Review Honda All New BR-V 2022: Resep yang Bikin Rival Bertekuk Lutut

25/10/2021

Share this post:

Honda BR-V 2022

Editor rate:

Rp 275.900.000

Mobil BR-V bekas - Harga bekas Honda BR-V Lihat promo

PT Honda Prospect Motor meluncurkan Honda All New BR-V 2022 sebagai Low Sport Utility Vehicle pamungkas untuk menjegal para rival-rivalnya yang semakin ramai

Review Honda All New BR-V 2022: Resep yang Bikin Rival Bertekuk Lutut
Review Honda All New BR-V 2022: Resep yang Bikin Rival Bertekuk Lutut
0 Gambar

Pengantar Honda BR-V 2022

Mari kita simak spesifikasi Honda BR-V 2022 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur berlimpah

Kabin luas

Performa mesin

Kekurangan

Tipe tertinggi besar velg hanya 17 inci bukan 18 inci seperti di konsep

Akan kebih baik jika ada fitur Ultra Seat

Harga trim terendah sudah melewati Rp 250 juta

 

 

Sebelum membahas mengenai review Honda All New BR-V 2022, kita lirik dulu sejarah Low Sport Utility Vehicle (LSUV) di Indonesia. Sebenarnya kelas ini pertama kali muncul di tahun 2000-an awal dengan Daihatsu Taruna yang melenggang jadi pemain tunggal saat itu.

Berselang 6 tahun kemudian Toyota juga ingin jualan di kelas ini, maka terlahirlah Toyota Rush yang mendampingi Daihatsu Terios. Dua mobil racikan 'Geng Sunter' tersebut tak punya lawan berarti hingga satu dekade setelah kemunculannya.

Baru pada tahun 2016 Honda memperkenalkan Honda BR-V yang mengambil basis dari Honda Brio dan Honda Mobilio. BR-V pun langsung mencuri perhatian dan memberikan perlawanan sengit, karena hadir dengan konsep SUV dengan handling yang memukau bak sedan.

Honda BR-V E 2016

Honda BR-V generasi pertama lahir tahun 2016

Beda sekali dengan rivalnya yang sama-sama bermarkas di bilangan Sunter, Jakarta Utara itu yang lebih menawarkan konsep gagah dengan perawakan tinggi dipadu ban cadangan yang diletakkan di pintu bagasi, dan tentu saja dari sisi pengendaraan body roll duo Astra itu lebih terasa dari BR-V.

Honda All New BR-V Prestige 2022

Generasi kedua BR-V meluncur 5 tahun kemudian...

Tapi sayangnya, pesona BR-V mulai meredup di tahun 2018 saat Toyota All-new Rush dan Daihatsu All-new Terios lahir. Duo produk kembar itu menawarkan fitur yang lebih lengkap dari BR-V, kabin lebih lapang, dan kemampuan daya jelajah lebih baik berkat ground clearance yang lebih tinggi 19 mm dari BR-V generasi pertama.

Untuk itu PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda di Tanah Air langsung memutar otak. Mereka bekerja mengembangkan Honda All New BR-V 2022 di pusat riset dan pengembangan mereka yang berpusat di Honda R&D Asia Pacific Prachinburi, Thailand.

Dan inilah hasil kerja keras mereka, Honda All New BR-V 2022 telah menyapa konsumen pecinta LSUV di Tanah Air. Lantas seperti apa mobil ini? Mari kita simak review All New Honda BR-V 2022 ini hingga tuntas.

Mobil Baru Populer

Rp 260 - Rp 320 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta
Rp 151 - Rp 200.2 Juta
Rp 729.6 - Rp 800 Juta
Rp 888 - Rp 888 Juta

Eksterior Honda BR-V 2022

Review Honda All New BR-V 2022: Tampilan Depan

Desain Honda All New BR-V 2022 ini hadir dalam desain yang serba baru. Mulai dari tampilan depan yang memberi kesan agresif dan sporty serta merefleksikan tampilan dari sebuah SUV. Lampu depan, gril depan, dan kap mesin dirancang untuk menonjolkan garis bodi tegas yang tersambung dari depan hingga belakang body.

Eksterior depan Honda All New BR-V 2022

Desain eksterior depan total baru

Lekuk-lekuk yang dinamis namun tetap elegan terlihat di bagian eksterior depan dari All New BR-V ini. Headlamp sudah menggunakan full LED (Light Emitting Diode) yang punya respon cepat dan hemat daya listrik.

