Bocoran 12 Mobil Baru yang Akan Meluncur di GIIAS 2021

21/10/2021

Mobil baru

6 menit

Share this post:
GIIAS 2021 sudah di depan mata, para pabrikan otomotif mulai mempersiapkan peluncuran produk mereka. Ini 10 mobil baru yang kami ketahui akan meluncur di sana.

Sejauh ini, sudah ada 21 merek yang mengkonfirmasi kehadiran mereka di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Beberapa di antaranya memastikan bahwa mereka akan meluncurkan produk baru di ajang yang akan diselenggarakan pada 10 - 21 November 2021 tersebut.

Berdasarkan penelusuran kami, ada 12 mobil baru yang akan diluncurkan oleh beberapa merek tersebut, di luar mobil-mobil yang masih sebatas rumor. Berikut Cintamobil.com sajikan ulasannya.

1 & 2. Toyota Avanza dan Veloz Terbaru

Gambar Toyota Veloz Terbaru

Beberapa waktu lalu, foto Toyota Veloz sempat beredar di media sosial

Rumor peluncuran Toyota Avanza dan Veloz terbaru kian santer beberapa minggu terakhir. Bahkan, kami sempat mendapatkan kabar dari salah satu wiraniaga Toyota bahwa mobil tersebut justru akan diluncurkan sebelum GIIAS 2021.

Tetapi, dengan waktu yang semakin mepet, kami rasa Toyota akan memilih untuk meluncurkan Avanza terbaru (dan Veloz) di ajang tersebut. Bagaimanapun juga, ajang tersebut akan menyita perhatian publik dan daripada nanti beritanya bentrok, kenapa tidak berbarengan saja?

Foto-foto dari Veloz sendiri sudah sempat bocor di dunia maya, namun kami belum tahu perbedaan mobil itu dengan Avanza biasa sejauh apa. Yang kami tahu, keduanya akan menjadi model yang berbeda.

>>> GIIAS 2021 Diundur Lagi Hingga November

3. Daihatsu Xenia Terbaru

Gambar Daihatsu DN Multisix

Xenia dan Avanza terbaru akan menggunakan platform DN Multisix

Seperti saudaranya, Daihatsu Xenia terbaru juga seharusnya akan diperkenalkan pada GIIAS 2021. Penasaran seperti apa rupanya? Bayangkan saja DN Multisix, tetapi dengan fascia depan Daihatsu Rocky.

Seperti Avanza yang kami sebutkan sebelumnya, Xenia akan hadir sebagai mobil FWD. Meski begitu, kabarnya Daihatsu akan tetap membuat versi RWD dari mobil ini untuk pasar fleet.

4. Mitsubishi Xpander Facelift

Gambar Mitsubishi Xpander Facelift

Foto-foto mobil yang diduga Xpander facelift juga sempat beredar di media sosial

Menghadapi duo baru dari Astra, wajar jika Mitsubishi Xpander harus berbenah melalui facelift. Beberapa waktu lalu foto-foto mobil ini sempat beredar di media sosial. Dari foto tersebut, Xpander baru akan mengusung desain lampu depan dan belakang baru serta peningkatan minor pada segi desain.

Kami belum tahu apakah Mitsubishi akan menambahkan fitur atau melakukan perubahan di interior. Tetapi jika Xpander tak ingin kembali dikalahkan oleh Toyota Avanza terbaru, pabrikan berlambang tiga berlian ini harus memberikan beberapa peningkatan di kedua sektor tersebut.

5. Honda All New Mobilio

Gambar Calon Mobilio Baru

Honda sempat menggoda mobil yang diduga All New Mobilio saat peluncuran virtual All New BR-V

Saat Honda BR-V diluncurkan secara virtual, PT Honda Prospect Motor (HPM) sempat menggoda para awak media dengan sebuah mobil yang tertutup tirai berwarna merah. Banyak yang menduga bahwa itu adalah ZR-V, tetapi melihat siluetnya kami berasumsi bahwa mobil itu adalah Mobilio RS terbaru.

Toh platformnya sama dengan BR-V, jadi untuk apa Honda susah-susah mendevelop platform baru demi meluncurkan ZR-V dengan waktu yang terbatas ini? Seperti pendahulunya, seharusnya tampilan Mobilio tak akan berbeda terlalu jauh dibanding BR-V.

