu keunggulan Isuzu All-new MU-X 2020 ini, karena in-car entertaiment system Isuzu MU-X teranyar ini sudah mampu terkoneksi dengan pemutar audio kekinian yakni Apple CarPlay dan Android Auto. Kualitas reproduksi suara dari MU-X baru ini juga seharusnya tetap baik, karena selain dilengkapi dengan 8 speaker termasuk tweeter, kekedapan kabin dari SUV ladder frame ini lebih baik dari generasi sebelumnya.

Review Isuzu All-new MU-X 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar Advance Driver Safety Assistance Isuzu

Sistem radar pintar bantu jaga mobil lebih aman

Isuzu All-new MU-X 2020 ini disematkan fitur safety pintar bernama ADAS (Advanced Driver Assistance System). Sistem ini terdiri dari beberapa fitur penting yang dapat membuat MU-X anyar ini berjalan semi autonomous. Pertama ada ACC (Adaptive Cruise Control) yang berfungsi menjaga kecepatan mobil saat melaju di tol dan menyesuaikan dengan kendaraan didepan, lalu ada FCW (Forward Collision Warning) yang bekerja sama dengan AEB (Autonomous Emergency Braking) yang punya fungsi mengintervensi sistem pengereman jika terdeteksi ada objek yang berpotensi tertabrak.

Gambar High Tensille Steel Isuzu

Rangka gunakan high tensille

BSM (Blind Spot Montoring) dan RCTA (Rear Cross Traffic Alert) yang memiliki kegunaan memantau objek yang tidak terlihat di samping dan belakang kendaraan. Lantas juga ada LDW (Lane Departure Warrning) yang bertugas untuk menjaga mobil agar tidak melewati marka jalan. Lebih lanjut AHB (Automatic High Beam) yang dapat mengatur arah lampu agar tidak menyilaukan pengendara di depan, ada juga fitur PMM (Pedal Misapplication Mitigation) yang bekerja sama dengan MCB (Multi-Collision Brake) guna membantu mengatur rem setelah tabrakan guna mengurangi impak benturan susulan.  

>>> Komparasi SUV VS MPV: Isuzu Mu-X I-Series VS Toyota Venturer 2.4 Q M/T, Adu Mobil Keluarga Gagah Harga Rp450 jutaan

Operasi Isuzu MU-X 2020

Gambar pilihan mesin Isuzu All-new MU-X

Terdapat dua pilihan mesin

Terdapat dua pilihan mesin Isuzu All-new MU-X 2020 ini, yakni 4-silinder 3.000 cc berkode 4JJ3-TCX, dan unit 4-silinder 1.900 cc dengan kode RZ4E-TC. Output dari kedua mesin ini dapat Anda lihat di boks spesifikasi yang telah kami sediakan. Untuk sistem penggerak ada dua pilihan, yakni 4x2 dan 4x4. Persamaannya tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh masing-masing mesin disalurkan via transmisi Otomatis 6-Percepatan berjuluk RevTronic.

Gambar tuas transmisi Isuzu All-new MU-X 2020

Transmisi otomatis 6-percepatan bertugas salurkan daya ke roda

Kestabilan mobil ini senantiasa terjaga dengan penerapan suspensi independent double wishbone di bagian depan dan multi-link di buritan. Keunggulan sistem suspensi independen ini adalah ban depan tetap senantiasa tegak lurus saat setir dibelokkan atau bermanuver, sehingga menambah traksi dan daya cengkram ban saat bermanuver. Kelemahan dari sistem independen dengan wishbone ganda ini adalah konstruksinya yang rumit dan cukup mahal saat butuh perbaikan.

Gambar suspensi belakang Isuzu All-new MU-X 2020

Suspensi 5-link di belakang total baru

Dua mesin anyar ini memiliki performa yang lebih baik bila dibandingkan dengan mesin 4JK1-TC berkapasitas 2.500 cc 4-silinder yang diusung oleh Isuzu MU-X yang masih dijual di Tanah Air. Jelas saja, karena teknologi mesin generasi Blue Power lebih advanced bila dibandingkan mesin MU-X lokal. Bocoran dari 'orang dalam' PT Isuzu Astra Motor Indonesia Isuzu MU-X terbaru ini akan masuk Indonesia, namun masih mengusung mesin lawasnya. Yah, sayang sekali...