Housing Foglamp Honda All New BR-V 2022

Foglamp juga sudah LED di tipe PRESTIGE ini

Demikian pula dengan foglampnya, lampu kabut pada All New BR-V ini juga mengandalkan bohlam LED yang memancarkan sinar putih dan terang. Meskipun kekuatan menembus kabutnya tidak lebih baik dibandingkan foglamp yang pakai bohlam berwarna kuning.

Review Honda All New BR-V 2022: Tampilan Samping

Berlanjut ke bagian sampingnya, kalau Anda menganggap ukuran BR-V generasi kedua ini membesar, Anda tidak salah. Karena secara dimensi panjangnya bertambah, 34 mm, lebarnya pun lebih melar 45 mm, dan tingginya bertambah 19 mm.

Eksterior samping Honda All New BR-V 2022

Wheelbase lebih panjang, jamin kabin lega

Kelegaan kabinnya juga terbantu berkat jarak sumbu roda yang lebih panjang 38 mm dari BR-V generasi pertama. Juga jangan lupa, kemampuannya melibas jalan rusak pun semakin sakti berkat ground clearance juga lebih jangkung 19 mm dibandingkan BR-V generasi sebelumnya.

Spion Honda All New BR-V Prestige

Desain rumah spion juga baru serta lebih aerodinamis

Secara umum, desain eksterior sampingnya yang terinspirasi dari pesawat jet pribadi ini terlihat sederhana dan ramping. Namun tetap memberikan citra SUV yang kuat dan tangguh serta memberikan kebanggaan bagi pemiliknya.

Review Honda All New BR-V 2022: Tampilan Belakang

Senada dengan bagian depan dan samping, desain eksterior di buritan juga sepenuhnya baru. Desain ini menghadirkan penampilan ramping dan nyaman. Garis yang solid di sepanjang bodi menegaskan kesan kokoh dalam balutan desain dinamis dan bertenaga.

Eksterior belakang Honda All New BR-V 2022

Tampilan eksterior belakang clean

Stoplamp yang dipakai juga tak kalah istimewa. Ia seakan didesain dengan garis menyatu yang membentang dari bodi samping hingga lampu belakang memberikan tampilan yang dinamis dan ramping. Paling istimewa selain desain 3 dimensinya, adalah lampu rem dan lampu kotanya sudah pakai LED.

Stoplamp Honda All New BR-V

Sayangnya lampu sein dan lampu mundur belum LED

Kekokohan bagian belakang diseimbangkan kembali untuk mendapatkan stabilitas lebih baik. All New BR-V dilengkapi dengan bingkai melingkar besar, sebuah struktur bodi terkini yang sangat efisien dan secara signifikan memperkuat pilar C dan D, serta meningkatkan dan memperbaiki kekokohan di bagian belakang kendaraan.


Interior Honda BR-V 2022

Review Honda All New BR-V 2022: Layout Dashboard

Konsep desain interior juga total baru dan tercipta dari 3 nilai inti yang sama dengan konsep besar yakni Jetliner Cross. Honda berusaha menempatkan perhatian pada SUV Value dipadu dengan material berkualitas tinggi sehingga membuatnya nyaman serta mampu menunjukkan karakter SUV yang sesungguhnya. 

Layout dashboard Honda All New BR-V 2022

Dashboard terlihat mewah dan ada bahan empuk (soft touch)

Diharapkan saat memasuki kabin mobil ini, baik pengemudi dan penumpang akan memiliki kebanggaan dan rasa percaya diri saat memiliki mobil ini. Kombinasi sempurna  antara interior lapang dan area utilitas luas yang sesuai untuk gaya hidup sehingga cocok didaulat sebagai SUV keluarga.

Review Honda All New BR-V 2022: Kursi

Honda percaya, bahwa kenikmatan berkendara untuk pengemudi tewujud dari ruang berkendara yang lebih personal ditambah dengan kenyamanan serta desain yang berkelas. Maka tak heran, di kursi depan Honda menambahkan desain tegas di area kokpit untuk memberikan ruang yang lebih pribadi bagi pengemudi.

Kursi pengemudi Honda All New BR-V 2022

Kenyamanan kursi pengemudinya sudah mendekati sang kakak, yakni Honda CR-V

Pengaturan kursinya lengkap, terutama di sisi pengemudi yang ada pengaturan ketinggian (height adjuster) dan juga pengaturan sandaran (reclining). Satu hal yang tim Cintamobil.com suka adalah desain headrestnya yang makin mirip kakaknya yakni Honda CR-V. Desain headrest ini besar dan mampu menahan kepala dengan baik.

