Mercedes-Benz Perkenalkan Konsep G-Class Listrik di Munich

06/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Anda tahu bahwa Mercedes-Benz serius dalam hal elektrifikasi saat mereka memperkenalkan SUV ikonik mereka, G-Class dalam versi mobil listrik bertajuk EQG.

Mobil konsep Mercedes-Benz G-Class listrik melakukan debutnya pada ajang IAA Mobility 2021 di Munich, Jerman, Minggu (5/9) kemarin. Mercedes menyebutnya EQG Concept, sesuai dengan nomenklatur mobil listrik Mercedes lainnya.

Meski masih berbentuk konsep, kabarnya pabrikan asal Stuttgart, Jerman ini sudah berencana untuk meluncurkan EQG versi produksi massal dalam waktu dekat. Mobil listrik tersebut rumornya akan ditawarkan dalam 2 varian, yaitu EQG 560 dan 580.

Masih Khas Sebuah G-Class

Meski dibekali dengan teknologi masa depan, mobil ini masih memiliki siluet khas G-Class yang mengotak. Tetapi, banyak perubahan kosmetik yang membuatnya tampil berbeda dengan saudaranya yang bermesin bakar konvensional.

>>> Mercedes-Benz Siapkan G-Class Listrik, Meluncur Tahun Ini

Gambar Mercedes-Benz EQG Concept

Grille besar khas G-Class digantikan panel hitam dengan LED yang meniru bentuk grille

Tanpa mesin di bawah kap, grille besar yang jadi salah satu elemen desain dari sebuah Gelandewagen berubah menjadi illuminated Black Panel Grille pada EQG Concept.

Panel tersebut memiliki pencahayaan yang menciptakan tampilan grille palsu, dengan logo three-pointed star Mercedes di tengah menyala dalam efek 3 dimensi. Cahaya putih yang membatasi melengkapi fascia depan mobil dengan Daytime Running Light bulat yang besar mengelilingi lampu utama.

Lis bodi yang melintang di samping G-Class listrik kini dibekali dengan LED. Bagian atap dihiasi oleh roof rack dengan lampu LED pada bagian depan serta lampu rem ketiga di bagian belakangnya.

Gambar Mercedes-Benz EQG

Bodi besar dan lampu di sekujur bodi, sulit rasanya untuk tidak melihat G-Class listrik ini di jalanan

Rasanya mustahil Anda tidak melihat mobil ini saat bertemu di jalan dengan semua penerangan yang membuat EQG seperti pasar malam yang berjalan. Mobil ini dibekali dengan velg 22 inci dengan yang terinspirasi dari desain velg tahun 1990-an.

>>> MVP Final NBA 2021 Ini Bawa Trofi Juara di dalam G-Class Miliknya

Di bagian belakang mobil, ada tempat ban serep palsu yang dibuat sebagai penghormatan pada penampilan G-Class tradisional. Tempat ban serep tersebut dijadikan ruang penyimpanan barang eksternal yang bisa digunakan untuk menaruh charger mobil ini.

Bagaimana Dengan Jangkauannya?

Perihal spesifikasi motor listrik atau tenaga, pihak Mercedes belum memberikan banyak detail dari EQG Concept ini. Yang kami tahu, mobil ini akan menggunakan empat motor listrik di setiap rodanya (AWD).

Gambar EQG

Dengan sistem penggerak AWD, Mercedes-Benz EQG juga andal untuk dibawa ke medan off-road

Motor listrik yang digunakan juga kabarnya akan meminjam dari Mercedes-Benz EQS, versi listrik dari S-Class. Kombinasi motor listrik dan baterai pada mobil tersebut dapat menghasilkan jarak sejauh 770 km.

Namun, mengetahui desain dari EQG yang jauh dari kata aerodinamis, kami rasa jangkauan G-Class listrik ini akan berada di kisaran 500 km untuk sekali pengecasan penuh.

>>> Pilihan harga Mercedes-Benz baru dan promo 2021 ada di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top