Gambar Isuzu All-new MU-X 2020 sedang melaju

Performa diharapkan baik

Spesifikasi Isuzu MU-X 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Isuzu All-new MU-X 2020.

Mesin Isuzu All-new MU-X 2020
 Seri mesin

 RZ4E-TC, 4 Silinder 16 Valve DOHC, Intercooler VGT

 4JJ3-TCX, 4 Silinder, 16 Valve DOHC, Intercooler VGT

 Pasokan Bahan Bakar

 Direct Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 RZ4E-TC: 150 PS @ 3.600 rpm

 4JJ3-TCX: 190 PS @ 3.600 rpm

 Torsi Maksimum

 RZ4E-TC: 350 NM @ 1.800 - 2.600 rpm

 4JJ3-TCX: 450 NM @ 1.600 - 2.600 rpm

 Kapasitas Silinder

 RZ4E-TC: 1,898 cc

 4JJ3-TCX: 2,999 cc

 Bore X Stroke

 RZ4E-TC: 80,0 mm X 94,4 mm

 4JJ3-TCX: 95,4 mm X 104,9 mm

 Tipe Transmisi

 Otomatis 6-Percepatan RevTronic, Penggerak Roda Belakang & 4WD

  Rangka Isuzu All-new MU-X 2020
 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.850 mm X 1.870 mm X 1.825 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.920 mm

 Ground Clearance

 230 mm
 Radius Putar

 5,6 Meter

 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 Kapasitas Tangki

 80 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Isuzu All-new MU-X 2020
Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Independent Double Wishbone, Coil Spring with Stabilizer

 Belakang:5 Link Coil Spring, with Stabilizer

Sistem Kemudi

 Rack and pinion with Hydraulic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Ventilated Disc

Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD, BA, Advanced Driver Assistance System
Teknologi Safety Sasis

 Ultra High Tensille by ISUZU

Struktur Sasis

 Ladder Frame, SUV C-Segment

 Pelek

 1.9 Diesel: 17 & 18 Inch (Tipe Active & Luxury, Elegant)

 1.9 Diesel: 20 Inch (Tipe Ultimate)

 3.0 Diesel: 20 Inch (Tipe Ultimate)

Jenis Ban

 1.9 Diesel Tipe Active: Radial, 255/65R17

 1.9 Diesel Tipe Luxury, Elegant: Radial, 265/60R18

 1.9 Diesel Tipe Luxury: Radial, 265/50R20

 3.0 Diesel (Hanya Tipe Ultimate): Radial, 265/50R20

Daftar Harga Isuzu MU-X 2020

Gambar ilustrasi harga Isuzu All-new MU-X 2020

Tipe tertinggi bisa tembus Rp 600 jutaan

Isuzu All-new MU-X 2020 ini ditawarkan dalam dua varian mesin dan empat tipe, yakni Active sebagai trim entry level, Luxury dan Elegant sebagai tipe menengah, dan Ultimate sebagai top of the line. Harga yang ditawarkan Isuzu Thailand adalah Rp 400 hingga Rp 550 jutaan untuk tipe tertingginya. Jika masuk Indonesia, diperkirakan harganya akan tembus di atas Rp 500 bahkan Rp 600 juta.

Kesimpulan Isuzu MU-X 2020

Gambar kesimpulan review Isuzu All-new MU-X 2020

Isuzu All-new MU-X 2020 ini layak ditunggu

Mobil ini layak ditunggu, karena secara total baru baik itu desain, kaki-kaki, hingga ke mesinnya. Kami berharap PT Isuzu Astra Motor Indonesia selaku agen pemegang merek Isuzu di Indonesia tidak menyunat fitur yang ada pada Isuzu MU-X terbaru ini. Kalau bisa sekalian saja diboyong mesin terbaru 1.900 cc blue diesel yang hemat BBM dan punya performa lebih menggigit dibandingkan mesin lawasnya.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Garasi Mobil

DI Yogyakarta

KW Motor Jogja

DI Yogyakarta

Harim Mobilindo

DI Yogyakarta

back to top