Kursi baris kedua Honda All New BR-V 2022

Kursi baris kedua juga bisa digeser maju-mundur

Duduk di baris kedua, bertambahnya jarak sumbu roda langsung bisa dirasakan oleh penumpang yang duduk di kursi baris kedua. Mau duduk di pinggir maupun di tengah tetap terasa nyaman. Apalagi semua kursi sudah pakai headrest adjustable dan seatbelt tiga titik. Jangan lupa, dudukan ISOFIX juga sudah tersedia di mobil ini.

Kursi baris ketiga Honda All New BR-V 2022

Orang dewasa berpostur 173 cm cukup untuk duduk di sini

Untuk masuk ke kursi baris ketiga Anda tinggal mengangkat tuas di bangku baris kedua. Lalu sistem one touch tumble akan langsung melipat dan Anda dengan mudah bisa masuk ke dalam. Meski tidak terlalu luas, tapi kami merasa ada peningkatan kenyamanan di kursi baris ketiga sehingga cocok buat semua anggota keluarga

Review Honda All New BR-V 2022: Setir

Inilah salah satu bagian interior yang kami suka dari mobil-mobil Honda generasi baru. Setirnya tak hanya mantab digenggam karena memiliki ketebalan yang cukup dan diameternya yang pas. Tapi desainnya juga keren untuk dilihat.

Setir Honda All New BR-V 2022

Setirnya tak kalah mewah dari Honda Civic bahkan sang kakak yakni CR-V

Disamping itu lingkar kemudi ini juga dilapis kulit dengan jahitan asli yang membuatnya terlihat mewah. Untuk tombol-tombol di setir, pada spoke (palang) sebelah kiri dapat Anda gunakan untuk mengatur head unit dan menjawab panggilan telepon, sementara deretan tombol di spoke kiri untuk mengatur panel instrumen dan cruise control.

Review Honda All New BR-V 2022: Bagasi

Kursi baris ketiga akan menciptakan ruang kargo yang lebih besar saat dilipat (dive down). Dengan mewujudkan posisi datar penuh (dive down folding) pada kursi baris ketiga, bagian belakang kursi yang rata memberikan rasa lapang dan kemudahan untuk memuat barang (ketersediaan tergantung pada grade).

Bagasi All New Honda BR-V 2022

Ruang lebih fleksibel di area kargo belakang, yang meningkatkan fungsinya

Ruang bagasi dapat disesuaikan dan ditingkatkan dengan memindahkan papan keposisi lebih rendah, di mana barang-barang pribadi dapat disimpan di bawah papan pada posisi atas, bahkan saat kursi baris ketiga digunakan. Sayangnya pada mobil ini tidak tersedia fitur Magic Seat yang dapat menambah kepraktisan kabin.

Fitur Honda BR-V 2022

Review Honda All New BR-V 2022: Honda SENSING™ & Ringkasan Fitur Keselamatan

Untuk pertama kalinya Honda All New BR-V dilengkapi dengan fitur Honda SENSING dan beragam teknologi keamanan yang canggih, selain beberapa teknologi keamanan aktif dan pasif yang juga turut disematkan. Oke, mari kita bahas satu per satu.

Mari kita mulai dengan membahas sistem Honda SENSING. Fitur ini bekerja menggunakan front wide view camera yang dapat mendeteksi fitur target dan mengenali berbagai objek, seperti kendaraan atau pejalan kaki.

Sistem radar ini dirancang untuk mampu mengukur jarak dan posisi lateral objek berdasarkan perubahan ukuran objek target, berapa lama perubahan terjadi, dan kecepatan kendaraan. Ini memungkinkan kamera mengenali garis putih di jalan, pembatas jalan seperti trotoar, atau kendaraan lain seperti sepeda motor, sepeda, dan pejalan kaki.

Adapun beberapa fungsi Honda SENSING ini antara lain:

Lead Car Departure Notification System (LCDN)

Sistem memberi informasi kepada pengemudi tentang pergerakan mobil di depan. Saat kendaraan berhenti, seperti di lampu lalu lintas, sistem akan memperingatkan pergerakan mobil di depan kepada pengemudi.

Jika sistem mendeteksi bahwa mobil di depan yang sebelumnya berhenti telah bergerak, sistem akan memberi peringatan pada tampilan audio dan multi-informasi kepada pengemudi. Sistem bekerja ketika mendeteksi pergerakan mobil di depan dalam jarak 10 meter dan kendaraan tidak bergerak untuk meresponsnya.

