Ford Ranger 2022 Meluncur, Bakal Masuk ke Indonesia?

25/11/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Setelah lebih dari 11 tahun, akhirnya Ford Ranger versi terbaru resmi diluncurkan. Kabarnya, pikap ini akan menjadi salah satu model yang masuk ke Indonesia.

Ford Ranger 2022 hadir dengan tampilan, fitur, serta dapur pacu yang lebih modern. Rupanya, butuh waktu 11 tahun hingga Ford menyadari bahwa rival dari Toyota Hilux dan Chevrolet Colorado ini sudah membutuhkan penyegaran.

Mobil ini akan ditawarkan dalam penggerak full-time four wheel drive, mesin V6 diesel, dengan kemungkinan sistem plug-in hybrid pada varian mendatang. Meski tampak selayaknya sebuah Ranger, sebenarnya banyak pembaruan penting yang terlihat oleh mata telanjang.

Pembaruan Ford Ranger

Sebagai permulaan, jarak sumbu roda kini diperpanjang 50 milimeter untuk mengakomodasi ruang kaki yang lebih besar bagi tiga penumpang yang duduk di belakang.

Gambar Ford Ranger 2022

Jarak sumbu roda bertambah 50 mm

Itu dimungkinkan dengan memindahkan roda depan lebih maju yang juga akan memberikan peningkatan terhadap approach angle yang membuat Ford Ranger semakin andal untuk melibas medan off-road.

>>> Ford Ranger 2022 Siap Masuk Pasar Global 

Juga di bagian depan, struktur hydro-formed baru memungkinkan para insinyur untuk mengosongkan lebih banyak ruang di balik kap mesin untuk menjejalkan mesin V6 turbodiesel yang lebih besar.

Beralih ke belakang, jejak mobil juga diperlebar 50 mm untuk menciptakan ruang kargo yang lebih luas, tentunya ini akan berdampak positif bagi pengusaha sektor tambang dan perkebunan yang menjadi sasaran utama penjualan mobil ini.

Jika diihat lebih dekat, Anda akan melihat tangga di belakang roda belakang untuk memberikan akses yang lebih mudah ke bagian bak. Bicara soal baknya, Ford memberikan bedliner cetakan plastik kokoh yang diklaim lebih tahan banting dibanding pendahuluna.

Gambar Bak Ranger 2022

Ruang kargo kini lebih besar dan semakin praktis

Untuk meningkatkan kepraktisan, Ford Ranger 2022 mendapatkan titik pengikat kargo tambahan yang dipasang pada rel tabung baja untuk mengamankan barang berharga yang diangkut dengan mudah.

Bagian kabin juga dirombak total. Salah satu yang paling menonjol adalah sistem infotainment SYNC4 dengan head unit touchscreen 10,1 atau 12 inci. Ranger 2022 juga menggunakan kluster instrumen digital baru yang membuat tampilan cockpit jauh lebih modern.

Tuas persneling besar dari generasi sebelumnya telah hilang, digantikan oleh tuas lebih kompak yang terlihat berkelas dengan desain yang jauh lebih modern. Masih dari area konsol tengah, ada kenop pengaturan mode berkendara yang didesain ulang serta tombol Electronic Parking Brake.

Gambar Interior Ford Ranger

Tampilan dashboard dan cockpit Ranger 2022, lebih modern dan berkelas

>>> Review Ford Ranger 3.2 XL 2021: Sang Pekerja Tangguh Bermesin Besar

Ford mengklaim bahwa rasa berkendara pikap Double Cabin ini akan terasa seperti mobil penumpang ketimbang sebuah mobil komersial. Kesan itu hadir melalui penggunaan material soft touch serta konsruksi suspensi belakang baru.

Ford Ranger 2022 juga dibekali dengan deretan fitur canggih seperti lampu depan LED matriks dan kamera 360 derajat. Ada juga pembaruan sistem infotainment over-the-air, serta konektivitas smartphone untuk melakukan pengaturan terhadap beberapa fitur mobil.

Konsumen dapat memilih dua sistem penggerak four-wheel drive, baik sistem shift-on-the-fly elektronik atau sistem 4x4 full-time yang lebih canggih.

Gambar Ford Ranger 2022

Dengan mesin V6 turbodiesel dipadu penggerak 4x4 pintar, mobil ini siap melibas berbagai jenis medan

Bicara soal dapur pacu, mesin diesel 2,5 liter inline-5 pada generasi sebelumnya kini digantikan oleh mesin V6 turbodiesel V6 berkapasitas 3,0 liter. Sayangnya, Ford belum memberikan detail soal spesifikasi teknis dari mesin ini. Selain itu, Ford juga memberikan opsi varian mesin inline-4 2,0 liter dengan dua konfigurasi turbo.

Mobil ini akan diproduksi di Thailand dan Afrika Selatan sehingga, ada kemungkinan yang cukup besar bahwa Ranger 2022 akan diluncurkan di Tanah Air.

Tapi Kan Dealer Ford Sudah Tidak Ada?

Well, Anda tidak sepenuhnya salah. PT Ford Motor Indonesia memang sudah hengkang sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, pelayanan purna jual mobil-mobil Ford tetap dilanjutkan oleh RMA Indonesia yang merupakan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) sekaligus distributor Mahindra.

Kabarnya, RMA sedang mempersiapkan peluncuran kembali jenama ikonik asal Amerika Serikat ini. Rumor tersebut semakin santer terdengar karena beberapa waktu lalu, mereka tertangkap sedang melakukan pengetesan Ford Everest di jalan Indonesia.

Gambar Ford Everest

Ford Everest saat sedang dites di jalan Indonesia

Selain Everest, nama Ford Ranger merupakan salah satu model yang ikut disebutkan untuk meluncur secara resmi di Tanah Air. Wah, nampaknya Isuzu akan mendapat perlawanan cukup sengit untuk bersaing di segmen konsumen fleet sektor pertambangan dan perkebunan.

>>> Temukan Mobil Bekas Idaman Anda di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top