Generasi Baru Mercedes-Benz G-Class Spek Militer Bawa Torsi 'Monster'

03/10/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Mercedes-Benz G-Class yang digunakan khusus untuk kendaraan militer mendapatkan generasi baru dengan peningkatan fitur off-road serta torsi 50% lebih besar.

Penggemar G-Class tentunya paham bahwa mobil utilitarian ini awalnya dikembangkan sebagai kendaraan militer. Kini, meski seringkali dikaitkan sebagai simbol SUV mewah Mercedes-Benz, beberapa negara masih menggunakan Mercedes-Benz G-Class dengan spek militer untuk angkatan bersenjata. G-Class versi militer menggunakan kodel W461 dan telah diproduksi sejak tahun 1992 silam.

Torsi 50% lebih besar

Yang terbaru, Mercedes-Benz G-Class untuk versi militer akan mendapatkan model baru. Dilansir dari Which Car Australia, G-Class Special-Ops menggunakan kode W464 akan tersedia secara eksklusif untuk instansi pemerintah dan militer. Namun laporan tersebut menegaskan bahwa G-Class W461 masih akan diproduksi.

dua model Mercedes-Benz G-Class W464 terbaru
G-Class khusus militer sudah dibekali dengan lampu depan dan DRL LED

Belum ada detail spesifikasi yang ditawarkan, namun disebutkan bahwa G-Class W464 G350d non-sipil akan memberikan lebih banyak teknologi yang berhubungan dengan kemampuan off-road serta mesin 3.0 liter turbo diesel 6-silinder yang lebih bertenaga. Tambahan lainnya termasuk lampu depan dan DRL LED.

>>> MVP Final NBA 2021 Ini Bawa Trofi Juara di dalam G-Class Miliknya

dua model Mercedes-Benz G-Class W464 dari belakang
G-Class W464 mendapatkan kemampuan off-road dan tenaga yang lebih besar

Mesin tersebut dilaporkan menghasilkan 245 hp dan 600 Nm torsi maksimal. Mencatatkan peningkatan 35% tenaga dan 50% torsi lebih besar dari G-Class standar. Disalurkan ke semua roda menggunakan transmisi otomatis 8-percepatan. Efisiensi bahan bakar ditingkatkan ditambah dengan bantuan sistem kelistrikan 24 volt.

>>> Mercedes-Benz Perkenalkan Konsep G-Class Listrik di Munich

Varian Professional Line

Sementara itu, G-Class dengan kode W463 yang dipasarkan untuk publik mendapatkan trim eksterior Professional Line baru. Kemunculannya ditandai dengan pengumuman Mercedes pada gelaran IAA 2021 yang baru saja diselenggarakan di Munich, Jerman, beberapa waktu lalu.

Mercedes-Benz G-Class Professional Line berwarna merah
G-Class Professional Line yang dijual di pasaran

Terlepas dari pembaruan visual, Mercedes-Benz G-Class Professional Line mendapatkan sejumlah fitur dan teknologi tambahan yang ditujukan untuk memudahkan Anda dalam perjalanan off-road. Ubahan lainya termasuk material grille baru, roof rail dengan tangga, dan pengangkut roda cadangan, dan velg 18 inci yang lebih kecil dibandingkan model standar dengan ban segala medan.

Selain itu, pabrikan asal Jerman ini juga memperkenalkan model Mercedes EQG Concept yang merupakan versi mobil listrik G-Class. Belum ada rincian powertrain yang ditawarkan serta kapan waktu resmi perilisan mobil ini. Tapi perubahan ini diharapkan akan digunakan pada model produksi G-Class mendatang.

>>> Pilihan harga Mercedes-Benz baru dan promo 2021 ada di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top