Baru Setahun Rilis, Hyundai Ioniq 5 Siapkan Update Fitur dan Baterai

02/11/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Diprediksi akan diproduksi di Indonesia, Hyundai Ioniq 5 dirumorkan akan mendapatkan peningkatan fitur dan kapasitas baterai untuk memperjauh daya jangkau.

Jika pabrikan lainnya merilis model baru 2 hingga 3 tahun setelah peluncuran, Hyundai Motor Company mengungkapkan bahwa mereka akan merilis edisi terbaru dari Ioniq 5. Ini dilakukan untuk menanggapi reaksi pasar mobil dan menyempurnakan produk, mengingat mobil ini dilengkapi dengan sasis mobil listrik pertama Hyundai, E-GMP.

Peningkatan kapasitas baterai

Sebuah kabar terbaru dari Korea Selatan menyebutkan bahwa Hyundai berencana untuk menambah kapasitas baterai yang digunakan, sekaligus meningkatkan daya jangkau ketika berkendara. 

sasis mobil listrik E-GMP dengan baterai baru
Ioniq 5 menggunakan sasis mobil listrik pertama Hyundai, E-GMP

>>> Keunggulan Hyundai Creta 2022 yang Siap Diproduksi di Indonesia 

Dilansir dari laman berita di Korea Selatan, ET News menyebutkan bahwa Hyundai akan meningkatkan kapasitas baterai Ioniq 5 hingga 77,5 kWh untuk pasar lokal dan beberapa pasar lainnya. Perubahan ini bisa meningkatkan jangkauan baterai lebih dari 10%.

Rumor menyebutkan bahwa Hyundai akan menambah modul baterai dari 30 hingga 32 untuk meningkatkan kapasitas Ioniq 5. Peningkatan ini dipercaya mampu membuat kapasitas mobil listrik Hyundai Ioniq 5 berada di kisaran 480 kilometer sampai 490 kilometer, dari sebelumnya 423 kilometer.

>>> Hyundai Produksi Mobil Listrik 'Buatan' Indonesia Mulai Maret 2022

Tambah fitur baru

Pembaruan Over the Air (OTA) secara otomatis meningkatkan kinerja kendaraan. OTA yang telah diterapkan pada sistem infotainment yang telah ada juga diterapkan pada sistem kontrol kendaraan. Dengan menggunakan OTA, pemilik mobil bisa memperbarui fungsi atau software terbaru seperti konektivitas smartphone tanpa harus pergi ke bengkel.

mobil baru Hyundai Ioniq 5
Ioniq 5 yang diprediksi akan diproduksi di Indonesia

OTA juga bisa diaplikasikan dengan sistem bantuan berkendara canggih, seperti Electric Vehicle Integrated Control System hingga Advanced Drive Assistance System. Selain itu, pembaruan lainnya terdapat pada fungsionalitas vehicle-to-grip. Dimana Korea Electric Power Corporation akan mengizinkan pemilik untuk mengalirkan listrik dari kendaraan untuk menghidupkan berbagai teknologi elektronik di dalam rumah.

Hyundai menargetkan Ioniq 5 dengan sistem penggerak roda belakang (RWD) memiliki jangkauan mencapai 483 kilometer. Sedangkan penggerak semua roda (AWD) terbatas menawarkan daya tempuh hampir mencapai 400 kilometer dengan sekali pengisian daya. Hyundai Ioniq 5 belakangan menjadi populer lantaran diprediksi bakal menjadi mobil listrik pertama yang akan diproduksi di Indonesia.

>>> Dapatkan harga Hyundai terbaru dan promo menarik lainnya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top