Collision Mitigation Braking System (CMBS)

Sistem kamera baru dan perangkat lunak yang lebih canggih memungkinkan penggunaan CMBS di lebih banyak situasi, seperti mendeteksi pejalan kaki, sepeda atau sepeda motor di malam hari. Jika sistem mendeteksi kendaraan lain, pejalan kaki, atau sepeda dan mengestimasi potensi tabrakan, sistem akan memperingatkan pengemudi melalui tampilan audio dan multi-informasi.

Dalam situasi darurat, sistem akan menerapkan pengereman kuat untuk menghentikan atau memperlambat kendaraan guna membantu menghindari potensi benturan atau mengurangi kerusakan. CMBS bekerja ketika sistem mengestimasi adanya potensi tabrakan saat kendaraan bergerak di kecepatan 5 km/jam atau lebih, dengan kendaraan, pejalan kaki, atau sepeda yang bergerak dengan perbedaan kecepatan 5 km/jam atau lebih.

Saat diaktifkan, sistem akan menghentikan atau memperlambat kendaraan untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan akibat benturan. Tapi Anda perlu ingat fitur ini hanya sebagai bantuan untuk pengemudi, Anda tetap bertanggung jawab penuh terhadap keselamatan mengemudi. Dilarang keras terlalu mempercayakan fitur ini dan bersikap abai.

Road Departure Mitigation (RDM)

Sistem ini mendukung kendali kemudi saat kendaraan kemungkinan besar akan keluar dari lajur. Ketika ada kemungkinan kendaraan akan menyimpang dari lajur tanpa memberi tanda belok, system akan memicu getaran pada kemudi dan memberi peringatan visual.

Sistem ini juga mendukung pengendalian kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada di jalur sebelum tergelincir. Fitur RDM bekerja pada kecepatan 72 km/jam atau lebih ketika kendaraan bergerak keluar jalan atau ketika sistem memprediksi bahwa kendaraan akan keluar dari jalan.

Lane Keeping Assist (LKAS)

Sistem ini mengurangi beban pengemudi dengan mendukung pengoperasian kemudi agar kendaraan tetap berada di lajur tengah saat berkendara di jalan raya. Jika sistem mendeteksi kendaraan tampak akan meninggalkan jalur. 

Sistem ini  akan memberi getaran pada kemudi selain memberi peringatan pada tampilan audio dan multi-informasi. Sama seperti RDM, sistem LKAS aktif saat kendaraan bergerak pada kecepatan 72 km/jam atau lebih. 

Adaptive Cruise Control (ACC)

Adaptive Cruise Control adalah fungsi pendukung untuk menjaga jarak dengan mobil di depan. Saat berkendara di jalan raya, sistem ini mendukung akselerasi dan pengereman untuk mengurangi beban pada pengemudi.

ACC juga dapat memberi respons lebih cepat saat kendaraan berpindah ke lajur terbuka dari belakang mobil yang bergerak lebih lambat atau saat mobil di depan bergerak lebih lambat untuk berpindah lajur. Sistem ACC aktif pada kecepatan 30 km/jam atau lebih.

Auto High Beam (AHB)

Auto High Beam membantu memastikan visibilitas pengemudi lebih baik dengan secara otomatis beralih antara lampu sorot rendah atau tinggi saat berkendara di malam hari. Sistem akan memberi visibilitas terbaik dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengganti fungsi lampu depan secara manual.

Sistem mampu mendeteksi kendaraan di depan, kendaraan lain yang akan mendahului, dan lampu jalan, untuk kemudian dengan otomatis beralih antara lampu sorot rendah dan tinggi. Sistem juga mampu secara otomatis beralih ke lampu jauh saat berkendara di jalan gelap di malam hari. Sistem AHB bekerja di kecepatan 30 km/jam atau lebih. 

Selain Honda SENSING yang canggih tadi tersedia di trim PRESTIGE, Honda juga menyematkan teknologi keamanan lainnya yang tak kalah penting dan bisa dirasakan di tipe E dan S.

Keamanan Pasif

Teknologi keselamatan pasif mencakup bodi Advanced Compatibility EngineeringTM (ACETM), yang meningkatkan perlindungan sekaligus mengurangi potensi kerusakan pada kendaraan lain.  Termasuk mengurangi potensi cedera pejalan kaki di bagian depan dan samping kendaraan, yang membantu mengurangi keparahan cedera kepala pada pejalan kaki.