>>> Mercedes-Benz Absen di GIIAS 2021, Ini Alasannya

6 & 7. Suzuki S-Presso dan Ertiga Facelift

Gambar Suzuki S-Presso

S-Presso sudah dipasarkan di negara Asia lain seperti India dan Filipina

Micro SUV ini sudah sering kami bahas dan komparasi dengan berbagai rivalnya, tetapi Suzuki tak kunjung memperkenalkan S-Presso. Hingga pagi ini, PT Suzuki Indomobil Sales mengkonfirmasi bahwa mereka akan memperkenalkan line-up terbaru di GIIAS 2021.

Jika diksi yang digunakan adalah line-up baru, artinya mobil itu belum pernah ada di Indonesia jadi kemungkinan bahwa Suzuki S-Presso untuk diluncurkan cukup besar.

Selain S-Presso, mereka juga kabarnya akan memperkenalkan Suzuki Ertiga facelift. Tak hanya tampilan baru, sepertinya mobil itu juga akan mengusung sistem Hybrid baru dari Suzuki.

8. Isuzu MU-X Terbaru

Gambar Isuzu MU-X

MU-X terbaru siap meluncur di GIIAS 2021

Isuzu Indonesia memastikan kehadiran MU-X terbaru di GIIAS 2021. Secara spesifikasi, mobil ini tak akan jauh berbeda dengan yang sudah diluncurkan terlebih dahulu di Thailand.

Berdasarkan info yang kami himpun, Isuzu MU-X terbaru akan mengusung fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS). Di antaranya ada Adaptice Cruise Control, Forward Collision Warning, Autonomous Emergency Braking, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert dan sebagainya.

Ini akan membuat MU-X lebih menarik dibanding rival-rivalnya di segmen yang sama. Apalagi jika harga yang ditawarkan juga sesuai dengan ekspektasi para calon konsumen.

9 & 10. Wuling Mini EV dan Formo S

Gambar Wuling Mini EV

Tak hanya Menko Luhut, Anda juga bisa mencoba Wuling Mini EV di GIIAS 2021

Setelah Menko Luhut Binsar Pandjaitan berkunjung langsung ke pabrik dan mencoba Wuling Mini EV, rasanya tinggal menunggu waktu untuk mobil listrik mungil ini diperkenalkan ke masyarakat.

>>> Mitsubishi Siapkan Xpander Facelift untuk Jegal Toyota Avanza 2022?

Di GIIAS 2021, Wuling juga akan menyiapkan space untuk mencoba langsung mobil ini. Jadi bisa dipastikan mobil ini akan diluncurkan di pameran otomotif tersebut. Selain itu, kabarnya Wuling juga akan memperkenalkan Formo S. Sayangnya kami belum mengetahui detail mengenai mobil ini dan segmentasinya.

11. Hyundai Creta

Gambar Hyundai Creta

Creta akan jadi mobil Hyundai terbaru di Indonesia

Setelah berlalu lalang di jalanan Indonesia untuk melakukan pengetesan, akhirnya Hyundai Creta siap diluncurkan di GIIAS 2021. Mobil ini akan jadi model pertama dari Hyundai yang dirakit di Indonesia.

Sebelumnya Creta sudah diluncurkan di beberapa negara lain sehingga wujudnya seharusnya sudah tidak asing lagi jika Anda sering mengamati perkembangan berita otomotif di Indonesia. Mobil ini akan bersaing di segmen Compact SUV melawan Honda HR-V atau Mazda CX-3.

12. KIA Grand Carnival

Gambar KIA Grand Carnival

Lagi-lagi Toyota Alphard kedatangan rival yang mengancam

Yes, Hyundai Staria dan Toyota Alphard akan kedatangan rival baru dari Korea Selatan. Mobil ini akan menggantikan posisi Grand Sedona yang sudah dipasarkan di Indonesia, dengan spesifikasi yang mirip dengan Staria. Toh kedua mobil dikembangkan dari DNA yang sama.

>>> Intip Harga dan Promo Mobil Baru Dari Cintamobil.com di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top