Keunggulan Hyundai Creta 2022 yang Siap Diproduksi di Indonesia

22/10/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Diprediksi meluncur di GIIAS 2021, mari kita lihat apa keunggulan dari Hyundai Creta 2022 yang siap menjadi SUV pertama Hyundai yang diproduksi di Indonesia.

Laman Instagram resmi Hyundai Motor Indonesia mengungkapkan bahwa mereka akan memperkenalkan SUV pertama Hyundai buatan Indonesia, yaitu Hyundai Creta. Nantinya, SUV bergaya futuristik Hyundai Creta 2022 akan berhadapan langsung dengan segmen SUV kompak lainnya, semisal Honda HR-V maupun Wuling Almaz.

Desain futuristik

Hyundai Creta yang akan diproduksi di Indonesia terlihat berbeda dibandingkan model generasi kedua yang sudah dipasarkan di India sejak 2019. Perbedaan ini terletak pada lampu depan yang lebih menyipit serta rumah foglamp yang lebih besar. Tak menutup kemungkinan mobil ini merupakan versi facelift dari generasi kedua.

prediksi tampilan interior Hyundai Creta 2022
Desain interior Hyundai Creta dari HMI

>>> Bocoran 12 Mobil Baru yang Akan Meluncur di GIIAS 2021

Jika benar, maka seharusnya tak banyak perubahan pada bagian interior Hyundai Creta 2022 lahiran Indonesia dibandingkan versi India. Setir multifungsi dan head unit yang terintegrasi dengan dashboard kemungkinan masih akan digunakan. Termasuk desain konsol tengah minimalis serta tombol konvensional.

Keunggulan Hyundai Creta juga bisa dirasakan pada fitur yang ditawarkan. Creta lansiran India sudah menggunakan teknologi canggih Hyundai, seperti Android Auto dan Apple CarPlay, climate control, hingga panoramic sunroof. Sistem keselamatannya menggunakan 6 airbag, sistem pengereman ABS dan EBD, sensor parkir di depan dan belakang, serta Electronic Stability Control.

>>> Menakar Fitur Hyundai Creta, Calon Penjegal Honda HR-V

Gunakan mesin turbo?

Di India, ada tiga model mesin yang dipersiapkan, yaitu mesin 1.5 liter bensin bertenaga 115 PS dan 144 Nm, versi diesel dengan 115 PS dan 250 Nm, sedangkan mesin 1.4 liter turbocharged yang membawa tenaga maksimal 140 PS serta torsi puncak 242 Nm.

Menarik untuk dilihat tipe mesin apa yang akan diberikan oleh Hyundai pada mobil ini. Menilik mesin yang digunakan oleh Kia Seltos, maka tak Creta bisa saja menggunakan mesin 1.4 liter turbocharged yang membuatnya siap bersaing dengan Wuling Almaz maupun HR-V.

mesin Hyundai Creta berbahan bakar diesel
Creta juga menggunakan mesin diesel di India

Sayangnya belum ada informasi lebih lanjut mengenai berapa harga Hyundai Creta 2022 yang akan dipasarkan nantinya. Pertanyaan yang juga banyak ditemukan di kolom komentar pada postingan Instagram HMI tersebut.

Persaingan di segmen SUV kompak menghadirkan banderol di kisaran Rp 300 jutaan, seperti yang ditemukan pada Seltos maupun HR-V. Tapi dengan embel-embel 'Made in Indonesia', Hyundai bisa memangkas banderol yang disematkan pada mobil ini. Creta bisa saja ‘menyerang’ Almaz yang menjadi model termurah di segmen ini dengan budget di kisaran Rp 250 jutaan.

Hyundai sendiri menyebutkan bahwa mereka akan merilis mobil ini dalam waktu dekat. Oleh karena itu, pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 diprediksi menjadi ajang besar terdekat dimana Hyundai Creta akan diperkenalkan ke penggemar mereka di Indonesia.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru Hyundai dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top