Advanced Compatibility EngineeringTM (ACETM) Body

Struktur ini memanfaakan ruang mesin untuk secara efisien menyerap dan menyebarkan energi saat kendaraan menabrak kendaraan lain. Sistem ini terdiri atas struktur rangka utama yang sangat efisien menyerap energi, rangka di sisi atas yang menyerap daya benturan di bagian atas, dan struktur bagian bawah yang membantu mencegah misalignment rangka kendaraan yang terlibat dalam benturan.

Desain ini menyebarkan gaya tumbukan ke area depan yang lebih besar, yang meningkatkan penyerapan energi dari ruang mesin, mengurangi kemungkinan deformasi ruang penumpang dan menambah tingkat perlindungan bagi penumpang. Pada saat yang sama, struktur mengurangi kemungkinan misalignment vertikal atau lateral antara kendaraan dan struktur keselamatan kendaraan lain.

Saat tumbukan frontal terjadi, struktur bodi konvensional umumnya memusatkan beban dari tumbukan melalui dua jalur yang berjalan membujur melalui bagian bawah rangka. Rangka sisi depan struktur bodi dirancang untuk mencegah deformasi kabin dengan mendistribusikan gaya melalui beberapa jalur bantalan beban utama yang jauh dari kabin penumpang.

Hasil keseluruhannya adalah tingkat kekokohan lentur dan berputar yang tinggi pada bodi kendaraan yang dikombinasikan dengan peningkatan crash-worthiness tanpa tambahan beban berat.

Perlindungan Pejalan Kaki

Mengikuti filosofi Honda Safety for Everyone, yang berfokus pada peningkatan keselamatan bagi semua pengguna jalan, all-new BR-V dirancang untuk mencegah dan mengurangi potensi cedera pada pejalan kaki melalui mitigasi benturan dan menghindari kemungkinan tabrakan.

Side Curtain Airbag

Airbag ini mengurangi dampak benturan pada kepala penumpang saat benturan di samping kendaraan terjadi, dengan melebarkannya seperti sebuah tirai. Fitur ini telah diterapkan sejak 2002 dan telah dipasang di berbagai model, termasuk all-new BR-V.

Side Airbag

Airbag samping dipasang untuk memberi perlindungan dan mengurangi potensi cedera pada penumpang, dengan jenis kapasitas bervariasi dan struktur ganda unik ‘airbag di dalam airbag”. Saat airbag pertama di dalam bereaksi memompa udara pada tekanan tinggi, kantong kedua di bagian luar dengan lembut memompa udara pada tekanan rendah dan secara efektif melindungi penumpang serta mengurangi dampak benturan pada penumpang

Keamanan aktif

Teknologi keselamatan aktif membantu pengemudi dengan memberi masukan yang dibutuhkan untuk memberi ketenangan saat mengemudi.

LaneWatch

Meningkatkan pandangan kondisi lalu lintas di sisi penumpang, sebuah kamera kecil di kaca spion di sisi penumpang dapat diaktifkan secara manual atau otomatis saat pengemudi memberi isyarat untuk berpindah jalur. Video akan langsung ditampilkan di layar dan memberikan pengemudi tampilan area blind spot yang lebih luas dibandingkan menggunakan kaca spion saja.

Rear Seat Reminder

Peringatan melalui suara dan tampilan multi-informasi yang mengingatkan pengemudi untuk memeriksa anak atau benda lain di kursi belakang setelah pengemudi mematikan mesin dan turun dari kendaraan.

Vehicle Stability Assist (VSA)

Vehicle Stability Assist (VSA) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mencegah kendaraan selip saat menikung, yang melengkapi ABS (yang mencegah roda terkunci) dan TCS (Transaction Control System) untuk membantu memastikan stabilitas kendaraan pada sebagian besar kondisi berkendara - melaju, berbelok, dan berhenti.

Emergency Stop Signal (ESS)

Sistem ini akan secara otomatis mengaktifkan rem dan lampu hazard ketika ia mendeteksi situasi berhenti darurat. Lampu akan berkedip cepat untuk memperingatkan kendaraan di belakang bahwa kendaraan akan segera berhenti, untuk mengurangi risiko tabrakan. Sistem ESS akan aktif saat pengemudi mengerem tiba tiba pada kecepatan 50 km/jam atau lebih. 

Lampu peringatan bahaya akan berkedip cepat untuk memperingatkan pengemudi di belakang bahwa pengereman mendadak telah terjadi. Ini dapat membantu mengingatkan pengemudi di belakang untuk mengambil tindakan dan berusaha untuk menghindari tabrakan.

Hill Start Assist (HSA)

Fungsi Hill Start Assist membantu mencegah kendaraan terguling ke belakang saat beralih dari pedal rem ke pedal gas ketika kendaraan berhenti di jalan menanjak. Hill Start Assist secara otomatis akan aktif saat kendaraan merasakan kemiringan tertentu dan berhenti sepenuhnya pada gigi maju mana pun, saat kendaraan menanjak ke atas atau pada gigi mundur saat kendaraan berada di jalan menurun.

Sistem ini menggunakan sensor G longitudinal dengan sensor kecepatan roda untuk mengontrol modulator rem hidrolik. Saat diaktifkan, Hill Start Assist akan melepaskan rem saat pengemudi menginjak pedal gas atau jika pengemudi tidak menekan pedal gas setelah beberapa detik.

Review Honda All New BR-V 2022: Panel Instrumen

Untuk memberi pengalaman premium, All New Honda BR-V menggunakan display meter TFT 4,2 inci dalam cahaya putih premium berlatar belakang hitam. Display multi-informasi menampilkan beragam informasi seperti konsumsi bahan bakar, pengukur perjalanan, suhu di luar, dan jam dalam tampilan layar lebar. 

Panel instrumen Honda All New BR-V 2022

Panel instrumen mudah dipantau

Display Meter ini juga memungkinkan pengemudi untuk menentukan operasi display seperti mengatur meteran, akses tanpa kunci, pencahayaan, operasi pintu dan jendela, serta mengatur Honda SENSING pada Honda All New BR-V tipe PRESTIGE.

Review Honda All New BR-V 2022: In-Car Entertaiment & Improvement AC

Menambah kenyamanan saat berkendara, Honda All New BR-V dilengkapi dengan head unit layar sentuh 7 inci dengan beragam fitur kekinian. Seperti Bluetooth, USB, yang juga dilengkapi fungsi hands-free untuk kenyamanan pengemudi.

Head Unit Honda All New BR-V 2022

Head Unit 7 Inci siap hibur perjalanan Anda

Berkat kekedapan kabin yang diklaim membaik cukup jauh dibandingkan BR-V generasi pertama, maka kualitas reproduksi suara dari 6 speaker (termasuk 2 tweeter) pada mobil ini juga makin nikmat untuk didengar oleh telinga.

Blower AC Belakang Honda All New BR-V 2022

Kemampuan AC meningkat dan diklaim lebih cepat dingin

Performa pendinginan juga dioptimalkan guna menyesuaikan kondisi cuaca dan lalu lintas di Asia. Kemampuan kondensor dan kompresor ditingkatkan pada kondisi mengemudi maupun idling, yang membuat AC di BR-V dapat mendinginkan suhu 12% lebih cepat dari model saat ini.

Operasi Honda BR-V 2022

Mesin Honda All New BR-V 2022 ini ditenagai oleh mesin 4-silinder berkode L15ZF dengan teknologi katup variabel i-VTEC DOHC. Mesin ini bertenaga maksimal 121 PS pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm di putaran 4.300 rpm.

Mesin Honda All New BR-V 2022

Mesin yang sama dapat Anda temui di Honda City Hatchback RS

Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui dua pilihan transmisi yakni CVT atau manual 6-percepatan. Fitur unggulannya adalah kemampuan mengkail torsi pada putaran mesin rendah dan menengah sehingga diklaim lebih efisiens dalam mengolah bahan bakar.

Transmisi CVT Honda All New BR-V 2021

Transmisi CVT mendapat ubahan yang cukup banyak dari insinyur Honda

Mesin berkapasitas bersih 1,498 cc ini mengandalkan diklaim mampu menyajikan pengalaman berkendara luar biasa dan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Karena membaik 3% dari Honda BR-V generasi sebelumnya. Bahkan itu terjadi ketika membawa banyak anggota keluarga.

Gardan Honda All New BR-V 2022

Honda All New BR-V ini berpenggerak roda depan

Meski tenaga dan torsi maksimumnya di atas kertas hampir sama dengan mesin L15 lawas BR-V generasi sebelumnya. Tetapi penerapan intelligent valve control dari fitur VTEC dan VTC dapat meningkatkan kemampuan torsi secara signifikan dari start hingga ke atas 4.000 rpm.

DOHC (Double Over Head Camshaft)

DOHC memiliki camshaft di setiap sisi intake dan exhaust, karena timing valve dapat diatur secara independen, di mana efisiensi intake/exhaust meningkat signifikan dan mampu mencapai kinerja lebih tinggi. Selain itu, fleksibilitas pengaturan VTEC dan VTC, yang merupakan mekanisme katup variabel, dapat ditingkatkan dan selanjutnya mencapai kinerja yang diinginkan.

VTEC (Variable valve Timing and lift Electronic Control system)

Satu camshaft dilengkapi beberapa cam dengan profil berbeda dan waktu untuk membuka/menutup katup akan berubah dengan mengganti cam yang akan digunakan sesuai dengan kecepatan dan beban mesin, di mana berbagai karakteristik mesin dapat disesuaikan dengan profil cam. 

All-new BR-V fokus pada daya yang lebih tinggi dengan menggunakan VTEC rendah/tinggi untuk menggerakkan katup masuk. Semakin tinggi putaran mesin, semakin pendek waktu pembukaan katup dalam satu siklus buka-tutup.

High-power VTEC dapat menghasilkan daya tinggi dengan beralih ke cam rotasi tinggi dengan jumlah angkat katup lebih tinggi dan waktu pembukaan lebih lama daripada cam rotasi rendah dalam rentang rotasi tinggi.

Berikut ini adalah penjelasan yang lebih detail mengenai beberapa teknologi yang diusung oleh mesin ini:

VTC (Variable Timing Control)

Dengan mengubah sudut camshaft, waktu pembukaan dan penutupan katup akan terus berubah dan berlangsung mulus sesuai dengan kecepatan dan beban mesin. Ini mengoptimalkan jumlah tumpang tindih katup (jarak saat katup masuk dan katup buang terbuka).

Ini meningkatkan ketangguhan ketukan dan mengurangi hilangnya kekuatan pompa pada mesin baru, VTC digunakan pada sisi intake yang dikombinasikan dengan VTEC, untuk meningkatkan performa dari level sebelumnya.

Mesin baru ini memanfaatkan teknologi kontrol katup akurasi tinggi "DOHC + VTEC + VTC" yang meningkatkan efisiensi pembakaran, mengurangi gesekan, dan mengurangi emisi (zat berbahaya dalam gas buang). Singkatnya, rangkaian dari teknologi ini mampu membuat mesin menelurkan performa tinggi namun tetap ramah lingkungan.

Transmisi

M-CVT Modified (Continuously Variable Transmission)

Sebuah CVT baru telah dikembangkan dan dioptimalkan agar semua dapat menikmati sebuah pengalaman berkendara yang mengesankan dan penghematan bahan bakar dari teknologi pengurangan gesekan terkini yang 4% lebih efisien Pengurangan gesekan dukungan poros sekunder. Dukungan poros sekunder diubah dari bantalan rol tirus (bantalan rol kerucut) menjadi bantalan bola untuk mengurangi gesekan. Sekadar info gesekan bearing ini berkurang 20% dari model sebelumnya.

Fully Open Acceleration Step-Up Shift Control

Saat pedal gas ditekan sepenuhnya, rentang aplikasi rasio rendah diperluas untuk mengontrol rentang kecepatan mesin yang lebih tinggi. Ketika mesin mencapai kecepatan tinggi, perpindahan gigi dilakukan dengan menekan pedal transmisi (step-up shift). Kenikmatan berkendara dapat dirasakan saat akselerasi bertenaga bersatu dalam harmoni yang menyatu dengan suara mesin.

CVT adalah fitur yang secara konstan mampu mengontrol kecepatan mesin, menyeimbangkan efisiensi bahan bakar dan mengemudi dengan mengubah rasio secara mulus. Namun, hanya kecepatan mesin yang meningkat saat mesin terbuka penuh, sementara rasa yang menyatu antara kecepatan dan akselerasi kendaraan bisa berkurang.

Saat akselerasi terbuka penuh, kontrol shift step-up memanfaatkan kecepatan variabel selama pengendaraan normal untuk mengontrol rasio keseimbangan optimal antara efisiensi bahan bakar dan kecepatan, yang memungkinkan akselerasi yang terintegrasi dengan peningkatan kecepatan mesin ketika pengemudi membutuhkan akselerasi tinggi.

Brake Operation Step Downshift Control

Saat pedal rem diinjak kuat, kecepatan mesin dijaga tetap tinggi dengan menjaga rasio gigi tetap rendah, sementara saat putaran mesin berkurang, rasio roda gigi akan turun lebih rendah.

Akibatnya, pengemudi dapat melakukan engine brake, dan re-akselerasi akan mendapat respons yang diinginkan karena putaran mesin terjaga tetap tinggi. Jelas ini sangat membantu kehematan BBM. Karena mobil tak terlalu lama kehilangan momentum.

Transmisi Manual 6-speed

All-new BR-V menawarkan akselerasi yang lebih mulus dan performa berkendara lebih baik dengan memperbarui transmisi manual 6-speed. Kemampuan Transmisi Manual untuk kendaraan bermesin bensin ditingkatkan dengan mengikuti struktur dasar, yang mampu mencapai dimensi berkendara dan efisiensi bahan bakar lebih tinggi.

Tenaga pendorong ditingkatkan hingga 8% untuk akselerasi lebih baik sementara rasio gigi dioptimalkan untuk perpindahan gigi yang lebih halus dan kenyamanan berkendara.

Throttle Body Honda All New BR-V 2022

Throttle body lansiran Keihin

Dengan mengadopsi mesin anyar L15ZF ini maka torsi kecepatan rendah hingga sedang bisa meningkat jika dibandingkan dengan mesin BR-V generasi sebelumnya. Hal ini memungkinkan kendaraan mempertahankan putaran mesin rendah saat menjelajah dalam kecepatan tinggi, dan berkontribusi pada tingkat keheningan serta konsumsi bahan bakar.

Singkatnya, semua dilakukan oleh tim R&D Honda demi memperoleh kenyamanan berkendara yang lebih halus, lebih menyenangkan, dan efisiensi bahan bakar tinggi. Serta tentunya sesuai dengan selera pasar di Tanah Air.

>>> Yuk bedah teknologi mesin P10A2 andalan terbaru Honda

Spesifikasi Honda BR-V 2022

Berikut ini adalah spesifikasi Honda All New BR-V 2022:

Mesin Honda Honda All New BR-V 2022

 Seri mesin

 L15ZF, 4-Silinder DOHC, i-VTEC + Drive By Wire

 Pasokan Bahan Bakar

 Progammable Fuel Injection (PGM-FI)

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 120,5 HP (121 PS) @ 6.600 rpm

 Torsi Maksimum

 145 NM @ 4.300 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,498 cc

 Bore X Stroke

 73,0 mm X 89,5 mm

 Tipe Transmisi

 CVT & Manual 6-Percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Honda All New BR-V 2022

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.490 mm X 1.780 mm X 1.685 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.700 mm

 Ground Clearance

 220 mm

 Radius Putar

 N/A

 Kapasitas Tangki

 N/A

Suspensi/Kaki-Kaki Honda All New BR-V 2022

 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Torsion Beam

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, HSA, Honda Sensing (Prestige Only)

 Teknologi Safety Sasis

 Honda G-Force Control Technology (G-CON)  + ACE™

 Struktur Sasis

 Monokok, SUV B-Segment

 Pelek

 Alloy, 16 Inch
 Alloy, 17 Inch (Prestige)

 Jenis Ban

 Bridgestone Turanza T005A, 215/55R17 (Prestige)

Daftar Harga Honda BR-V 2022

Honda All New BR-V 2022

Harganya berkisar antara Rp 260 hingga Rp 320 juta

Sayangnya, hingga artikel ini diturunkan, PT HPM belum secara resmi mengumumkan harga Honda All New BR-V. Kami hanya mendapat bocoran pada trim terendah yakni akan dijual dengan harga Rp 260 juta, sementara prediksi kami tipe tertinggi akan dijual dengan harga Rp 320 hingga Rp 325 juta.

Kesimpulan Honda BR-V 2022

Honda All New BR-V menancapkan standar baru di kelas LSUV. Apalagi jika nantinya ia akan dibanderol dengan harga menarik. Jelas ini akan membuat para rivalnya bertekuk lutut bila tidak melakukan ubahan.

Emblem Honda All New BR-V

Ini adalah salah satu most wanted car tahun 2021 ini

Penerimaan konsumen atas mobil ini juga luar biasa, belum ada harga resmi saja mobil ini telah dipesan 1000 unit. Luar biasa bukan? Jelas ini merupakan salah satu most wanted car di tahun 2021 ini. Kami pun tak sabar untuk mengetes jalan mobil ini.

>>> Simak artikel review mobil baru maupun bekas yang paling komperhensif hanya di Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top